10 Cara Mengatasi Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan bisa dilakukan dengan beberapa cara.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 25 Mei 2023, 13:10 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2023, 13:10 WIB
Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan? Atasi dengan Ini!
Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan? Atasi dengan Ini!

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seseorang yang di tenggorokannya tersangkut tulang ikan biasanya merasa khawatir karena takut tulang ikan tersebut tidak dapat dikeluarkan. Namun ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan.

Ikan memang menjadi salah satu menu favorit bagi siapa saja. Selain banyak vitamin yang terkandung di dalam daging ikan, bau ikan yang terkenal amis itu juga bisa memunculkan rasa manis ketika sudah menjadi hidangan yang lezat.

Namun terkadang, di tengah-tengah saat momen menyantap ikan kita pernah merasa terdapat tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan juga sering kali kita dapatkan keluarga, teman atau orang-orang yang pernah punya pengalaman tersedak tulang ikan.

Pada intinya ketika tulang ikan nyangkut, kamu dapat menggunakan beberapa cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 10 cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan, Kamis (12/3/2020).


Cara Mengatasi Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

Ilustrasi Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

1. Minum Air Putih

Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan yang paling mudah yaitu mencoba dengan cara minum air putih. Ketika tulang ikan nyangkut di tenggorokan Anda, hal pertama yang harus dilakukan yakni jangan panik. Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu mencoba minum air putih sebanyak-banyaknya.

2. Jangan Menggunakan Tangan

Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan yaitu jangan sekali-kali mengatasinya dengan tangan. Pasalnya hal tersebut dapat menyebakan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih ketika tangan yang Anda masukkan ke dalam tenggorokan dalam kondisi yang tidak bersih.

3. Batuk

Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan selanjutnya dapat dilakukan dengan cara batuk. Dalam beberapa kasus batuk dengan kencang dipercaya dapat mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan.

Batuk juga merupakan cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggrokan paling efektif, karena tidak perlu ada persiapan apapun. Cukup dengan batuk kencang, tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan bisa dikeluarkan.


Cara Mengatasi Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

4. Minum Air Garam

Minum air garam merupakan salah satu cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan yang dapat digunakan. Jika dengan batuk kencang tulang ikan masih berasa nyangkut di tenggorokan, cara selanjutnya yang dapat digunakan yaitu minum air garam.

Anda bisa langsung mengambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam, kemudian kalian bisa minum campuran air garam tersebut. Biasanya, jika tulang ikan yang tertelan cukup kecil, dengan minum air garam, tulang ikan tersebut akan luruh dan terbawa air garam masuk ke dalam pencernaan.

5. Menelan Sekepal Nasi

Menelan sekepal nasi dapat dicoba sebagai cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Anda bisa menelan nasi tanpa dikunyah untuk mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan.

Anda bisa mengambil segenggam nasi kemudian membentuknya seperti bola-bola. Setelah itu Anda bisa memakannya tanpa mengunyahnya, juga menyiapkan segelas air untuk membantu nasi terdorong ke dalam tenggorokan. Ingat! Nasi yang dikepal tidak perlu terlalu besar, karena hal tersebut dalam menyebabkan Anda tersedak.

6. Menelan Marshmallow

Selain menelan sekepal nasi, cara mengatasi tulang ikan selanjutnya yang harus Anda coba yakni menelan marsmallow. Anda tinggal mengunyah beberapa marshmallow, namun jangan mengunyah marshmallow terlalu halus, biarkan sedikit kasar. Setelah itu anda telan marshmallow tersebut.

Marshmallow memiliki tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur akan berubah menjadi lengket. Hal ini memungkinkan duri menempel pada marshmallow dan luruh menuju pencernaan. Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan dengan menggunakan marshmallow ini menarik untuk dicoba loh!


Cara Mengatasi Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

Kaya Antioksidan, Kulit Pisang Bisa Dimakan
Tak hanya daging buah, kulit pisang bisa dikonsumsi (Foto: www.extremenaturalhealth.com)

7. Makan Pisang

Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan selanjutnya yang patut untuk dicoba yaitu makan pisang. Buah pisang dikenal dengan tekstrunya yang lembut dan mudah ditelan, hal ini juga dapat memudahkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan bisa ikut masuk ke dalam sistem pencernaan bersama dengamn buah pisang tersebut.

Anda bisa memotong-motong buah pisang kemudian telan tanpa dikunyah. Agar menghindari tersedak, setelah menelan pisang, segeralah minum segelas air. Kelengketan pisang bisa menarik tulang ikan sehingga memungkinkan terlepas dari kerongkongan.

8. Minum Minyak Zaitun

Hal lain yang dapat dicoba sebagai cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan yaitu dengan mencoba minum minyak zaitun. Anda bisa mencampur minyak zaitun dengan air hangat. Minyak zaitun memungkinkan memberikan pelumasan dalam kerongkongan sehingga membuat tulang ikan melunak dan terlepas.

9. Minta Bantuan Orang untuk Menepuk Punggung

Apabila menggunakan beberapa makanan ataupun minuman tidak bisa mengeluarkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Anda bisa minta bantuan orang lain untuk menepuk punggung Anda untuk digunakan sebagai cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan.

Anda harus berdiri membungkuk, sedangkan orang yang membantu Anda berada di samping Anda. Lalu minta orang tersebut melingkarkan lengannya ke leher atau dada, dan kemudian mintalah agar ia menepuk punggung bagian atas (tepat di antara dua tulang belikat). Ulangi gerakan tersebut sampai duri yang mengganjal benar-benar keluar.

10. Segera Konsultasikan ke Dokter

Apabila setelah melakukan beberapa cara tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan tidak keluar, Anda harus segera konsultasikan ke dokter THT. Terlebih jika tulang yang nyangkut di tenggorokan Anda menimbulkan beberapa keluhan, seperti rasa sakit yang tidak kunjung sembuh dan pembengkakan di daerah tenggorokan.

Biasanya dokter akan melakukan X-ray dan menyuruh Anda menelan cairan yang berbasis barium. Metode lain yang bisa dilakukan dokter yaitu melakukan laringoskopi untuk melihat di bagian belakang tenggorokan Anda.

Untuk kasus yang lebih parah, biaanya dokter menyarankan Anda untuk melakukan CT Scan dan endoskopi untuk melihat tingkat kerusakan kerongkongan Anda akibat menelan tulang ikan. Cara mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan satu ini bisa dilakukan setelah beberapa cara yang Anda lakukan tidak berhasil. Apabila ketika tulang ikan nyangkut di tenggorokan dan Anda ingin langsung konsultasikan ke dokter, itu lebih baik agar tidak memunculkan infeksi atau rasa sakit lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya