Range adalah Rentang, Berikut Definisi Lain di Berbagai Bidang Ilmu

Secara umum dapat dipahami bahwa range adalah jangkauan, jarak, jajaran, maupun rentang.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 30 Apr 2023, 09:55 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2023, 09:55 WIB
Data Scientist
Ilustrasi laptop menampilkan grafik dan data. Kredit: Carlos Muza via Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Range adalah suatu istilah yang memiliki sejumlah pengertian tergantung pada konteks apa istilah tersebut digunakan. Namun secara umum dapat dipahami bahwa range adalah jangkauan, jarak, jajaran, maupun rentang.

Namun, range juga memiliki definisi lain jika digunakan dalam konteks pembicaraan dalam bidang ilmu tertentu. Misalnya saja dalam konteks penggunaan aplikasi pengolahan data Microsoft Excel, range adalah adalah sekumpulan sel yang diperintahkan untuk memproses suatu data.

Selain itu, range adalah istilah yang sering digunakan dalam bidang ilmu matematika. Dalam bidang ilmu matematika, range adalah rentang fungsi ataupun daerah hasil.

Untuk lebih memahami pengertian range secara lebih lengkap dari berbagai sudut pandang ilmu pengetahuan, berikut adalah penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (30/4/2023).


Definisi Range dalam Microsoft Excel

Secara umum, definisi range adalah jangkauan, jarak, jajaran, maupun rentang. Meski demikian, ketika berbicara tentang aplikasi pengolahan data Microsoft Excel, range adalah istilah yang memiliki pengertian yang berbeda.

Dikutip dari buku Modul Pelatihan Aplikasi Microsoft Office 2007 (2018) karya Piko, dijelaskan bahwa pengertian dari range adalah sekumpulan sel yang telah digabungkan menjadi satu dengan tujuan tertentu, misalnya untuk pemformatan beberapa sel secara bersamaan, mencari nilai rata-rata dari sekumpuan data dan lain sebagainya.

Fungsi dari range adalah melakukan format secara sekaligus untuk banyak cell (dua atau lebih cell), mampu membuat referensi isi pada sekumpulan cell pada bentuk penulisannya, dan dapat menghapus isi sekumpulan cell jika dibutuhkan.

Fungsi tersebut disebut dengan range agar mempermudah saat pengolahan data agar kita tidak melakukan pengeblokkan yang berulang-ulang. Selain itu, penggunaan nama range ini juga dapat menghemat waktu anda saat membangun rumus, karena cara kerjanya yang sangat praktis.

Misalnya, untuk menghitung total dari beberapa nilai yang terdapat dalam rentang sel tertentu maka =SUM(Range). Perlu diingat bahwa range dalam Excel dapat ditulis dengan menggunakan referensi sel secara manual (misalnya "A1:C5")

Langkah untuk membuat nama range sel adalah sebagai berikut:

a. Klik drop down tombol Define Name pada tab Formulas-grup Defined Names, kemudian pilih Define Name.

b. Selanjutnya, akan tampil kotak dialog New Name yang digunakan untuk membuat nama range sel.

Keterangan:

- Name, untuk mengetikkan nama range sel.

- Scope, untuk memilih ruang lingkup di mana nama range tersebut dapat terbaca. Terdapat pilihan Workbook, Sheet1, Sheet2, dan sebagainya sesuai nama sheet yang dimiliki dalam lembar kerja yang aktif atau terbuka.

- Comment, untuk memberi keterangan atau komentar tentang nama range tersebut (opsional).

- Refers to, berisi alamat range sel yang akan diberi nama. Jika Anda hafal dengan nama sheet dan range sel yang akan diberi nama, maka dapat mengetikkannya langsung. Akan tetapi akan lebih mudah jika Anda menggunakan tombol Elapses, di bagian kanan untuk memilih range sel.

c. Sebagai contoh, ketik nama Buku di kotak Name, kemudian biarkan terpasang Workbook pada bagian Scope.

d. Klik tombol Elapses pada bagian kanan Refers to hingga tampil kotak dialog New Name - Refers to:

e. Selanjutnya, blok range sel yang akan diberi nama dengan cara klik tahan pada awal range sel, dan geser hingga sel akhir range.

f. Setelah proses blok range sel selesai, klik tombol Expand untuk kembali ke kotam dialog New Name.


Pengertian Range dalam Bidang Ilmu Matematika

Ilustrasi matematika. ©Shutterstock/Minerva Studio
Ilustrasi matematika. ©Shutterstock/Minerva Studio

Selain menjadi istilah dalam aplikasi pengolahan data Microsoft Excel, range adalah istilah yang juga digunakan dalam bidang ilmu matematika. Dikutip dari buku berjudul Logika dan Struktur Diskrit (2022) karya Lulut Alfaris, dkk., dijelaskan bahwa pengertian dari range adalah elemen dari kodomain yang berelasi dengan elemen domain.

Dalam bidang ilmu matematika, dange dinotasikan sebagai Rf. Nama lain dari range adalah rentang fungsi ataupun daerah hasil. Range juga dapat diartikan sebagai himpunan semua anggota himpunan B yang memiliki pasangan anggota himpunan A. Range dalam suatu fungsi merupakan semua kemungkinan nilai keluaran, di mana setiap angka merupakan hasil dari masukkan (domain) ke dalam rumus atau persamaan.

Dalam ilmu matematika, domain adalah himpunan pertama yang berhubungan dengan himpunan kedua. Sedangkan kodomain adalah himpunan kedua yang dihubungkan oleh tanda panah dalam suatu relasi. Sementara itu, himpunan adalah objek-objek yang didefinisikan dalam suatu kelompok dapat berupa bilangan atau teks. Relasi antar himpunan dapat dipresentasikan dalam bentuk diagram relasi.


Definisi Range dalam Bidang Pemrograman

Ilustrasi Programming, Coding, Progammer, Coder. Kredit: Picjumbo via Freepik
Ilustrasi Programming, Coding, Progammer, Coder. Kredit: Picjumbo via Freepik

Di era yang hampir semua bidang melibatkan teknologi digital, pemrograman bidang yang penting untuk memberikan kemudahan di berbagai urusan. Dalam bidan pemrograman juga terdapat istilah range. Dalam pemrograman komputer, rentang mengacu pada kemungkinan nilai variabel atau interval yang mencakup batas atas dan bawah dari suatu array.

Dalam bidang pemrograman, range adalah fungsi yang berguna untuk menciptakan suatu daftar atau list dengan rentang nilai tertentu. Fungsi range biasanya dinyatakan dalam bentuk ().

Parameter di range() bisa terdiri dari satu hingga tiga parameter. Dan perilaku dari range() berubah sesuai dengan jumlah parameter yang anda berikan. Fungsi range umumnya digunakan dalam loop atau perulangan untuk melakukan iterasi pada setiap elemen dalam deret bilangan yang dihasilkan oleh fungsi range tersebut.


Definisi Range di Bidang Statistika

Ilustrasi data, penyimpanan data.
Ilustrasi data, penyimpanan data. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Range adalah istilah yang juga digunakan dalam bidang statistika. Range adalah salah satu elemen perhitungan di dunia statistika. Range sendiri merupakan nilai yang muncul atas kesenjangan nilai tertinggi dengan nilai terendah. Range seringkali disingkat sebagai R dalam dunia matematika. Selain itu dapat diartikan juga bahwa range adalah suatu jangkauan yang digunakan pada pembahasan frekuensi.

Dari buku Statistika Hospitalitas: Edisi Revisi (2016) karya Santoso, jelaskan bahwa pengertian dari range adalah jarak pengukuran antara nilai tertinggi dengan nilai terendah. Langkah ini adalah cara paling mudah dalam mengukur variabilitas sebaran data statistik.

Untuk menghitung range, kita dapat menggunakan rumus:

Range = Nilai Terbesar-Nilai Terkecil

Contoh: Misalkan kita memiliki data sebagai berikut: 3, 7, 10, 12, 16, 20 Maka, nilai terbesar = 20 dan nilai terkecil = 3

Sehingga, Range = 20-3 = 17.

Demikian adalah sejumlah pengertian atau definisi dari range dalam bidang-bidang ilmu tertentu. Namun secara umum, range adalah jangkauan, jarak, jajaran, maupun rentang. Ketika istilah range digunakan dalam konteks pembicaraan bidang ilmu tertentu, ada kemungkinan dapat ditemukan pengertian lain.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya