Ikhtiar adalah Berusaha dalam Hidup, Ketahui Bentuk-Bentuknya

Ikhtiar adalah ajaran utama Islam.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 10 Mei 2023, 14:04 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 14:04 WIB
Ilustrasi Muslim - Image by Muhammad Afwan from Pixabay
Ilustrasi Muslim - Image by Muhammad Afwan from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Ikhtiar adalah sikap terpuji dalam Islam. Biasanya, ikhtiar adalah istilah yang sering disandingkan dengan tawakal. Tawakal dan ikhtiar adalah sikap untuk mencapai tujuan atas jalan Allah SWT.

Ikhtiar adalah ajaran utama Islam. Tiap Muslim harus memiliki sifat ini dalam hidupnya. Ikhtiar adalah bagian dari akhlak baik Islam.

Orang yang memiliki sifat ikhtiar adalah orang yang senantiasa tidak bergantung pada dunia. Melakukan ikhtiar adalah cara untuk tidak mengabaikan kewajiban pengabdian kepada-Nya. Berikut pengertian Ikhtiar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(1/3/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arti ikhtiar

ilustrasi muslim salat/freepik
ilustrasi muslim salat/freepik

Ikhtiar berasal dari bahasa Arab اِخْتِيَارٌ 1 yang berarti 'pilihan (hasil memilih)'. Kata ini berasal dari اِخْتَارَ ikhtāra yang berarti 'memilih'. Kedunya berakar dari خَارَ يَخِيْرُ khāra yakhīru yang berarti 'melebihi; mengungguli'.

Menurut KBBI, ikhtiar adalah alat atau syarat untuk mencapai maksud. Ikhtiar diartikan sebagai daya upaya. Ikhtiar juga berarti pilihan,pertimbangan, kehendak, pendapat, dan sebagainya yang bersifat bebas. Dalam ilmu teologi, ikhtiar adalah kebebasan manusia untuk memilih atau menentukan perbuatannya.


Ikhtiar dalam Islam

Berhias dan Memakai Pakaian Terbaik
Ilustrasi Pria Muslim Credit: freepik.com

Ikhtiar adalah usaha sungguh-sungguh untuk mewujudkan apa yang diinginkan. Dalam Islam, ikhtiar harus dilakukan tanpa melupakan kehendak Allah SWT. Secara umum, ikhtiar adalah sikap di mana seorang muslim mengerahkan segala usaha yang dimilikinya. Ikhtiar juga dipandang sebagai usaha sebaik-baiknya dalam menjalani kehidupan.

Arti ikhtiar menurut Islam kurang lebih meliputi kebebasan dan kemerdekaan manusia dalam memilih dan menentukan perbuatannya. Ikhtiar terwujud dalam usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan, baik material, spiritual, kesehatan. Sikap ikhtiar tak saja terpancang pada kebutuhan dan tujuan duniawi, melainkan juga akhirat. Itulah sebabnya, sikap ikhtiar disebut dapat menunjukkan keimanan seseorang.


Dalil tentang ikhtiar

Ilustrasi Muslim - Image by İbrahim Mücahit Yıldız from Pixabay
Ilustrasi Muslim - Image by İbrahim Mücahit Yıldız from Pixabay

Q.S. al Kahfi:23-24

"Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok”, kecuali (dengan menyebut): “Insya-Allah”. Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini" (Q.S. al Kahfi:23-24).

QS. Ar-Ra’du:11

"Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" (QS. Ar-Ra’du:11).

QS. Al-Jumu’ah 10

"Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung" (QS. Al-Jumu’ah 10).

Q.S. An-Najm: 39-42

"dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahannya (segala sesuatu).


Tawakal dalam berikhtiar

Doa
Ilustrasi Perempuan Muslim Credit: pexels.com/pixabay

Tawakal sering disandingkan dengan ikhtiar. Tawakal berarti berserah diri setelah melakukan segala usaha. Tawakal tidak hanya didasarkan pada gagasan tentang ketergantungan, tetapi juga pada pengakuan manusia sebagai ciptaan Tuhan yang tidak sempurna yang secara alami akan membatasi kemampuan mereka untuk mengatasi tantangan hidup sendirian tanpa Tuhan.

Tawakal adalah pengakuan bahwa manusia masih bisa gagal meskipun telah berusaha sebaik mungkin untuk tujuan hidup. Oleh karena itu, manusia harus bergantung pada kebesaran Allah SWT. Untuk itu, manusia harus berusaha untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT melalui ibadah yang konstan dan tidak membiarkan ikhtiar hidup mengabaikan kewajiban bertakwa kepada-Nya. Ketika sukses dalam hidup, manusia juga tidak boleh terjerumus ke dalam keangkuhan berpikir bahwa kesuksesan itu diraih dengan usaha pribadinya saja.


Bentuk-bentuk ikhtiar

ilustrasi perempuan muslim/freepik
ilustrasi perempuan muslim/freepik

Ikhtiar merupakan sikap yang terwujud dalam berbagai bentuk. Bentuk-bentuk ikhtiar adalah:

Kerja keras

Kerja keras sebagai ikhtiar adalah berusaha sepenuh hati untuk mencapai tujuan hidup baik dunia maupun akhirat. Kerja keras umumnya melibatkan upaya fisik, mental atau emosional, tingkat fokus dan tujuan yang tinggi. Usaha yang keras tidak akan mengkhianati hasil yang ingin dicapai. Ikhtiar dilakukan dengan maksimal dan bersungguh-sungguh agar tercapai suatu yang diharapkan.

Pantang menyerah

Pantang menyerah adalah sikap tidak mudah putus asa. Putus asa adalah sifat yang dibenci Allah SWT. Keputusasaan identik dengan kekufuran yang besar. Setiap usaha yang dilakukan seseorang tentunya bisa saja mengalami kegagalan-kegagalan, namun orang-orang yang berikhtiar akan bangkit kembali dan tidak mudah putus asa.

Tanggung jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku manusia untuk melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), Negara, dan Tuhan Yang Maha Esa.

Rajin belajar

Rajin belajar juga merupakan salah satu bentuk ikhtiar, terutama tentunya bagi pelajar. Dengan belajar, manusia bisa hidup bermartabat dan membangun peradaban yang bersandikan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya