8 Cara Menghilangkan Karat Sepeda, Bikin Kinclong Lagi

Cara menghilangkan karat sepeda ini bisa gunakan bahan alami.

oleh Laudia Tysara diperbarui 17 Jun 2023, 23:20 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2023, 23:20 WIB
Pastikan Kondisi Tubuh Prima
Ilustrasi Sepda | Credit: pexels.com/Immortal

Liputan6.com, Jakarta Memutuskan untuk memiliki sepeda pun harus mau merawatnya juga. Tak hanya memastikan setiap komponennya bekerja sesuai fungsinya. Akan tetapi, karat yang muncul di sepeda juga harus dibersihkan secara rutin, ya.

Karat sudah pasti akan muncul di sepeda dan mengganggu estetikanya. Maka dari itu, penting mengetahui cara menghilangkan karat sepeda. Sepeda pada umumnya terdiri dari beberapa komponen logam atau metal, hingga membuatnya rentan terkena karat, korosi, dan oksidasi.

Sebenarnya cara menghilangkan karat sepeda tak hanya menjaga fungsi estetika. Karat sepeda yang terus dibiarkan begitu saja juga lama kelamaan akan menyebar. Parahnya, bisa sampai mengganggu fungsi dari setiap komponen sepedanya.

Tak perlu khawatir akan sangat kerepotan mempraktikkan cara menghilangkan karat sepeda. Cara ini bisa dibilang sangat sederhana dan ampuh. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan. Jika harus membelinya pun, harganya murah meriah.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan karat sepeda dari berbagai sumber, Senin (5/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cuka dan Baking Soda

Ilustrasi baking soda | Kaboompics .com dari Pexels
Ilustrasi baking soda | Kaboompics .com dari Pexels

Cuka

Cuka putih bisa dipakai sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Cuka merupakan bahan yang cukup efektif untuk menghilangkan karat dari benda berbahan logam. Benda berbahan logam ini salah satunya sepeda.

Cuka putih bisa menghilangkan karat secara permanen. Praktiknya juga sangat mudah dan aman. Hanya perlu mengenali setiap sudut sepeda yang berkarat, lalu siapkan cuka putih yang cukup untuk menghilangkannya.

Rendam bagian sepeda yang berkarat dalam wadah cuka. Lepas dulu bagian sepeda ini dan biarkan semalaman. Setelah direndam dengan baik, angkat dari rendaman cuka dan gosok karat dengan sikat. Pastikan menggunakan sikat baja atau sikat kawat.

Jika merasa masih ada beberapa titik karat yang tersisa, bisa ulangi prosesnya. Lakukan perendaman ulang dengan waktu yang lebih lama. Jika karat sudah hilang dan sangat berkurang, bersihkan dengan sabun dan air. Setelah itu keringkan sampai bersih sampai tak tersisa cukanya.

Baking Soda

Baking soda bisa dipakai sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Baking soda ini cocok diterapkan pada bagian sepeda yang berbahan logam tipis. Praktiknya juga sangat sederhana dan ampuh.

Hanya perlu mencampurkan air dan baking soda. Aduk keduanya hingga membentuk pasta kental. Lalu oleskan pada bagian sepeda yang masih berkarat. Pastikan bahwa bintik-bintik berkarat tertutup dengan baik.

Biarkan pasta menempel pada objek selama satu jam atau lebih. Gunakan sikat kawat untuk menggosok bagian sepeda yang berkarat. Gosok hingga bagian sepeda yang berkarat hilang. Jika sudah, bilas pasta dengan air dan keringkan sampai bersih.


Lemon

Ilustrasi lemon | Pexels
Ilustrasi lemon | Pexels

Lemon dikenal sebagai bahan yang kaya zat asam. Zat asam yang dimiliki lemon juga dipercaya ampuh dipakai sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Hanya saja agar lebih maksimal bekerja, lemon harus dicampur dengan garam.

Teknik ini menggabungkan keasaman lemon dengan abrasivitas garam. Kedua bahan ini efektif untuk mengatasi bintik-bintik karat kecil pada sepeda. Praktikkan dengan menutupi bagian yang berkarat dengan garam. Jika sudah, peras jus lemon di atas lapisan garam.

Biarkan campuran garam dan lemon pada bagian yang berkarat selama sekitar dua jam. Gosok bagian sepeda berkarat dengan kulit lemon. Sementara jika bintik-bintiknya membandel, gunakan sikat kawat. Lalu bilas sisa lemon, garam, dan karat dengan air bersih. Jika sudah keringkan sampai bersih.


Minuman Soda

Ilustrasi minuman soda | Unsplash
Ilustrasi minuman soda | Unsplash

Minuman bersoda tak hanya sedap dikonsumsi. Minuman ini pun cocok dipakai sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Praktiknya juga sangat mudah dan aman, walaupun terbilang boros.

Tuangkan minuman soda pada sebuah wadah. Lalu rendam bagian sepeda yang berkarat ke dalam wadah. Diamkan hingga karat pada sepeda memudar. Tunggu dengan sabar sampai benar-benar hilang dan bersih.

Jika sudah, bersihkan bagian sepeda yang sudah direndam. Pastikan sebelum membersihkan, karatnya sudah bersih dan hilang. Bersihkan dengan kain lap basah agar tidak lengket karena soda. Lalu keringkan dengan kain yang lainnya.


Sabun Pencuci Piring

Sabun Pencuci Piring
Ilustrasi Sabun Cuci Piring | Credit: pexels.com/pixabay

Sabun cuci piring bisa dipakai sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Selain sepeda, sebenarnya sabun cuci piring ini cocok juga untuk bersihkan logam polos tanpa relief atau motif. Hanya saja, sabun cuci piring ini harus diberi tambahan kentang.

Kentang mengandung asam oksalat, yang sangat ampuh membantu memecah karat. Trik hilangkan karat dengan kentang ini sangat berguna dan tidak beracun. Selain sepeda, bisa dipraktikkan juga pada pisau dan peralatan rumah tangga lainnya.

Iris kentang menjadi dua dan tutupi bagian yang dipotong dengan sabun cuci piring. Gosok bagian yang berkarat dengan kentang. Gosok sampai karat pada sepeda benar-benar hilang. Jika sudah, bilas dan keringkan dengan baik. Lakukan dengan berulang jika karat masih berbekas.


Ampelas

Ilustrasi ampelas | Wikipedia
Ilustrasi ampelas | Wikipedia

Ampelas memang biasanya dipakai untuk menghaluskan permukaan benda. hal inilah yang menjadikan ampelas cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan karat sepeda.

Hanya perlu menggosokkannya dengan rata ke seluruh bagian karat sepeda. Siapkan ampelas yang lebih banyak jika karatnya sudah sangat parah. Cara menghilangkan karat ini memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra.

Perhatikan untuk tidak terlalu menekan ketika menggosok bagian berkarat. Proses menghilangkan karat dengan menekan hanya akan membuat bagian tersebut rusak. Ampelas ini terbilang cukup ampuh untuk menginclongkan bagian karat sepeda.


Asam Sitrat dan Solar

Ilustrasi Solar (Sumber: @gustavo-fring/pexels.com)
Ilustrasi Solar (Sumber: @gustavo-fring/pexels.com)

Asam Sitrat

Selain lemon, larutan asam sitrat cocok dipakai sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Larutan ini juga mudah sekali ditemukan di toko-toko biasa. misalnya saja seperti toko makanan, kesehatan, dan di supermarket. Asam sitrat bekerja ajaib ketika menghilangkan karat.

Campurkan air hangat dengan asam sitrat, rendam bagian sepeda berkarat selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah terendam, karat akan mulai melunak, gosok permukaan benda berkarat dengan sikat atau sabut untuk menghilangkan residu karat. Lakukan berulang jika karat membandel.

Solar

Solar memang bahan bakar yang baunya lebih menyengat dari bensin. Meski begitu, solar ini cocok digunakan sebagai cara menghilangkan karat sepeda. Tak hanya sepeda, tetapi juga benda lain yang terbuat dari besi dan logam.

Hanya perlu menyiapkan solar secukupnya. Kemudian cari bagian sepeda yang sudah berkarat dan perlu dibersihkan. Lalu lepas bagian sepeda tersebut dan rendam menggunakan solar.

Pastikan untuk lebih lama merendamnya. Jika bisa, diamkan semalaman agar terjadi reaksi lebih maksimal. Jika dirasa sudah cukup, angkat bagian sepeda berkarat. Lalu usap menggunakan sikat besi dan bersihkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya