9 Manfaat Biji Salak yang Ternyata Baik bagi Kesehatan, Sumber Antioksidan

Tidak hanya buahnya, ternyata manfaat biji salak juga baik bagi kesehatan.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 24 Feb 2023, 15:15 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2023, 15:15 WIB
Mengonsumsi Buah Salak Menyebabkan Sembelit
Buah Salak Credit: pexels.com/Delaine

Liputan6.com, Jakarta Biji buah salak (Salacca edulis) adalah biji kecil berbentuk oval atau lonjong dengan kulit coklat tua yang keras dan kasar. Biji ini berada di dalam daging buah yang memiliki  rasa manis dan sedikit asam. Tidak hanya buahnya, ternyata manfaat biji salak juga baik bagi kesehatan.

Sayangnya belum banyak orang yang tau tentang manfaat biji salak. Biji buah salak umumnya dibuang bersama dengan kulit buah setelah daging buah dipetik dan dikonsumsi. Padahal biji salak dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti pembuatan produk kosmetik atau obat-obatan herbal. Olehan biji salah yang paling sering ditemui adalah kopi biji salak.

Biji buah salak memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti serat, antioksidan, vitamin C, dan senyawa-senyawa bioaktif lainnya. Namun, masih diperlukan penelitian yang mendalam tentang manfaat biji salak bagi kesehatan. Berikut manfaat biji salak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Biji Salak untuk Kesehatan

Ilustrasi Buah Salak bahan dasar jus Salak (Foto: InstagramFOTOGRAFIN/pixabay.com)
Ilustrasi Buah Salak (Foto: InstagramFOTOGRAFIN/pixabay.com)

1. Sumber Antioksidan 

Manfaat biji salak dapat bergunas sebagai sumber antioksidan yang baik. Biji buah salak mengandung antioksidan yang tinggi, terutama flavonoid dan fenolik. Kedua senyawa ini dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi risiko terkena penyakit degeneratif, seperti kanker, Alzheimer, dan Parkinson.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Biji buah salak juga mengandung senyawa bioaktif seperti saponin dan polifenol, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Selain itu, biji buah salak juga mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat biji salak juga dipercaya dapat memelihara kesehatan organ jantung. Biji buah salak mengandung kalium yang membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Selain itu, biji salak juga mengandung senyawa flavonoid dan polifenol yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu mencegah risiko terjadinya penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Biji buah salak mengandung serat larut dan tidak larut dalam air yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta memperbaiki keseimbangan bakteri usus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

5. Menurunkan Risiko Diabetes 

Manfaat biji salak juga diklaim dapat menurunkan resiko diabetes. Biji buah salak mengandung senyawa aktif yang disebut asam fenolat, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dengan mengonsumsi olahan biji buah salak secara teratur, seseorang dapat terhindar dari resiko diabetes tipe 2.


Manfaat Biji Salak

Buah salak
Buah salak. (Antara Foto)

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Biji buah salak kaya akan antioksidan seperti vitamin C, flavonoid, dan senyawa fenolik yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. Selain itu, biji salak juga mengandung senyawa tannin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Biji buah salak mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan retina dan memperkuat sistem penglihatan sehingga mencegah terjadinya masalah kesehatan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, dan penyakit mata lainnya.

8. Membantu Mengurangi Stres

Dengan kandungan yang dimiliki, manfaat biji salak juga dapat mengurangi stres. Biji buah salak mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Senyawa-senyawa ini bekerja sebagai agen antioksidan dan dapat membantu melindungi otak dari stres dan kerusakan akibat radikal bebas.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Biji buah salak mengandung mineral penting seperti fosfor, magnesium, dan kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mineral-mineral ini membantu memperkuat tulang dan gigi, serta menjaga kepadatan tulang agar tidak terjadi keropos pada tulang.


Cara Mendapatkan Manfaat Biji Salak

Kemudian kekayaan berupa kebun salak pondoh dijadikan inspirasi untuk menjadi atraksi. Selain wisata memetik salak, kemudian dibuatlah paket mengolah salak menjadi berbagai produk olahan.
ilustrasi Salak

Biji salak kerap diolah menjadi kopi yang memiliki cita rasa tak kalah dengan kopi pada umumnya. Manfaat biji salak dapat diperoleh dengan mengkonsumsi kopi biji salak. Sayangnya, belum banyak yang tahu cara membuat kopi menggunakan bahan dasar biji salak. Berikut cara membuat kopi biji salak yang dilansir dari laman filosofikopi.com.

1. Cuci dan bersihkan biji salak.

2. Keringkan di bawah sinar matahari sekitar satu minggu.

3. Siapkan wajan panas dengan suhu 90 derajat celcius.

4. Masukkan biji salak yang sudah dibersihkan ke dalam wajan dan sangrai sampai biji salak berwarna kehitaman. Hati-hati agar biji salak tidak hangus yang akan membuat kopi terasa pahit dan kurang nikmat ketika dikonsumsi.

5. Matikan api dan diamkan biji salah yang sudah disangrai sekitar 5-10 menit.

6. Tumbuk biji salak hingga halus.

7. Ayak bubuk biji salak untuk mendapatkan bubuk biji salak yang halus.

8. Untuk menyeduh kopi biji salak, tuang bubuk biji salak dan beri air panas.

9. Kopi biji salak siap disajikan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya