Macam-Macam Norma dalam Masyarakat, Pengertian, dan Fungsinya

Norma adalah aturan atau pedoman sosial yang berlaku dalam sebuah lingkungan.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 12 Jun 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2023, 15:30 WIB
Berkumpul dengan Support Group
Ilustrasi norma Credit: pexels.com/Jopwell

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam norma penting diketahui dalam kehidupan bermasyarakat. Norma adalah aturan atau pedoman sosial yang berlaku dalam sebuah lingkungan kehidupan. Dalam bersosialisasi, ada macam-macam norma yang harus dipatuhi.

Macam-macam norma terkait dengan sikap, perbuatan, dan tingkah laku yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam bermasyarakat. Macam-macam norma memiliki kekuatan sendiri untuk mengatur sebuah lingkungan sosial. Norma bekerja selaras bersama nilai dan moral dalam masyarakat. 

Macam-macam norma ini terbentuk karena adanya kebutuhan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antar masyarakat. Macam-macam norma pada akhirnya membentuk sebuah kebiasaan dalam masyarakat.

Berikut macam-macam norma, pengertian, dan fungsinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(23/02/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian norma

Norma
Ilustrasi Norma dalam Masyarakat Credit: unsplash.com/Jacek

Norma diyakini berasal dari bahasa Belanda yaitu 'norm', yang artinya patokan, pedoman, atau pokok kaidah. Beberapa literatur juga mengaitkan norma berasal dari istilah latin yaitu 'mos' yang merupakan bentuk jamak dari kata mores, yang memiliki arti tata kelakuan, adat istiadat, atau kebiasaan.

Menurut J Macionis norma adalah suatu aturan dan kumpulan harapan masyarakat agar dapat memandu tindakan atau perilaku para anggotanya. Hans Kelsen mendefinisikan norma sebagai perintah yang secara tidak personal serta anonim. Sementara Soerjono Soekano berpendapat bahwa, norma merupakan perangkat agar hubungan yang terjadi antar sesama dalam kehidupan bermasyarakat dapat terjalin dengan baik.

Norma adalah kaidah, aturan, atau pedoman sosial yang digunakan untuk mengatur sikap, perbuatan, dan tingkah laku yang boleh dan tidak boleh untuk di satu lingkungan.


Macam-macam norma dalam masyarakat: norma agama

Faktor yang Membangkitkan Semangat Nasionalisme
Ilustrasi Budaya Masyarakat Indonesia Credit: unsplash.com/Ruben

Norma agama adalah aturan-aturan hidup yang berupa perintah-perintah dan larangan-larangan, yang oleh pemeluknya diyakini bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Norma Agama mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan yang menjadi keprcayaannya. Ini bisa berupa larangan adan anjuran bagi pemeluknya.

Norma ini juga mengatur hubungan horizontal antara manusia dengan sesama manusia. Contoh norma agama seperti melaksanakan ketentuan agama, menjauhi larangan agama, dan menjalani ibadah.


Macam-macam norma dalam masyarakat: norma kesusilaan

Ilustrasi bersolidaritas
Macam-macam norma (dok. Pexels/Pixabay/Brigitta Bellion)

Norma kesusilaan adalah aturan-aturan hidup tentang tingkah laku yang baik dan buruk. Norma ini digambarkan sebagai 'bisikan' atau suara batin yang berasal dari hati nurani manusia. Norma kesusilaanadalah peraturan hidup yang dianggap sebagai suatu suara hati sanubari manusia.

Norma kesusilaan berfungsi mengatur hubungan manusia dalam hidup sosial agar manusia bersusila sesuai dengan tingkah laku yang diinginkan masyarakat. Contoh norma kesusilaan di antaranya adalah berkata jujur, tidak berbohong, tidak membunuh, menghargai orang lain, dan bersikap adil.


Macam-macam norma dalam masyarakat: norma kesopanan

Ilustrasi Orang Tua dan Anak. Unsplash/CDC
Ilustrasi Orang Tua dan Anak. Unsplash/CDC

Norma kesopanan adalah aturan hidup bermasyarakat tentang tingkah laku yang baik dan tidak baik baik, patut dan tidak patut dilakukan, yang berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat atau komunitas tertentu. Norma kesopanan mengatur hubungan manusia dngena manusialainnya agar tingkah laku manusia itu teratur dalam hubungan sosial di masyarakat.

Landasan dari norma kesopanan adalah kepantasan,kebiasaan, serta kepatuhan yang berlaku pada masyarakattersebut. Norma ini biasanya bersumber dari adat istiadat, budaya, atau nilai-nilai masyarakat.

Contoh norma kesopanan seperti bertutur kata yang baik, menghormati orang yang lebih tua, tidak meludah sembarangan, atau mengucapkan salam ketika masuk rumah.


Macam-macam norma dalam masyarakat: norma hukum

[Bintang] Ilustrasi Hukum
Ilustrasi Hukuman (Sumber Foto: Pexels)

Norma hukum adalah aturan-aturan yang dibuat oleh lembaga negara yang berwenang. Norma hukum bersifat mengikat dn memasksa demi terwujudnya ketertiban masyarakat. Norma hukum dibuat oleh pejabat pemerintahyang memiliki wewenang dengan tertulis serta sistematikatertentu.

Norma hukum berasal dari hukum positif yang ada disuatunegara atau territorial. Contoh norma hukum seperti hukum berlalu lintas, hukum jual beli, atau hukum hak asasi manusia. Dalam norma hukum ada sanksi yang tegas dan nyata dengan berbagai bentuk hukuman.


Macam-macam norma menurut sifatnya

ilustrasi berkumpul dengan keluarga saat buka bersama/pexels
ilustrasi norma/pexels

Norma formal

Norma formal adalah ketentuan dan aturan dalam kehidupan bermasyarakat serta dibuat oleh lembaga atau institusi yang sifatnya resmi atau formal. Norma formal mempunyai rasa kepercayaan yang lebih tinggi mengenai kemampuannya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat, hal ini karena dibuat oleh lembaga-lembaga yang sifatnya formal atau resmi.

Contoh norma formal adalah norma hukum yang dibuat oleh suatu negara. Ini seperti perintah presiden,konstitusi, peraturan pemerintah, surat keputusan, dan lain sebagainya.

Norma non formal

Norma non formal adalah ketentuan dan aturan dalamkehidupan bermasyarakat yang tidak diketahui tentang siapa dan bagaimana yang menerangkan mengenai norma tersebut. Ciri-ciri dari norma non formal ialah tidak tertulis atau jika tertulis hanya sebagai sebuah karya sastra, bukan dalam bentuk aturan yang baku seperti norma formal.


Fungsi norma dalam masyarakat

Pengertian Toleransi
Ilustrasi Persatuan Credit: pexels.com/people

Fungsi norma dan peranannya dalam kehidupan bermasyarakat antara lain:

- sebagai pedoman atau aturan hidup untuk seluruh masyarakat di wilayah tertentu.

- Dapat memberikan keteraturan dam stabilitas dalam kehidupan bermasyarakat.

- Dapat menciptakan suasana yang tertib.

- Fungsi norma yang merupakan wujud konkret terhadap berbagai nilai di masyarakat.

- Mengikat seluruh warga masyarakat, hal ini karena fungsi norma disertai dengan adanya sanksi bagi yang melanggar.

- Merupakan skala atau standar dari seluruh kategori tingkah laku masyarakat.

- Memberikan batasan yaitu berupa larangan atau perintah dalam berperilaku dan bertindak.

- Memaksa individu dalam menyesuaikan dan beradaptasi dengan norma-norma yang berlaku yang ada dalam masyarakat serta menyerap nilai-nilai yang diharapkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya