Limbah Domestik adalah Limbah yang Bersumber dari Rumah Tangga, Ketahui Cara Mengelolanya

Limbah domestik adalah limbah yang bersumber dari aktivitas sehari-hari di rumah tangga.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 10 Apr 2023, 11:40 WIB
Diterbitkan 10 Apr 2023, 11:40 WIB
Bantaran Kanal Banjir Barat Dipenuhi Sampah
Limbah domestik adalah limbah yang bersumber dari rumah tangga yang harus dikelola dengan benar untuk mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan dan kesehatan manusia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Limbah domestik adalah jenis limbah yang berasal dari rumah tangga, seperti sisa makanan, sampah dapur, kertas, plastik, logam, kaca, kain, barang elektronik, dan lain sebagainya. Limbah domestik juga dapat mencakup limbah medis, seperti jarum suntik dan perban, jika rumah tangga memiliki anggota keluarga yang memerlukan perawatan kesehatan.

Limbah domestik adalah limbah yang bersumber dari rumah tangga yang harus dikelola dengan benar untuk mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan dan kesehatan manusia. Meskipun skalanya lebih kecil dibanding limbah industri, limbah domestik yang tidak dikelola dengan baik juga dapat mencemari tanah, air, dan udara, serta menjadi tempat hidup bagi serangga dan hewan yang tidak diinginkan. Limbah domestik juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan kesehatan manusia jika tidak diproses dengan benar.

Limbah domestik adalah limbah yang bersumber dari aktivitas sehari-hari di rumah tangga. Berikut ulasan tentang limbah domestik adalah jenis limbah yang berasal dari rumah tangga yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (10/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenai Limbah Domestik

Petugas DLH DKI Jakarta Pilah Limbah Masker Rumah Tangga
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola limbah domestik, seperti memilah limbah yang dapat didaur ulang dari limbah yang tidak dapat didaur ulang, mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan, dan membuang limbah dengan benar. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Limbah domestik adalah limbah yang bersumber dari rumah tangga, termasuk semua jenis limbah yang dihasilkan oleh aktivitas sehari-hari di rumah. Comtohnya seperti memasak, membersihkan, mencuci, mandi, dan buang air. Limbah domestik dapat berupa bahan organik dan anorganik, dan dapat berbentuk cair, padat, atau gas.

Penting untuk memahami bahwa limbah domestik dapat berdampak negatif pada lingkungan jika tidak dikelola dengan benar. Limbah yang tidak diproses dengan baik dapat mencemari tanah dan air, serta menjadi tempat hidup bagi serangga dan hewan yang tidak diinginkan. 

Pengelolaan limbah domestik sangat penting. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola limbah domestik, seperti memilah limbah yang dapat didaur ulang dari limbah yang tidak dapat didaur ulang, mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan, dan membuang limbah dengan benar. Limbah organik seperti sisa makanan dan dedaunan dapat diolah menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah. Sedangkan limbah anorganik seperti kertas, plastik, dan logam dapat didaur ulang dan digunakan kembali.

Pemerintah dan masyarakat  memiliki peran penting dalam pengelolaan limbah domestik. Pemerintah dapat memberikan fasilitas pengelolaan limbah yang efektif dan mudah diakses oleh masyarakat, serta memberikan kampanye edukasi tentang cara memilah dan mengelola limbah dengan benar. Sementara itu, masyarakat dapat berperan aktif dengan memilah dan membuang limbah dengan benar, serta mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan.

Dalam rangka menjaga lingkungan dan kesehatan manusia, pengelolaan limbah domestik yang baik sangat penting. Dengan cara yang tepat dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, pengelolaan limbah domestik dapat dilakukan secara efektif dan berkelanjutan.


Cara Mengelola Limbah Domestik

DKPP Tangsel Coba Sistem Zero Waste Atasi Sampah
Program zero waste bertujuan untuk mengurangi sampah rumah tangga yang lebih didominasi jenis organik.

Limbah domestik adalah limbah yang bersumber dari aktivitas rumah tangga yang perlu dikelola. Pengelolaan limbah domestik dapat membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia, serta membantu mendorong masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan sekitarnya. Berikut adalah beberapa cara mengelola limbah domestik yang dapat dilakukan tiap unit rumah tangga.

1. Pemilahan Limbah

 Limbah domestik yang dihasilkan sehari-hari dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu organik, anorganik, dan bahan berbahaya. Pemilahan limbah yang tepat dapat mempermudah proses pengelolaan limbah dan memaksimalkan potensi daur ulang. Limbah organik seperti sisa makanan dapat diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan limbah anorganik seperti kertas, plastik, dan logam dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali. Sementara itu, limbah berbahaya seperti baterai, obat-obatan, dan bahan kimia harus dibuang secara terpisah dan diolah dengan cara yang aman.

2. Pengurangan Limbah

Pengurangan limbah adalah cara yang efektif untuk mengelola limbah domestik. Dengan mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan, kita dapat mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan meningkatkan efisiensi pengelolaan limbah. Beberapa cara pengurangan limbah yang dapat dilakukan, antara lain dengan mengurangi konsumsi bahan kemasan sekali pakai, menggunakan botol air minum yang dapat diisi ulang, membeli produk dengan kemasan yang lebih sedikit, dan memilih produk dengan bahan ramah lingkungan.

3. Pengolahan Limbah Organik

Limbah organik seperti sisa makanan dan dedaunan dapat diolah menjadi pupuk kompos dengan cara yang mudah dan efektif. Kompos yang dihasilkan dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah dan mengurangi penggunaan pupuk kimia yang merusak lingkungan.

4. Pengolahan Limbah Anorganik

Limbah anorganik seperti kertas, plastik, dan logam dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali. Proses daur ulang dapat dilakukan dengan cara memilah dan mengumpulkan limbah anorganik, kemudian diolah dengan cara yang tepat. Dengan cara ini, limbah anorganik dapat dijadikan bahan mentah untuk pembuatan produk baru.

5. Pengolahan Limbah Berbahaya

Limbah berbahaya seperti baterai, obat-obatan, dan bahan kimia harus dibuang secara terpisah dan diolah dengan cara yang aman. Pengolahan limbah berbahaya dapat dilakukan dengan cara memilah limbah secara terpisah, dan membawanya ke tempat pengolahan limbah yang sudah ditentukan oleh pemerintah atau perusahaan pengelola limbah.

6. Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan

Ada beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk mengelola limbah domestik, seperti penggunaan toilet dengan sistem pengolahan limbah, penggunaan panel surya untuk menghasilkan listrik, atau penggunaan energi terbarukan untuk mengurangi penggunaan energi fosil.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya