Cara Membuat Bonsai yang Mudah untuk Pemula, Perhatikan Perawatannya

Cara membuat bonsai serut yang unik ini menjadi salah satu kesukaan banyak orang.

oleh Husnul Abdi diperbarui 06 Jun 2023, 19:50 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2023, 19:50 WIB
Ilustrasi tanaman bonsai
Ilustrasi tanaman bonsai. (Photo by Mark Tegethoff on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat bonsai yang mudah dapat dilakukan oleh pemula. Walaupun begitu, untuk mendapatkan bonsai yang indah, tentunya kamu harus sabar dalam melakukan perawatan. Untuk itu, mengetahui cara perawatannya juga sangat penting.

Bonsai berasal dari bagian tanaman yang dibuat dengan metode setek, cangkok, okulasi, serta enten. Namun, tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai. Salah satu tanaman yang dapat dijadikan bonsai adalah pohon serut.

Bonsai serut merupakan tanaman bonsai yang memiliki daun berwarna kehijauan dengan batang dan bonggol berwarna keputihan. Pohon serut yang digunakan untuk dijadikan bonsai merupakan pohon yang memiliki daun berukuran kecil, punya buah berukuran kecil berwarna hijau, dan memiliki bunga. Karakter bonsai serut merupakan jenis tanaman yang menggugurkan daun.

Cara membuat bonsai serut yang unik ini menjadi salah satu kesukaan banyak orang. Tidak heran, banyak pemula yang mulai menanam bonsai juga. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/11/2021) tentang cara membuat bonsai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Bonsai

Cara Membuat Bonsai Serut
Bonsai / Sumber: Wikipedia

Memilih bakalan atau bonggol bonsai serut

Setelah memilih tanaman yang tepat, yaitu dalam hal ini adalah pohon serut, cara membuat bonsai yang pertama adalah memilih bakalan atau bonggol bonsai. Kamu bisa mendapatkannya di tempat penjualan benih tanaman untuk mendapatkan kualitas bonsai serut yang baik.

Setelah mendapatkan bonggol bonsai serut, pangkas semua daun yang ada pada bonggol menggunakan gunting khusus. Pangkas juga akar-akar berlebihan pada bonggol bonsai untuk mengontrol pertumbuhan akar.

Kemudian cuci bersih akar dari bonggol bonsai serut hingga bersih menggunakan air dan olesi dengan perangsang pertumbuhan secara merata. Obat atau pupuk perangsang ini bisa kamu temukan dengan mudah di tempat yang menjual tanaman hias.

Siapkan media tanam yang tepat

Memilih media tanam yang tepat merupakan cara membuat bonsai selanjutnya yang penting diperhatikan. Media tanam yang dibutuhkan untuk menanam bonsai serut berbeda dengan tanaman lainnya, yaitu berupa campuran dari tanah gunung. Tanah gunung merupakan humus serta pupuk kandang yang berasal dari kambing atau sapi.

Adapun perbandingan media tanam ketiganya yaitu 1:1:1 di setiap pot yang akan ditanami brow. Kamu juga bisa menggunakan media tanam dari sekam padi maupun cacahan sabut kelapa. Media tanam ini akan membuat akan terjaga dan cepat untuk tumbuh.


Cara Membuat Bonsai

Beberapa jenis bonsai dengan bentuk yang unik dan harga yang selangit ikut memeriahkan kontes Bonsai Garut 2021.
Beberapa jenis bonsai dengan bentuk yang unik dan harga yang selangit ikut memeriahkan kontes Bonsai Garut 2021. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Proses adaptasi bonsai

Cara membuat bonsai serut berikutnya adalah menanm bonggol bonsai serut di media tanamnya seperti pot besar. Sebelum membentuknya, kamu perlu memberikan waktu untuk bonggol tumbuh dan beradaptasi dengan media tanam yang baru sebelum kamu bentuk menggunakan kawat stainless steel. Kalau akar sudah tumbuh perlahan dan usianya sudah cukup dewasa, kamu bisa melanjutkan ke proses selanjutnya dengan membentuk bonsai.

Membentuk bonsai dengan kawat lilit

Cara membuat bonsai yang terakhir adalah dengan membentuk bonsai serut tersebut. Untuk membentuknya kamu perlu menyiapkan kawat lilit dari stainless steel atau kawat lainnya yang tidak mudah putus dan berkarat.

Gunakan kawat yang memiliki diameter 3 mm. Setelah itu, lilitkan kawat mulai dari bagian bonggol hingga ke bagian dahan-dahannya. Lilitkan kawat dengan kuat membentuk pola seperti yang kamu inginkan.

Lakukan ini secara hati-hati agar dahan dari bonsai serut yang kamu bentuk tidak patah. Setelah selesai, biarkan bonsai serut agar tumbuh dan mulai terbentuk sesuai dengan pola yang sudah dibentuk menggunakan kawat. Sebelum kawat-kawat dilepas, penting untuk memperhatikan proses perawatan bonsai.


Cara Merawat Bonsai Serut

Cara Membuat Bonsai Serut
Bonsai / Sumber: Wikipedia

Selain mengenali cara membuat bonsai, kamu tentunya juga perlu memahami perawatannya. Perawatan ini juga menjadi bagian cara membuat bonsai yang tak boleh dilewatkan. Berikut cara merawat bonsai:

Siram secara rutin

Cara merawat bonsai serut sama seperti tanaman lainnya. Siram bonsai serut dengan air secukupnya sekali sehari. Pastikan media tanam bonsai serut tetap lembap, namun tidak terllau basah.

Berikan pupuk

Selain memenuhi kebutuhan cairan untuk bonsai, cara merawat bonsai serut selanjutnya adalah memenuhi nutrisinya. Kamu bisa memberikan pupuk pada tanaman bonsai serut. Berikan pupuk secara hati-hati karena bonsai sangat sensitif dengan nutrisi berlebihan.

Tempatkan di ruangan dengan cahaya cukup

Mirip dengan tanaman tanaman bonsai lainnya, bonsai serut juga memerlukan sinar matahari secara tidak langsung pada proses awal penananam dan pembentukannya. Hal ini berguna untuk bonsai agar bisa berfotosintesis. Kalau bonsai serut sudah tumbuh cukup dewasa, kamu bisa meletakkannya langsung terkena sinar matahari.

Pemangkasan

Cara merawat bonsai serut yang paling utama yaitu pemangkasan daun. Pemangkasan daun bertujuan untuk merangsang tumbuhnya dain agar dapat tumbuh dengan lebih rimbun dan cepat.

Melindunginya dari Hama

Layaknya tanaman lainnya, bonsai serut mungkin akan menghadapi masalah terhadap hama dan penyakit tanaman. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa menyiapkan pestisida. Jenis hama yang biasa muncul pada bonsai serut adalah kutu daun yang bisa menyebabkan tumbuhnya cendawan jelaga. Hadirnya cendawan jelaga dapat menutupi pucuk daun bonsai serut yang mengakibatkan daun bonsai berubah menjadi hitam.

Untuk menghindarinya, kamu perlu menyemprotkan bonsai serut dengan insektisida dan fungisida secara berkala.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya