Cara Membuat Tempat Tisu dari Kain Flanel, Cocok untuk Hiasan Meja Tamu

Selain sebagai tempat menaruh tisu, cara membuat tempat tisu dari kain flanel juga dapat menghasilkan dekorasi ruang tamu yang cantik.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 01 Mei 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 01 Mei 2023, 16:30 WIB
Tempat Tisu dari Kain Flanel
tempat Tisu dari Kain Flanel (Sumber: Pinterest/Design M)

Liputan6.com, Jakarta Tempat tisu dari kain flanel adalah hiasan meja yang cantik dan fungsional. Cara membuat tempat tisu dari kain flanel dapat menjadi kegiatan kreatif yang menghasilkan. Bahan flanel yang lembut dan warna-warni memungkindan untuk membuat tempat tisu dsengan berbagai bentuk yang unik dan menarik.

Selain sebagai tempat menaruh tisu, cara membuat tempat tisu dari kain flanel juga dapat menghasilkan dekorasi ruang tamu yang cantik. Bahan flanel dapat dipadukan dengan karton atau kardus untuk membuat tempat tisu yang lebih kuat. Namun menggunakan kain flanel saja juga memungkinkan untuk dijadikan tempat tisu. Berikut 3 cara membuat tempat tisu dari kain flanel yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/5/2023).


Tempat Tisu dari Kain Flanel dan Kardus Sepatu

Ilustrasi Tisu Wajah
Ilustrasi tisu wajah. (Foto: Unsplash/Diana Polekhina)

Cara membuat tempat tisu dari kain flanel ini memadukan kain flanel dengan kardus sepatu bekas yang sudah memiliki bentuk balok. Berikut langkah-langkahnya.

Alat dan Bahan 

  1. Kotak sepatu ukuran sedang, ukuran bisa disesuaikan desain yang ingin dibuat
  2. Gunting
  3. Penggaris
  4. Lem putih
  5. Cutter
  6. Spidol

Cara Membuat Tempat Tisu dari Kain Flanel dan Kotak Sepatu

  1. Buat gambar persegi panjang atau oval tepat di tengah tutup kardus. Gambar ini akan menjadi lubang tepat tisu keluar. Kemudian potong menggunakan cutter.
  2. Selanjutnya ukur kotak sepatu menggunakan penggaris, kemudian potong kain flanel untuk melapisi seluruh bagian dari kotak sepatu sesuai ukuran dari kotak sepatu. Pemilihan warna kain flanel dapat disesuaikan dengan selera dan desain yang ingin dibuat.
  3. Olesi seluruh bagian luar kotak sepatu dengan lem putih. Tempelkan kain flanel pada kotak sepatu yang sudah diolesi lem secara hari-hati dan prsisi. Untuk bagian tutup kotak sepatu, jangan lupa untuk melubangi bagian tengah dari kain flanel agar ada celah untuk mengambil tisu. 
  4. Setelah semua bagian luar kotak sepatu ditutupi dengan kain flanel, hias bagian sisi dari kotak sepatu untuk lebih memperindah tampilan kotak tisu nya. Dekorasi kotak tisu dapat menggunakan manik-manik atau kain flanel yang dibentuk menjadi bunga, hewan maupun makanan. 
  5. Masukan tisu ke dalam kotak tisu yang sudah dibuat dan pasang penutupnya. Kotak tisu dari kain flanel dan kotak sepatu bekas siap digunakan menghias meja tamu. 

Kotak Tisu Kubus

Tempat Tisu Kain Flanel
Tempat Tisu Kain Flanel (Sumber: Pinterest/Etsy)

Cara membuat tempat tisu dari kain flanel ini diperuntukan untuk tisu dengan ukuran kecil yang biasanya dijual dalam kemasan berbentuk kubus. Berikut langkah-langkah cara membuatnya.

Alat dan Bahan

  1. Pola kubus yang terbuat dari karton tebal
  2. Kain flanel
  3. Gunting
  4. Cutter 
  5. Benang sulam
  6. Jarum jahit
  7. Lem putih

Cara Membuat Tempat Tisu Kubus dari Kain Flanel 

  1. Kerat bagian lipatan pada pola kubus agar mudah dibentuk, jangan sampai terputus
  2. Beri lubang pada salah satu bentuk persegi pada pola kubus untuk lubang keluar tisu.
  3. Potong kain flanel mengikuti pola kubus dengan dilebihkan sekitar ½ cm.
  4. Oleskan lem pada salah permukaan pola kemudian tempelkan kain flanel dengan rapi, biarkan mengering. 
  5. Jahit sisi-sisi kain dengan tusuk feston hingga membentuk kubus, biarkan sisi atas tidak terjahit untuk memasukan tisu.
  6. Tambahkan hiasan sesuai desain yang diinginkan. Tempat tisu kubus dari kain flanel siap digunakan.

Tempat Tisu Saku

Tepat tisu Flanel
Tempat Tisu Saku (Sumber: Pinterest/Teman Kreasi)

Cara membuat tempat tisu dari kain flanel ini diperuntukan untuk tisu yang dijual dalam bentuk travel size. Tisu ini biasanya memiliki kemasan yang lebih compact dibanding tisu yang diperuntukan untuk penggunaan rumahan. Meski begitu tempat tisu ini tetap cocok digunakan untuk hiasan meja tamu, berikut langkah-langkahnya.

Alat dan Bahan 

  1. Gunting
  2. Gunting zigzag (optional)
  3. Penggaris
  4. Kain flanel
  5. Jarum jahit
  6. Jarum pentul
  7. Benang sulam
  8. Pita atau renda (optional)

Cara Membuat Tempat Tisu Travel

  1. Potong tisu dengan ukuran 25 x 22 cm.
  2. Lipat sisi panjang ke bagian tengah hingga ujung-ujungnya bertemu, semat dengan jarum pentul agar lipatan tidak terbuka. Bagian tengan ini akan menjadi akses memasukan dan mengeluarkan tisu.
  3. Jahit bagian pinggir-pinggirnya dengan rapi. Jika ingin memberi aksen bergerigi, gunting bagian tepi kain flanel dengan gunting zigzag.
  4. Tambahkan hiasan pita atau renda sesuai desain yang ingi dibuat. Tempat tisu travel dari kain flanel siap digunakan. 
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya