20 Cara Mengecilkan Pori-Pori Secara Alami, Cegah Kusam dan Jerawat

Pori-pori yang membesar membuat kulit tampak kusam.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 14 Jun 2023, 14:20 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 14:20 WIB
[Fimela] Pori-Pori Wajah
Ilsutrasi pori-pori wajah | unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan pori-pori dapat membantu menyehatkan kulit. Pori-pori adalah bukaan kecil di kulit yang mengeluarkan minyak dan keringat. Mereka juga terhubung ke folikel rambut. Terkadang, pori-pori yang membesar dan terbuka bisa menimbulkan masalah. Pori-pori yang membesar bisa disebabkan oleh jerawat, kulit berminyak, paparan sinar matahari, dan makeup non-komedogenik.

Semua jenis kulit, baik itu berminyak, normal, atau kering, dapat tampak memiliki pori-pori yang besar dan terbuka. Ini dapat membuat kulit tampak kusam, terutama jika tersumbat oleh kotoran, bakteri, minyak, atau sel kulit mati. Cara mengecilkan pori-pori menjadi jalan untuk mengencangkannya kembali.

Cara mengecilkan pori-pori membantu mencegah jerawat dan kulit kusam. Perawatan yang tepat dapat menjadi cara mengecilkan pori-pori. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan rumahan dalam cara mengecilkan pori-pori. Cara mengecilkan pori-pori perlu dilakukan secara rutin.

Berikut cara mengecilkan pori-pori dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(8/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara mengecilkan pori-pori

Skin care
Ilustrasi Pemakaian Skincare Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Gunakan skincare berbasis air

Untuk mengecilkan pori-pori, direkomendasikan menggunakan skincare bebas minyak, termasuk riasan berbahan dasar air. Produk berbasis minyak memang secara efektif melembapkan kulit tetapi mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit berminyak dan pori-pori besar. Minyak berlebih yang terkumpul di kulit bisa membuat pori-pori tampak lebih besar.

Cuci muka pagi dan malam hari

Mencuci wajah adalah perawatan kulit dasar. Cobalah untuk rutin mencuci muka dua kali sehari, atau lebih setelah banyak berkeringat atau berolahraga. Gunakan air hangat dan dengan lembut mengoleskan pembersih dengan jari bersih. Pilih pembersih lembut yang nonabrasif dan tidak mengandung alkohol. Hindari menggosok kulit dan tepuk-tepuk wajah hingga kering dengan handuk bersih.

Mencuci wajah setiap pagi dan sore hari membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori. Ini dapat membantu membuatnya kurang terlihat.


Cara mengecilkan pori-pori

Ilustrasi Wanita Cuci Muka
Ilustrasi Cuci Muka (iStockphoto)​

Gunakan sabun pencuci muka berbasis gel

Pembersih berbahan dasar gel cocok untuk orang dengan kulit berminyak yang ingin pori-porinya tidak terlalu terlihat. Sebaiknya hindari pembersih berbahan dasar minyak atau alkohol, karena dapat mengiritasi kulit. Pembersih berbasis gel membantu membersihkan minyak dari pori-pori, mengurangi tampilannya yang besar dan terbuka.

 Eksfoliasi

Jika kamu memiliki kulit berminyak, penting melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu. Ini untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih. Penting untuk tidak melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali seminggu, karena dapat mengeringkan kulit. Meskipun pengelupasan membantu menjaga pori-pori tidak tersumbat, pori-pori bisa terlihat lebih besar jika kulit menjadi terlalu kering.

Gunakan pelembap

Oleskan pelembap untuk membantu melembapkan dan melembutkan kulit. Menggunakan pelembap memungkinkan minyak dari kelenjar sebaceous menembus lebih dalam ke kulit, dan tidak tinggal di pori-pori di permukaan. Dengan cara ini, pelembap mencegah pori-pori tersumbat oleh minyak, sehingga mengurangi tampilannya.


Cara mengecilkan pori-pori

Rajin Membersihkan Wajah di Malam Hari Sebelum Tidur
Ilustrasi Membersihkan Kulit Wajah Credit: pexels.com/Linn

Bersihkan makeup sebelum tidur

Sangat penting untuk selalu menghapus makeup sebelum tidur. Jika dibiarkan semalaman, kosmetik dapat bercampur dengan kotoran, minyak, dan bakteri yang tersisa dari siang hari dan menyumbat pori-pori. Ini bisa membuat pori-pori terlihat lebih besar keesokan harinya.

Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari bisa mengeringkan kulit, membuat pori-pori tampak lebih besar. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Banyak juga pelembap mengandung tabir surya. Aplikasikan setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Selain menggunakan tabir surya, penting juga melindungi kulit dengan memakai topi bertepi lebar dan tetap di tempat teduh saat matahari terik.

Minum cukup air

Selain menggunakan produk yang tepat, hidrasi yang baik juga dapat bermanfaat bagi pori-pori dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Cukup minum air membantu melembapkan kulit dari dalam, menghilangkan racun dari pori-pori, dan memperbaiki warna kulit.


Cara mengecilkan pori-pori

Ilustrasi Es Batu
Ilustrasi es batu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Es batu

Es memiliki efek mengencangkan kulit. Ia membantu meminimalkan pori-pori yang membesar dan juga menstimulasi sirkulasi darah. Setelah membersihkan wajah, bungkus es batu dengan kain bersih dan oleskan pada area dengan pori-pori terbuka selama beberapa menit.

Clay mask

Menggunakan clay mask sekali atau dua kali seminggu membantu menghilangkan minyak tambahan dari pori-pori. Ini karena tanah liat atau clay menyerap sebum. Menghilangkan minyak tersebut dapat membantu mencegah pori-pori menjadi membesar dan membuatnya tidak terlalu terlihat.

Dianjurkan untuk menggunakan masker ini pada hari yang berbeda saat eksfoliasi kulit. Perawatan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi. Iritasi dapat menyebabkan pori-pori tampak membesar dan menimbulkan noda.

Lidah buaya

Melembapkan wajah dengan lidah buaya membantu mengecilkan pori-pori besar. Gel ini membersihkan dan menutrisi kulit serta menghilangkan minyak dan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Oleskan gel lidah buaya pada pori-pori dan pijat selama beberapa menit. Biarkan gel lidah buaya menempel di kulit selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air dingin.


Cara mengecilkan pori-pori

Yogurt
Khasiat yogurt untuk masker. (Foto: unsplash.com/Stage 7 Photography)

Yogurt

Yogurt mengencangkan pori-pori besar dan juga mengurangi noda pada kulit. Asam laktat yang ada di dalamnya bertanggung jawab atas efek pengencangan pori. Selain itu, asam laktat ini membantu menghilangkan sel-sel mati dan kotoran dari wajah. Oleskan yogurt ke bagian pori-pori yang membesar dan biarkan selama sekitar 20 menit. Bilas dengan air hangat setelahnya.

Tea Tree Oil

Sifat astringen tea tree oil membantu mengurangi ukuran pori-pori dan juga mengurangi tampilannya. Minyak esensial ini juga merupakan agen antimikroba. Tuang secangkir air ke dalam botol semprot, tambahkan 3-4 tetes tea tree oil, dan kocok rata. Simpan botol ini di lemari es. Setelah dingin, semprotkan sedikit air ini ke seluruh wajah. Biarkan air ini menguap secara alami.

Timun

Timun tidak hanya membantu dalam merawat pori-pori kulit terbuka tetapi juga memperbaiki tekstur kulit. Ini menenangkan dan menutrisi kulit. Timun juga memperlambat proses penuaan kulit, membuat kulit tampak lebih muda dan bercahaya.

Haluskan irisan mentimun dan tambahkan jus lemon ke dalamnya. Campur sampai merata. Oleskan masker ini pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.


Cara mengecilkan pori-pori

Ilustrasi Kunyit
Ilustrasi kunyit. (dok. FOODISM360/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri yang bisa membersihkan pori-pori Sifat anti-peradangannya mengurangi pembengkakan dan mengecilkan ukuran pori-pori. Campur masing-masih satu sendok makan kunyit dengan air hingga membentuk pasta halus. Oleskan pada pori-pori yang membesar dan biarkan selama sekitar 10 menit. Bilas dengan air setelahnya.

Tomat

Asam alami yang ada dalam tomat menyeimbangkan minyak alami di kulit dan mengencangkan pori-pori yang besar. Campur satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh madu. Gunakan sebagai masker wajah. Biarkan mengering selama 10 sampai 12 menit lalu bilas.

Madu

Antioksidan yang ada dalam madu akan membuat kulit tampak sehat dan muda sepanjang waktu. Ia bertindak sebagai astringent alami dan mengencangkan pori-pori besar yang terbuka, terutama yang terlihat di sekitar area hidung. Oleskan madu pada kulit dengan pori-pori besar. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Bilas kembali dengan air dingin.


Cara mengecilkan pori-pori

ilustrasi buah lemon untuk detoksifikasi/pexels
ilustrasi buah lemon]/pexels

Lemon

Air lemon memiliki karakteristik astringent. Ia membantu mengencangkan kulit dan menutup pori-pori. Kandungan asam sitratnya membantu melonggarkan dan memutus ikatan kimiawi kotoran dengan kulit, sehingga membantu membersihkan pori-pori. Encerkan jus lemon ke dalam air dengan perbandingan 1:1. Oleskan ke wajah menggunakan bola kapas. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas dengan air.

Cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal dapat membersihkan kulit dan juga mengecilkan pori-pori. Bahan ini berfungsi sebagai toner dan mengencangkan kulit. Cuka sari apel juga membantu mengurangi peradangan. Encerkan satu sendok makan cuka sari apel dengan dua sendok makan air. Celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan cuka pada wajah. Biarkan mengering lalu bilas dengan air.

Pepaya

Pepaya membantu mengencangkan dan mengecilkan pori-pori kulit. Pepaya sangat membersihkan kulit dengan menghilangkan kotoran dan tidak menyumbat pori-pori. Hancurkan beberapa potong pepaya dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya