Beda Koin dan Token pada Aset Kripto, Jangan Sampai Salah Sebut

Mata uang kripto sedang banyak dibicarakan.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 20 Jun 2023, 02:20 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 02:20 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Mata uang kripto sedang banyak dibicarakan. Kripto adalah salah satu jenis aset digital yang kini didalami banyak orang. Dua istilah yang sering disebut dalam kripto adalah koin dan token. 

Dalam dunia kripto, kadang orang menggunakan istilah "koin" untuk merujuk pada apa yang orang lain sebut "token", dan "token" untuk merujuk pada apa yang orang lain sebut "koin". Beberapa orang akan menggunakan salah satu nama untuk merujuk ke semua aset digital yang tersedia saat ini.

Faktanya adalah bahwa koin dan token sangat mirip pada tingkat fundamental. Keduanya mewakili nilai dan dapat memproses pembayaran. Namun sebenarnya, koin dan token kripto adalah objek yang berbeda.

Bisa dibilang, semua koin adalah token, tetapi tidak semua token dianggap koin. Pada tingkat dasar, perbedaan koin dan token kripto adalah pada kegunaannya. Berikut perbedaan koin dan token kripto, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(15/2/2022).


Apa itu koin kripto?

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Melansir Indiatimes, koin adalah mata uang kripto apa pun yang memiliki blockchain independen yang berdiri sendiri. Contoh koin kripto adalah Bitcoin, Ethereum, XRP, dan sejenisnya. Koin kripto beroperasi di blockchain. Ini artinya, blockchain melacak semua transaksi yang melibatkan koin kripto aslinya.

Misalnya, semua transaksi Ether dilakukan di blockchain Ethereum. Eter adalah token asli dari blockchain Ethereum. Setiap transaksi dienkripsi dan hanya dapat diakses oleh anggota jaringan.

Transaksi koin digital dapat dilakukan dari satu orang ke orang lain. Namun, tidak ada koin fisik yang bergerak saat Anda mengirim dan menerimanya. Semua "koin" ada sebagai data pada database global raksasa. Basis data ini (blockchain) melacak semua transaksi dan diperiksa serta diverifikasi oleh komputer di seluruh dunia.


Apa itu token kripto?

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Melansir Liquid, oken adalah mata uang kripto yang tidak memiliki blockchain sendiri tetapi hidup di blockchain lain. Token dibuat di blockchain yang sudah ada. Saat mereka hidup di blockchain lain, mereka mendapat manfaat dari teknologinya. Contoh token adalah Token ERC-20m Token Asix, dan sejenisnya.

Transaksi koin kripto ditangani oleh blockchain, sedangkan token bergantung pada kontrak pintar. Kontrak pintar adalah serangkaian kode yang memfasilitasi perdagangan antara dua pengguna. Setiap blockchain menggunakan beberapa kontrak pintar nomornya. Token lebih mudah dibuat dengan kontrak pintar di atas blockchain yang ada. Satu blockchain dapat menampung ribuan token.

Melansir Investopedia, token dapat digunakan untuk tujuan investasi, untuk menyimpan nilai, atau untuk melakukan pembelian. Token mewakili aset atau utilitas yang dapat dipertukarkan dan diperdagangkan.


Pembentukan koin dan token kripto

Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Melansir Gobankingrates, alam kebanyakan kasus, algoritme yang menjadi bahan bakar pabrik cryptocurrency ditulis untuk memberikan token ke komputer yang menambahkan transaksi ke blockchain. Proses itu dikenal sebagai penambangan. Penambang menggunakan perangkat keras khusus dan perangkat lunak terdesentralisasi publik cryptocurrency untuk menambahkan transaksi ke blockchain.

Sebagai imbalan untuk menyediakan pemeliharaan blockchain yang penting itu, penambang dibayar dalam token cryptocurrency baru. Sebagian besar koin atau token cryptocurrency dibuat dengan cara ini.

Token menempati sudut unik pasar cryptocurrency di mana mereka berfungsi sebagai token “utilitas” dalam ekosistem aplikasi untuk mendorong perilaku tertentu atau membayar biaya. Misalnya, jika token sedang dibuat di Ethereum, pembuatnya perlu mengeluarkan beberapa Eter untuk membuat penambang jaringan memvalidasi transaksi token (pembuatan).


Perbedaan koin dan token kripto

Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Melansir NDTV, berikut perbedaan koin dan token kripto:

Asal blockchain

Koin biasanya asli dari satu blockchain dan digunakan untuk memperdagangkan mata uang dan menyimpan nilai. Token sangat mirip, tetapi cenderung menggunakan blockchain koin lain. Ethereum misalnya, memiliki koin asli bernama Eter. Namun, beberapa token lain seperti BAT dan Loopring beroperasi di blockchain Ethereum.

Nilai

Perbedaan penting lainnya antara token dan koin adalah apa yang mereka wakili. Sementara koin kripto pada dasarnya adalah versi digital dari uang, token dapat mewakili aset atau perbuatan. Seseorang dapat membeli token dengan koin, tetapi beberapa token dapat membawa nilai lebih dari yang mana pun. Misalnya, saham perusahaan. Namun, karena biasanya ada batasan di mana pemilik dapat membelanjakan token, token tidak memiliki likuiditas yang ditawarkan koin. Sederhananya, token mewakili apa yang dimiliki, sementara koin menunjukkan apa yang mampu dimiliki.


Perbedaan koin dan token kripto

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Media pertukaran

Koin secara langsung mewakili media pertukaran yang diusulkan. Token, di sisi lain, mewakili aset. Token dapat disimpan untuk nilai, atau diperdagangkan dan dipertaruhkan untuk mendapatkan bunga. Beberapa contoh token adalah Uniswap, Chainlink dan Polygon.

Penanganan transaksi

Transaksi koin Crypto ditangani oleh blockchain dan token bergantung pada kontrak pintar untuk perdagangan.


Perbedaan koin dan token kripto

Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Perpindahan nilai

Ketika token dihabiskan, ia berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, NFT (no-fungible tokens) adalah item yang unik, sehingga perubahan kepemilikan harus ditangani secara manual. Koin tidak harus dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Semua transaksi dicatat di blockchain.

Tempat pertukaran

Melansir Ledger, koin perlu dipertukarkan satu sama lain melalui pertukaran mata uang kripto karena dibuat di atas protokol kode yang berbeda dan tidak standar. Sebaliknya, token pada Ethereum (misalnya, ERC-20) dapat dipertukarkan melalui aplikasi internal antara satu sama lain dengan gesekan minimal karena dibangun di atas protokol kode standar.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya