Kaligrafi Lailahaillallah dan Cara Membuatnya, Pahami Juga Maknanya

Cara membuat Kaligrafi Lailahaillallah beserta dengan makna kalimat di dalam Kaligrafi Lailahaillallah.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 17 Feb 2023, 18:45 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 18:45 WIB
Ilustrasi kaligrafi Arab
Ilustrasi kaligrafi Arab (Dok.Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Kaligrafi Lailahaillallah menjadi salah satu kaligrafi yang paling banyak dibuat dan dicari, mengingat Kaligrafi Lailahaillallah ini memiliki makna yang dalam dan juga arti yang penting bagi umat Muslim. Kalimat Lailahaillallah sendiri merupakan kalimat yang memiliki nilai mulia dan keutamaan yang agung. 

Dalam Kaligrafi Lailahaillallah, terdapat kalimat tauhid yang merupakan pondasi utama Agama islam. Kalimat Lailahaillallah juga merupakan kalimat untuk menjadi wujud persaksian bahwa seseorang percaya dan mengimani bahwa hanya Allah lah Tuhan yang disembah, bahwa Allah Yang Maha Esa benar adanya.

Makna yang dalam inilah, yang membuat Kaligrafi Lailahaillallah menjadi salah satu kaligrafi yang banyak dicari dan dibuat oleh para pembuat kaligrafi profesional. Namun anda juga dapat membuat sendiri Kaligrafi Lailahaillallah, jika anda ingin memiliki Kaligrafi Lailahaillallah yang indah dan penuh makna ini. 

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (17/2/2023). Cara membuat Kaligrafi Lailahaillallah beserta dengan makna kalimat di dalam Kaligrafi Lailahaillallah.


Kaligrafi Lailahaillallah Dan Maknanya

Ilustrasi kosakata Arab
Ilustrasi kosakata Arab. (Foto oleh Mona Termos: https://www.pexels.com/id-id/foto/makalah-putih-di-atas-meja-dengan-seni-kaligrafi-tertulis-3139298/)

Kaligrafi Lailahaillallah Dan Maknanya

Kaligrafi yang berarti “tulisan indah” dalam bahasa Yunani aslinya, telah diakui sebagai salah satu seni rupa di Asia, Afrika, Eropa, dan Timur Tengah. Kaligrafi Arab, kadang-kadang juga disebut sebagai kaligrafi Islam, adalah bentuk seni Islam unik yang telah berusia berabad-abad.

Kaligrafi telah berkembang sejak awal Islam. Tulisan Arab sangat menyatu dengan Islam. Membaca Al -Qur'an, Kitab Suci Islam, membutuhkan reformasi bagian dari sistem ejaan, menyusun struktur bahasa Arab, dan mengembangkan kaligrafi. 

Untuk membuat Kaligrafi Lailahaillallah hal pertama yang perlu dipahami adalah tulisan kalimat Kaligrafi Lailahaillallah dalam tulisan arab dan juga arti serta makna dalam kalimat Lailahaillallah ini. Berikut adalah tulisan arab dari Lailahaillallah dan artinya

لا إله إلا الله

lailahaillallah

Artinya: "Tiada Tuhan Selain Allah".

Menurut syariat, kalimat lailahaillallah yaitu Tuhan satu-satunya yang berhak disembah, sebab hanya Dia yang memiliki sifat-sifat ketuhanan sebagai sifat yang mutlak dan kebesarannya yang tidak akan diraih oleh siapa pun kecuali hanya Dia sendiri. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim sudah sepantasnya menyembah Allah yang Maha Suci dan Maha Tinggi.

Ibn Umar r.a meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Aku diperintahkan untuk memerangi orang-orang sehingga mereka bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, mereka mendirikan shalat, membayar zakat. Setelah mereka mengerjakan hal itu maka mereka dipelihara darah dan hartanya oleh kami. Kecuali yang berkaitan dengan Islam, perhitungannya ada pada Allah SWT". (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dengan kalimat Lailahaillallah pula manusia dapat dibedakan menjadi mukmin atau kafir, menjadi ahli surga atau menjadi ahli neraka. Dimana Allah berfirman,

شَهِدَ ٱللَّهُ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَأُو۟لُوا۟ ٱلْعِلْمِ قَآئِمًۢا بِٱلْقِسْطِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Artinya: Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Surat Ali Imran : 18)


Cara Membuat Kaligrafi Lailahaillallah

Cara Membuat Kaligrafi Lailahaillallah

Dalam pembuatan Kaligrafi Lailahaillallah, selain mengetahui bagaimana tulisan arab dari kalimat Lailahaillallah. Anda juga perlu menyediakan bahan-bahan untuk membuat Kaligrafi Lailahaillallah yang indah. Berikut ini adalah bahan yang dibutuhkan untuk Kaligrafi Lailahaillallah.

1. Pena

Ada banyak jenis pulpen yang bisa anda gunakan, sangat direkomendasikan untuk menggunakan pulpen bambu berpotongan persegi jika Anda kidal, atau pulpen bambu berpotongan miring jika anda kidal. Anda juga bisa menggunakan pulpen logam jika ujungnya cukup tebal.

2. Tinta

Aksara Kufi secara tradisional dibuat dengan menggunakan tinta gallnut, terbuat dari gallnuts, yang penuh dengan tanin, yang ditumbuk dan dicampur dengan garam besi. Ini tahan air setelah kering dan meskipun membutuhkan sedikit waktu untuk menguasainya, disarankan karena mendorong anda untuk mempraktikkan kebiasaan baik sejak awal. Anda juga dapat menggunakan jenis tinta hitam lainnya.

3. Kertas

Skrip Kufi bukanlah gaya yang dapat anda kerjakan dalam format kecil, jadi sebaiknya gunakan selembar kertas A3. Penting agar permukaan kertas menjadi sangat halus. Untuk membantu menciptakan bentuk yang seimbang dan rata, anda dapat menggunakan penggaris dan pensil untuk membuat tanda panduan.


Bentuk Dasar yang Dibutuhkan untuk Menulis Kaligrafi Lailahaillallah

Bentuk Dasar yang Dibutuhkan untuk Menulis Kaligrafi Lailahaillallah

Terdapat lima bentuk dasar yang dibutuhkan dalam menulis Kaligrafi Arab, yang mana bentuk dasar ini juga akan ditemui saat membuat Kaligrafi Lailahaillallah. Berikut penjelasan dari setiap bentuk dasar Kaligrafi Arab.

1. Stroke Vertikal

Menarik pena anda ke bawah, anda dapat membuat goresan vertikal lurus. Bentuk ini bisa digunakan dalam versi panjang atau pendek, tergantung pada karakter yang Anda gabungkan.

2. Stroke Horizontal

Tarik pena anda dari kiri ke kanan untuk membuat goresan horizontal.

3. Stroke Miring

Tarik pena anda ke bawah secara miring sehingga melengkung dengan lembut, diakhiri dengan goresan horizontal yang berada di atas garis kertas anda.

4. Lingkaran

Gunakan dua goresan untuk membentuk lingkaran anda, seolah-olah anda sedang menggambar tanda kurung bulat yang disatukan. Anda kemudian dapat menambahkan tinta ke tempat mereka bergabung untuk membuat transisi terlihat lebih mulus.

5. Ekor

Buat garis yang terlihat seperti tilde (~), lalu dari sisi kiri perpanjang menjadi kurva ke bawah.


Latihan Dasar Membuat Kaligrafi Lailahaillallah

Latihan Dasar Membuat Kaligrafi Lailahaillallah

Jika anda baru pertama kali membuat Kaligrafi Lailahaillallah, terdapat beberapa latihan dasar yang dapat anda lakukan untuk dapat membuat Kaligrafi Arab yang indah. Alef adalah huruf pertama dalam aksara Kufi dan sering digunakan sebagai pemanasan yang selain membantu anda mendapatkan kepercayaan diri juga dapat berfungsi sebagai bentuk meditasi.

Untuk membuat alef, buat goresan vertikal lalu dengan lembut melengkungkannya ke kanan. Saat anda berlatih, ingatlah kiat-kiat ini:

1. Gerakkan tanganmu

Salah satu kesalahan umum adalah hanya menggerakkan jari saat membuat karakter, tetapi jika anda menggerakkan tangan dan pergelangan tangan, anda akan dapat membuat garis yang lebih mulus.

2. Lakukan Transisi Halus

Cobalah untuk menghindari membuat lekukan anda terlalu tajam, karena mengganggu keharmonisan huruf. Sebagai gantinya, tarik dan bawa pena secara perlahan sehingga menciptakan lekukan yang halus dan terlihat alami.

3. Perhatikan Tekanan

Saat anda sampai di akhir aleph, anda ingin garis Anda menjadi lebih tipis, jadi perhatikan di mana Anda berada di surat itu dan mulai angkat tekanan dari pena anda.

4. Bekerja dari Kanan ke Kiri

Dalam kaligrafi arab, teks ditulis dari kanan ke kiri, jadi saat anda berlatih pastikan untuk menulis ke arah itu.

5. Lanjutkan Membuat Stroke

Karena pulpen tidak dapat menampung banyak tinta, untuk membuat garis gelap yang solid, anda harus sering mencelupkannya kembali agar dapat mengisi goresan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya