Komoditas Impor Indonesia yang Merupakan Bahan Baku Penolong Adalah? Ketahui Jenisnya

Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah pupuk dan juga bahan-bahan kimia lainnya.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 18 Nov 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2022, 13:00 WIB
Kegiatan angkut kontainer ekspor dan impor oleh Samudera Indonesia
Kegiatan angkut kontainer ekspor dan impor oleh Samudera Indonesia (dok: SI)

Liputan6.com, Jakarta Impor adalah salah satu kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain, yang bahkan untuk pembelian barang-barang ini biasanya tidak bisa diproduksi di dalam negeri. Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah, pupuk dan juga bahan-bahan kimia lainnya. Salah satu alasan suatu negara ketika mengimpor barang adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Kegiatan impor bisa menguntungkan, juga bisa merugikan, khususnya bagi produsen dalam negeri karena kalah harga dan kualitas. Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah migas, mesin dan juga peralatan farmasi. Umumnya komoditas tidak dapat dipisahkan dari pengaruhnya terhadap masyarakat luas, karena hampir selalu dibutuhkan oleh konsumen dari berbagai kalangan.

Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah, bahan-bahan kimia yang bisa dikategorikan sebagai bagian penting, dari kegiatan bisnis dan ekonomi lokal, nasional dan internasional. Tidak hanya bahan baku, komoditas juga bisa mencakup berbagai komoditas logam, seperti emas, perak, aluminium, dan energi, seperti batu bara, bensin, dan gas alam.

Berikut ini Komoditas impor Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/11/2022).


Definisi Komoditas

Proyeksi Neraca Perdagangan Indonesia
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (14/4/2022). Kenaikan harga komoditas global di tengah perang Rusia-Ukraina tetap menjadi pendorong utama terjadinya surplus yang besar karena mendorong kinerja ekspor Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengertian komoditas secara umum merupakan salah satu produk dari suatu komoditi, yang dapat dijual untuk memperoleh keuntungan yang nilainya sama. Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah pupuk dan juga bahan-bahan kimia lainnya. Bahkan para ahli juga mengemukakan bahwa konsep dari komoditas adalah benda berwujud yang mudah diperdagangkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, komoditas adalah barang dagangan pokok, atau bahakan secara komersial komoditas, yang bisa diklasifikasikan menurut kualitas dengan standar internasional. 

Komoditas berasal dari bahasa asing, yaitu bahasa Inggris “commodity”, dan etimologinya dipinjam dari bahasa Prancis. Dengan kata lain, “commodite” berarti memberikan kesenangan dalam pelayanan dan kualitas. Bahkan untuk istilah ini, sering digunakan dan dikenal masyarakat luas di Inggris pada abad ke-15.  Produk dari komoditas tidak hanya mencakup kebutuhan sehari-hari seperti sembako, namun komoditas seperti logam mulia seperti emas, aluminium dan perak serta sumber energi seperti batu bara dan gas alam juga merupakan komoditas.

 


Jenis-Jenis Komoditas

Harga Bahan Baku Produksi Tahu Terus Meroket
Pekerja tengah membuat tahu di industri rumahan di Jakarta, Minggu (6/11/2022). Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa Indonesia melalui Perum Bulog akan mengimpor 350 ribu ton kedelai untuk mengatasi kenaikan harga komoditas tersebut yang memengaruhi kenaikan harga tempe di dalam negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Terdapat beberapa jenis komoditas yang perlu diketahui adalah:

- Komoditas Pertanian

Komoditas pertanian merupakan berbagai produk pertanian yang bisa dibeli, dijual, disimpan, dan ditukar. Terdapat beberapa produk pertanian, yang bahkan meliputi produk dari hutan tanaman, tanaman pangan, budidaya, perikanan, ternak, sayuran, pohon buah-buahan, hortikultura, dan hasil hutan. Seperti contoh kelapa sawit, teh, tebu, cengkeh, karet, kelapa dan tembakau. 

- Komoditas Pertambangan

Komoditas pertambangan merupakan salah satu produk yang bisa diperoleh dari ekstraksi sedimen kerak bumi di permukaan, dan di bawah permukaan bumi, serta di bawah air, dengan nilai ekonomi tinggi yang ditukar dengan bursa internasional. Adapun hasil yang diperoleh dari penambangan seperti logam dan energi. 

- Komoditas Energi

Selain pertanian dan pertambangan, ada juga komoditas energi juga berasal dari kegiatan eksplorasi dan produksi dari pertambangan, di mana produk energi ini dapat berupa minyak bumi, yaitu bensin, solar, minyak mentah, dan batu bara. Satuan yang digunakan dalam perdagangan komoditas energi ini adalah ton, barel dan metrik.


Komoditas Impor Bahan Baku Indonesia

INFOGRAFIS: Komoditas Seksi, Harga Lobster Capai Rp 1,5 Juta per Kg (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Komoditas Seksi, Harga Lobster Capai Rp 1,5 Juta per Kg (Liputan6.com / Abdillah)

Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah pupuk dan juga bahan-bahan kimia lainnya. 

1. Migas

Komoditas impor Indonesia salah satunya adalah Minyak Gas dan Bumi atau Migas. Indonesia adalah salah satu pelanggan import migas, yang terdiri dari minyak mentah, gas dan hasil minyak. Bahkan untuk nilai import migas, akan meningkat jika terjadi lonjakan harga minyak mentah serta gas yang ada di pasar internasional.

2. Mesin dan Peralatan Mekanis

Komoditas impor Indonesia selanjutnya adalah mesin dan juga peralatan mekanis, di mana sampai saat ini masih mendominasi import dari jenis non migas. Mesin dan peralatan mekanis tersebut digunakan untuk menunjang industry dalam negeri, yang diperoleh dari beberapa negara seperti Jepang, Korea Selatan, China, Thailand, Taiwan, Malaysia, Singapura, AS, Jerman, Australia dan negara lainnya. 

3. Bahan Kimia Organik

Komoditas impor Indonesia menurut keterangan dari Kementerian Perindustrian, meliputi bahan kimia organik yang bersumber dari minyak, hasil pertanian, kimia organik untuk bahan baku zat warna, kimia organic yang menghasilkan bahan kimia dan bahan pendukung lainnya. 

 

 

 


Komoditas Impor Bahan Baku Indonesia

KKP Dorong Ekspor Hasil Tangkap Ikan Nelayan Tradisional
Nelayan menurunkan ikan hasil tangkapan laut di Muara Baru, Jakarta, Kamis (29/3). Untuk mendorong ekspor komoditas perikanan KKP akan memberikan bantuan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

4. Produk Farmasi

Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah produk farmasi, di mana bahan baku obat-obatan Indonesia masih 90% berasal dari import. Indonesia masih sangat bergantung pada pasokan produk farmasi dari India, China dan negara lainnya, dengan tujuan mendorong peningkatan dalam negeri sebagai akibat pandemic COVID-19.

5. Sereal atau Biji-Bijian

Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah seral atau biji-bijian, yang meliputi jagung, gandum, sorgum dan sebagainya. Indonesia mendatangkan komoditas serealia dari negara Canada, Argentina, Brazil, Australia, Amerika Serikat dan lainnya, di mana bisa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan roti dan mie instan. 

6. Pangan

Komoditas impor Indonesia yang merupakan bahan baku penolong adalah pangan, seperti bawang merah, bawang putih, gula, daging sapi, kedelai, garam, susu, daging kerbau dan sebagainya.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya