9 Cara Merangkai Bunga Mudah dan Simpel, Cocok untuk Pemula

cara merangkai bunga dengan mudah untuk pemula.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 18 Okt 2022, 11:15 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2022, 11:15 WIB
merangkai bunga
Jika biasanya bunga potong hanya dicelupkan pada vas berisi air, kini Anda bisa coba kreasi baru dengan belajar merangkai bunga.

Liputan6.com, Jakarta Cara merangkai bunga untuk pemula bisa dilakukan dirumah dengan cukup menyediakan beberapa bahan sederhana dan mengikuti beberapa langkah mudah dibawah ini. Rangkaian bunga adalah cara sempurna untuk menyegarkan ruangan anda dan menambahkan semburat warna di dalam ruangan agar tidak terlihat monoton.

Belajar cara merangkai bunga adalah cara yang menyenangkan untuk menambahkan kepribadian dan visi artistik ke dalam rumah anda. Selain itu keterampilan ini juga akan berguna saat anda akan mengadakan pesta atau acara lain di dalam rumah, karena rangkaian bunga yang indah dapat menjadi dekorasi terbaik untuk menghias acara anda.

Cara merangkai bunga bukanlah hal yang sulit, anda hanya perlu memahami prinsip dasarnya dengan baik dan mengkombinasikannya dengan kreativitas serta selera anda. Untuk membantu anda memahami dasar-dasarnya, kami menunjukkan kepada anda panduan langkah demi langkah sederhana tentang cara merangkai bunga.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022). Tentang cara merangkai bunga dengan mudah untuk pemula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Prinsip Dasar Cara Merangkai Bunga

Inspirasi Mendekorasi dengan Bunga-Bunga Cantik, Makin Betah Selama di Rumah
Dekorasi interior ruang makan dengan bunga dalam vas, karya Total Renov. (dok. Arsitag.com/Dinny Mutiah)

Prinsip Dasar Cara Merangkai Bunga

Dalam merangkai bunga terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk dapat membuat dekorasi dengan rangkaian bunga yang tepat. Salah satunya adalah saat memilih palet warna anda, pertimbangkan ruangan dan psikologi warna rangkaian bunga.

Bunga matahari kuning akan menambah energi pada sebuah ruangan, sedangkan morning glory akan menciptakan efek menenangkan. Pertimbangkan apakah anda sedang mengatur karangan bunga untuk acara khusus atau ingin memamerkan bunga yang anda beli.

Seperti yang anda lihat, merangkai sebuah karangan bunga yang indah dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit. Cukup ikuti sembilan langkah sederhana ini dan Anda akan siap untuk memamerkan pengaturan gaya profesional anda.


Cara Merangkai Bunga Langkah demi Langkah

Vas Bunga - Vania
Ilustrasi Vas Bunga/https://unsplash.com/Cath Smith

Cara Merangkai Bunga Langkah demi Langkah

Langkah 1. Kumpulkan bahan dan alat untuk merangkai bunga

- Gunting. Anda membutuhkan gunting untuk memotong batangnya.

- Vas. Pilih vas favorit anda untuk memajang bunga.

- Air. Air akan membuat bunga tetap hidup

- Bunga. Anda membutuhkan tanaman hijau, bunga primer dan bunga sekunder untuk penataannya.

Langkah 2. Buang daun tambahan untuk membuat batang bersih. Tidak apa-apa untuk meninggalkan beberapa dedaunan, tetapi ingat bahwa anda juga akan memiliki tanaman hijau untuk mengisi ruang ekstra.

Langkah 3. Ukur bunga dengan vas pilihan anda dan potong sesuai ukuran. Pastikan untuk memotong batang secara diagonal. Ini akan membuat bunga menyerap lebih banyak air dan membantu mereka tetap hidup lebih lama.

Langkah 4. Isi vas anda setengah penuh dengan air. Anda akan ingin mengganti air setiap tiga hari. Jika anda menggunakan lebih sedikit air dalam vas, anda harus mengganti air lebih sering.

Langkah 5. Tuang makanan nabati ke dalam vas. Seharusnya tercampur secara alami, tetapi jika tenggelam ke dasar, aduk sampai larut.

Langkah 6. Mulailah dengan menyilangkan dedaunan anda untuk membuat alas. Membentuk pola kisi ini akan menciptakan dasar yang kokoh untuk bunga anda yang lain.

Langkah 7. Tambahkan bunga fokus anda, pastikan mereka tersebar. Bunga fokus adalah yang ingin Anda soroti. Mereka mungkin yang paling berwarna, terbesar atau hanya favorit anda.

Langkah 8. Tambahkan salah satu bunga sekunder anda. Bunga sekunder cenderung lebih kecil dan akan melengkapi rangkaian bunga.

Langkah 9. Atur ulang atau isi sesuai kebutuhan. Buang semua kelopak yang layu dan sesuaikan dedaunan sehingga mengisi ruang kosong.


Cara Merangkai Bunga Pada Vas yang Berbeda

vas bunga
vas bunga (Sumber: Pexels)

Cara Merangkai Bunga dalam Vas Besar

Saat mengatur bunga dalam vas tinggi atau silinder, penting untuk mempertimbangkan bunga mana yang anda pilih. Vas itu sendiri sudah besar dan mencolok, jadi anda bisa memilih beberapa jenis bunga saja. Bunga yang anda pilih harus memiliki batang yang panjang dan kokoh. Temukan satu varietas berwarna yang dapat digunakan sebagai bagian tengah dan kemudian isi dengan bunga sekunder berwarna netral di sekitarnya.

 

Cara Merangkai Bunga dalam Vas Sedang

Saat mengatur bunga dalam vas sedang, anda memiliki kebebasan paling banyak. Vas sedang biasanya memiliki bukaan yang lebar dan dapat memuat banyak varietas bunga. Cobalah memetik bunga utama dan bunga sekunder yang berwarna-warni, lalu isi sisa vas dengan warna-warna netral bertekstur. Dengan bunga sebanyak ini, penting untuk menyilangkan batang atau bahkan mengikatnya dengan benang agar tetap di satu tempat.

 

Cara Merangkai Bunga dalam Vas Kecil

Menata bunga dalam vas kecil terlihat paling baik bila ada beberapa bunga pernyataan cerah. Untuk menciptakan tampilan yang lebih dinamis, pilih warna yang kontras dan tekstur yang beragam. Dengan vas yang lebih kecil, tidak perlu mengisi dasarnya dengan tanaman hijau karena tidak akan ada banyak ruang ekstra yang perlu diisi.


Tips dan Trik Merangkai Bunga

20160922-vas bunga alternatif-rumahcom-boy
Vas bunga memang mempengaruhi keindahan bunga potong yang Anda pajang di dalam ruangan. Namun, tak harus mahal.

Tips dan Trik Merangkai Bunga

- Pilih vas anda sebelum anda memilih bunga anda dan pastikan bersih.

- Jika anda memiliki bunga berwarna netral, cobalah vas berwarna-warni.

- Beli lebih banyak bunga daripada yang anda pikir akan anda butuhkan. Beberapa mungkin layu sebelum anda mengaturnya dalam vas.

- Jika anda baru dalam menata, coba gunakan perpaduan bunga dalam keluarga warna yang sama.

- Jika hanya menggunakan satu jenis bunga, pastikan untuk menyertakan tanaman hijau untuk melengkapi tampilan.

- Tambahkan variasi ke pengaturan anda dengan bunga unik seperti sukulen atau bunga kangkung.

- Untuk membuat alas yang kokoh, coba buat kisi-kisi selotip di mulut vas. Geser batang ke dalam bukaan kisi dan letakkan di atas selotip.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya