Apa yang Dimaksud dengan Gotong Royong? Ini Asas dan Manfaatnya

Apa yang dimaksud dengan gotong royong adalah tolong menolong tanpa rasa pamrih.

oleh Laudia Tysara diperbarui 14 Des 2022, 14:10 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 14:10 WIB
Hiruk-pikuk Petani Gorontalo Sambut Musim Panen dengan Bergotong royong
Petani memisahkan gabah saat panen padi di sawah Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo (15/3). Mereka lebih memilih menggunakan tenaga manusia agar Kebersamaan mereka terhaga. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang dimaksud dengan gotong royong? Gotong royong adalah wujud kerja sama atau tolong menolong tanpa pamrih. Umumnya gotong royong dilakukan untuk bisa mencapai tujuan bersama dengan maksimal.

Dalam buku berjudul Gotong Royong (2020) oleh Widayati, apa yang dimaksud dengan gotong royong memiliki tujuan mencapai kepentingan bersama dan bisa meningkatkan rasa solidaritas.

Apa yang dimaksud dengan gotong royong contohnya adalah kerja bakti, musyawarah, tanggap bencana, belajar bersama, hingga panen raya. Gotong royong di Indonesia sudah menjadi budaya yang berakar kuat dalam kehidupan bermasyarakat.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa yang dimaksud dengan gotong royong, Rabu (14/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa yang Dimaksud dengan Gotong Royong?

Aparat TNI dan warga Desa Kertajaya, Pebayuran, Kabupaten Bekasi bergotong royong
Aparat TNI dan warga Desa Kertajaya, Pebayuran, Kabupaten Bekasi bergotong royong.(Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Apa yang dimaksud dengan gotong royong adalah bentuk kerja sama dua orang atau lebih dari dua orang. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan gotong royong adalah bekerja bersama-sama, seperti tolong-menolong, batu-membantu.

Secara bahasa, apa yang dimaksud dengan gotong royong yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, berasal dari bahasa Jawa. Gotong berarti "mengangkat" dan royong berarti "bersama". Istilah ini diturunkan dari budaya masyarakat desa yang saling tolong menolong.

Dalam buku berjudul Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan oleh Darmawan Harefa, S.Pd., M.Pd., Drs. Fatolosa Hulu, M.M., gotong royong adalah ciri khas negara Indonesia yang menjadi kepribadian bangsa. Gotong royong menjadi budaya yang berakar kuat dalam kehidupan bermasyarakat.

Apa yang dimaksud dengan gotong royong adalah wujud kerja sama untuk bisa mencapai tujuan bersama. Gotong royong membuat pekerjaan lebih efektif dilakukan serta bisa mempererat tali persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat khususnya. Gotong royong adalah tolong menolong tanpa pamrih.

Dalam buku berjudul Gotong Royong (2020) oleh Widayati, gotong royong adalah istilah dalam bekerja sama yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama. Gotong royong memiliki tujuan mencapai kepentingan bersama dan bisa meningkatkan rasa solidaritas.

Contoh kegiatan gotong royong adalah dilakukan masyarakat ketika membersihkan lingkungan desa, membangun rumah, hingga membantu acara hajatan antar tetangga.

Dalam buku berjudul Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Khusus Ibukota Jakarta oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), contoh gotong royong adalah sebagai berikut:

- Tolong menolong atau nyambat dalam penggarapan kebun dan perikanan,

- Pembangunan rumah seseorang anggota masyarakat yang membutuhkan tenaga orang banyak seperti pada saat menaikkan genteng,

- Ikut serta dalam pengurusan jenazah,

- Pengajian pada saat ada anggota masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji, dan lainnya.


Asas Gotong Royong dan Manfaat Gotong Royong

Ilustrasi Kerjasama, gotong royong
Ilustrasi kerja sama, gotong royong (Photo by Randy Fath on Unsplash)

Gotong Royong Menurut Para Ahli

Ini pengertian gotong royong menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Gotong Royong Menurut Sakjoyo

Pengertian gotong royong adalah adat istiadat tolong menolong antara warga dalam berbagai macam lapangan aktivitas sosial, baik berdasarkan hubungan tetangga kekerabatan yang berdasarkan efisien yang sifatnya praktis dan ada pula aktifitas kerja sama yang lain.

2. Pengertian Gotong Royong Menurut Mubyarto

Pengertian gotong royong adalah kegiatan bersama untuk mencapai tujuan bersama.

3. Pengertian Gotong Royong Menurut Koenjaraningrat

Pengertian gotong royong adalah suatu konsep yang erat sangkut pautnya dengan kehidupan masyarakat sebagai petani pada masyarakat agraris. Gotong royong menjadi suatu sistem pengarahan tenaga tambahan dari luar keluarga untuk mengisi kekurangan dalam rangka aktifitas produksi bercocok tanam.

Asas Gotong Royong dan Penjelasan

Apa yang dimaksud dengan gotong royong adalah wujud dari tolong menolong tanpa pamrih. Dalam buku berjudul Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan oleh Darmawan Harefa dan Fatolosa Hulu, ini asas gotong royong:

1. Asas gotong royong adalah manusia membutuhkan sesamanya untuk mencapai kesejahteraan jasmani serta rohani.

2. Asas gotong royong adalah manusia akan terasa lebih bermakna dalam menjalani hidup ketika bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Asas gotong royong adalah manusia sebagai makhluk yang berbudi luhur memiliki rasa saling mengasihi, mencintai, dan tenggang rasa terhadap sesamanya.

4. Asas gotong royong adalah atas dasar keimanan dan ketaqwaan manusia terhadap, setiap individu harus bekerja sama, tolong menolong, dan bergotong royong untuk mencapai kesejahteraan hidupnya.

Manfaat Gotong Royong dan Penjelasan

Sementara itu, dalam buku berjudul Gotong Royong oleh Sri Widayati, ini manfaat gotong royong yang dimaksudkan:

1. Pekerjaan Menjadi Cepat Selesai dan Hemat Biaya

Manfaat gotong royong adalah membuat tenaga yang dihasilkan dari gotong royong dapat menghemat pengeluaran untuk anggaran buruh kerja.

2. Mempererat Persaudaraan dan Kebersamaan

Manfaat gotong royong adalah melalui gotong royong setiap warga dapat mengenal lebih dalam warga lainnya melalui obrolan yang berlangsung ketika bekerja.

3. Membuat Keamanan Lingkungan Terjamin

Manfaat gotong royong adalah akan tercipta rasa persaudaraan yang terbangun akan membuat warga lebih peduli dengan sekitarnya. Jika ada orang asing mencurigakan yang datang, maka warga akan mengetahui dan lebih waspada.

4. Menciptakan Ketentraman dan Kedamaian

Manfaat gotong royong adalah saling membantu menjadi kunci rasa aman dan damai dalam diri manusia.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya