Arti Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah, Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya

Arti laa hawla wa laa quwwata illa billah atau hauqalah adalah tiada peralihan dari satu ke keadaan yang lain kecuali atas izin dan kehendak Allah.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 24 Apr 2023, 19:30 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 19:30 WIB
STOK A - Arti Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah, Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya
Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Arti laa hawla wa laa quwwata illa billah merupakan salah satu potongan bacaan dalam dzikir yang kerap kali diucapkan umat Muslim. Meskipun kalimat tersebut sudah tak asing lagi ditelinga umat Muslim, namun masih banyak bertanya-tanya terkait arti laa hawla wa laa quwata illa billah.

Secara umum, arti laa hawla wa laa quwwata illa billa adalah bentuk permohonan pertolongan kepada Allah SWT. Dengan arti laa hawla wa laa quwwata illa billah ini membuat umat Muslim lebih mendekatkan diri kepadaNya atas masalah atau musibah yang sedang dihadapi.

Bukan hanya ketika diuji dengan masalah dan cobaat, mengamalkan kalimat laa hawla wa laa quwwata illa billah setiap hari akan mendapatkan keutamaannya. Bahkan, keutamaan tersebut tertuang dalam hadis Nabi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai arti laa hawla wa laa quwwata illa billah dan keutamaan mengamalkannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/4/2023).


1. Arti Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah

STOK A - Arti Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah, Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Kata laa hawla wa laa quwwata illa billah dikenal juga dengan istilah hauqalah. Makna dari hauqalah adalah tiada kemampuan untuk menghalangi dan menampil sesuatu bencana (hal-hal yang terasa tidak berkenan di hati), dan tidak ada juga ketakutan untuk mendatangkan kemaslahatan (dan hal-hal positif) kecuali bersumber dari Allah SWT. Secara sederhana, arti laa hawla wa laa quwwata illa billah atau hauqalah adalah tiada peralihan dari satu ke keadaan yang lain kecuali atas izin dan kehendak Allah.

Arti lahaula walakuata illabillaah menunjukkan kebesaran dan kuasa Allah SWT. Arti lahaula walakuata illabillaah juga menggambarkan bahwa tidak ada kekuatan apapun yang dapat menandingi kuasa Allah SWT. Untuk itu, membaca kalimat tersebut sama saja dengan menyerahkan segala urusan dan memohon pertolongan kepada Allah SWT. Selain itu, kata laa hawla wa laa quwwata illah billah ini memiliki keutamaan yang besar dan menakjubkan.

Dalam bahasa Arab, arti laa hawla wa laa quwwata illah billah adalah sebagai berikut:

La haula wa la quwwata illa billahi 'aliyyil azhimi.

Artinya: "Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."


2. Makna Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah

STOK A - Arti Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah, Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya
Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/SuleymanKarakas

Dikutip dari buku Selalu Ada Jalan karya Ninih Muthmainnah, menjelaskan bahwa makna dari laa hawla wa laa quwwata illah billah adalah tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah. Kalimat ini termasuk kalimat yang sangat dicintai Allah Ta’ala dan banyak diucapkan oleh Rasulullah saw. Kalimat tersebut termasuk salah satu perbebdaharaan surga yang Allah hadirkan untuk manusia.

“Ucapkanlah atau kalimat la haula wa laa quwwata illa billah, sesungguhnya dia (termasuk) perbendaharaan surga.” (HR Bukhari Muslim dari Abu Musa Al-Anshari)

Pernyataan di atas juga sependapat dengan para ulama, bahwa makna laa hawla wa laa quwwata illah billah pada dasarnya menunjukkan tentang kekuasaan dan keagungan Allah SWT. Sebab tidak ada manusia satupun mampu menandingi, menolak keburukan, ataupun memperoleh kebaikan tanpa izin Allah. Selain itu, makna dan arti lahaula walakuata illabillaah juga bisa dijadikan pedoman agar manusia selalu mengingat dan menyerahkan segala urusan serta memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT.


3. Keutamaan Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah

STOK A - Arti Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illa Billah, Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya
Ilustrasi Masjid Credit: pexels.com/Lia

Arti laa hawla wa laa quwwata illa billah adalah “Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung." Kita sebagai manusia tidak bisa berbuat, merasa mampu, menolak, memiliki sesuatu apapun selain karena kehendak Allah SWT. Sebagai manusia kita harus menyadari bahwa kita tidak mempunyai daya untuk bekerja, belajar, hidup sehat, keluar dari sesuatu masalah, mengerjakan kebajikan dan melakukan sesuatu apapun tanpa kekuatan dari Allah SWT. Berikut ini terdapat beberapa keutamaan membaca kalimat laa hawla wa laa quwwata illah billah:

a. Menghilangkan kesusahan

Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis berikut ini:

“Perbanyaklah dari (membaca) la haula wala quwata illa billah, karena sesungguhnya ia bisa menolak sembilan puluh Sembilan pintu dari beberapa pintu kejelekan, dan yang paling ringan darinya adalah kesusahan.” (HR al-‘Uqaili. Dha’îf). (Al-Munawi, Faidhul Qadîr, juz I, halaman 638).

b. Dikabulkannya doa

Hal ini dijelaskan dapat sebuah hadis menurut pendapar Imam al-Barmawi sebagai berikut,

"Orang membaca la haula wala quwwata illa billah atau hauqalah setiap hari sebanyak 500 kali dan diniati untuk sebuah hajat, maka (oleh Allah) akan dipenuhi. Jika pembaca dalam keadaan dipenjara/ditahan maka akan lepas, dan sesungguhnya bacaan tersebut bisa membuka kejadian yang masih samar dan takdir mubram (takdir yang tidak bisa diubah)."

c. Harta simpanan di Surga

Kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada ‘Abdullah bin Qois,

“Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga.” (HR. Bukhari, no. 7386)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya