Innallaha Ma Ashobirin Artinya Allah Bersama Orang Sabar, Begini Cara Meneladaninya

Innallaha ma ashobirin artinya Allah bersama orang-orang yang sabar.

oleh Laudia Tysara diperbarui 18 Jan 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 18 Jan 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, berselawat
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, berselawat. (Foto oleh mohammad ramezani/Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta - Innallaha ma ashobirin adalah ungkapan dalam bahasa Arab yang menggambarkan tentang pentingnya bersikap sabar. Innallaha ma ashobirin artinya tercantum dalam Al-Qur'an, ini firman Allah SWT untuk selalu menjaga sabar dan Allah SWT akan selalu bersama orang-orang yang menjaga sabarnya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

"Hai orang-orang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. al-Baqarah ayat 153)

Innallaha ma ashobirin artinya Allah bersama orang-orang yang sabar. Cara meneladani potongan ayat innallaha ma ashobirin, bisa dengan memahami jenis-jenis sikap sabar itu sendiri. Ada tiga jenis sikap sabar yang perlu diketahui, yakni sabar untuk ketaatan, musibah, dan kemaksiatan.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti innallaha ma ashobirin dan maknanya dalam Al-Qur'an, Rabu (18/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Innallaha Ma Ashobirin Artinya Allah Bersama Orang Sabar

Ilustrasi muslim, Islami
Ilustrasi muslim, Islami. (Photo by Rachid Oucharia on Unsplash)

Innallaha ma ashobirin diungkapkan dalam Al-Qur'an khususnya pada surat al-Baqarah ayat 153. Innallaha ma ashobirin artinya sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Innallaha ma ashobirin artinya demikian jika ditulis dalam bahasa Arab menjadi إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Innallaha ma ashobirin adalah potongan ayat 153. Versi lengkap dari surat al-Baqarah ayat 153 ini berbunyi Ya ayyuhallazina amanustainu bis sabri was salah, innallaha ma ashobirin artinya hai orang-orang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

"Hai orang-orang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Ayat tersebut menggambarkan tentang pentingnya kesabaran. Sabar adalah sikap yang tenang, tidak terburu-buru, dan tahan akan suatu cobaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan sabar adalah tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, tidak lekas patah hati) atau tabah.

“Aku benar-benar takjub dengan perkara orang beriman. Sesungguhnya perkaranya semua adalah kebaikan dan itu tidak dimiliki oleh seorang pun kecuali bagi orang beriman. Jika mengenainya suatu kesenangan, dia bersyukur. Hal itu adalah baik baginya. Jika mengenainya suatu kesusahan, dia bersabar. Hal itu adalah baik baginya.” (HR. Muslim)

Innallaha ma ashobirin artinya Allah bersama orang-orang yang sabar. Cara meneladani potongan ayat innallaha ma ashobirin, bisa dengan memahami jenis-jenis sikap sabar itu sendiri. Ada tiga jenis sikap sabar yang perlu diketahui.

Dalam buku berjudul Al-Quran Hadis: Madrasah Tsanawiyah Kelas VII oleh H. Aminudin dan Harjan Syuhada, mengutip dari pendapat Imam Al-Ghazali, tiga sikap sabar yang dimaksud sebagai berikut:

1. Sabar untuk Ketaatan

Innallaha ma ashobirin artinya Allah bersama orang-orang yang sabar, di mana ini bisa berupa ketaatan seorang muslim kepada Tuhannya. Seperti sabar dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dengan ikhlas, tanpa mengeluh atau tidak selalu menggerutu.

2. Sabar untuk Musibah

Innallaha ma ashobirin artinya Allah bersama orang-orang yang sabar, di mana ini bisa berupa sikap dalam menghadapi musibah. Seperti tidak menyesali nasibnya dan kuat hati menerima berbagai cobaan hidup dari Allah SWT.

3. Sabar untuk Kemaksiatan

Innallaha ma ashobirin artinya Allah bersama orang-orang yang sabar, di mana ini bisa berupa sabar dari kemaksimatan. Seperti rela untuk meninggalkan segala perbuatan maksiat dan tidak menyesal akan keputusan tersebut.

Ini segala perbuatan yang dilarang dalam Al-Qur’an dan hadis (melanggar norma-norma agama). Selain itu, sabar dari kemaksiatan berarti tidak iri jika melihat orang lain bisa bersenang-senang dalam melakukan maksiat.


Ayat-Ayat dalam Al-Qur'an Tentang Kesabaran

Ilustrasi Islam, muslim, membaca Al-Qur'an
Ilustrasi Islam, muslim, membaca Al-Qur'an. (Photo by Syed Aoun Abbas on Unsplash)

1. Sabar Berbuat Baik

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Artinya:

"Wahai anakku, tegakkanlah sholat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari berbuat yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting." (QS. Luqman: 17).

2. Sabar dengan Janji Allah

فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّلَا يَسْتَخِفَّنَّكَ الَّذِيْنَ لَا يُوْقِنُوْنَ ࣖ 

Artinya: “Maka bersabarlah engkau (Muhammad), sungguh, janji Allah itu benar dan sekali-kali jangan sampai orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan engkau.” (QS. Ar-Rum: 60)

3. Sabar untuk Semangat

وَكَأَيِّنْ مِنْ نَبِيٍّ قَاتَلَ مَعَهُ رِبِّيُّونَ كَثِيرٌ فَمَا وَهَنُوا لِمَا أَصَابَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَمَا ضَعُفُوا وَمَا اسْتَكَانُوا وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

Artinya:

"Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, juga tidak patah semangat dan tidak pula menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang bersabar." (QS. Ali 'Imran: 146).

4. Sabar untuk Penolong

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al Baqarah: 153).

5. Sabar untuk Bermartabat

أُو۟لَٰٓئِكَ يُجْزَوْنَ ٱلْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا۟ وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَٰمًا

Artinya:

"Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya," (QS. Al-Furqan: 75).

6. Sabar untuk Kuat

ٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَٱذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُۥدَ ذَا ٱلْأَيْدِ ۖ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ

Artinya:

"Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami Daud yang mempunyai kekuatan; sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan)." (QS. Shad: 17).

7. Sabar untuk Ampunan

إِلَّا ٱلَّذِينَ صَبَرُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ

Artinya:

"Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar." (QS. Hud: 11).

8. Sabar untuk Pahala

وَٱصْبِرْ فَإِنَّ ٱللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya:

"Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan." (QS. Hud: 115)

9. Sabar untuk Bergembira

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: “Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

10. Sabar untuk Memperoleh Pertolongan

بَلَىٰٓ ۚ إِن تَصْبِرُوا۟ وَتَتَّقُوا۟ وَيَأْتُوكُم مِّن فَوْرِهِمْ هَٰذَا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُم بِخَمْسَةِ ءَالَٰفٍ مِّنَ ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ مُسَوِّمِينَ

Artinya:

"Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda." (QS. Ali 'Imran: 125).

11. Sabar untuk Kemuliaan

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Artinya:

"Dan barangsiapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia." (QS. As-Syura: 43).

12. Sabar untuk Ketetapan

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ ࣖ

Artinya:

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

13. Sabar untuk Ketakwaan

قُلْ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ فِى هَٰذِهِ ٱلدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya:

"Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." (QS. Az-Zumar: 10).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya