Fungsi Java di PC, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Java merupakan bahasa pemrograman web paling populer dan juga orientasinya pada objek yang dapat dijalankan pada segala jenis sistem operasi.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 27 Jun 2023, 10:40 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2023, 10:40 WIB
Fungsi Java di PC
ilustrasi komputer (Sumber: Unsplash) / Domenico Loia

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa fungsi Java di PC dalam pembuatan aplikasi. Java merupakan bahasa pemrograman web paling populer dan juga orientasinya pada objek yang dapat diajalankan pada segala jenis sistem operasi.

Hal ini dikarenakan perkembangan Java tidak hanya berfokus pada satu sistem operasi saja, tetapi dikembangkan untuk segala macam jenis sistem operasi dan bersifat open source.

Java juga merupakan Develompment Environment, yang artinya fungsi Java di PC berperan sebagai sebuah peralatan pembangun yang menyediakan banyak tools. Selain itu, fungsi Java di PC juga merupakan aplikasi serba guna yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment.

Sebagai pertimbangan sebelum menggunakan Java, ada baiknya kamu mengenal fungsi Java di PC. Berikut fungsi Java di PC yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/2/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Fungsi Java di PC

Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Pengamanan yang Cukup Ketat

Fungsi Java di PC pertama adalah sebagai pengamanan yang cukup ketat. Pengamanan pada jAva ada tiga lapis. Pengamanan ini dilakukan untuk melindungi sistem dari penyalahgunaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ketiga lapisan keamanan tersebut antara lain seperti:

Bytecode Verifier: Pengamanan ini dapat membaca bytecode sebelum akhirnya dijalankan sehingga menjamin bytcode dapat memenuhi aturan-aturan dasar pada bahasa Java.

Class Laouder: Class Louder ini menangani pemuaan kelas Java ke dalam runtime interpreter.

Management keamanan dalam menangani keamanan tingkat aplikasi dengan cara mengendalikannnya sehingga apakah program tersebut diperbolehkan mengakses sumber daya yang lain seperti port jaringan, sistem file, sistem window dan juga sistem filenya.

Bisa Digunakan pada Sistem Operasi Manapun

Fungsi Java di PC lainnya dapat digunakan pada sistem operasi manapun. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Jawva dapat berjalan pada komputer yang menggunakan sistem operasi apapun.

Hal ini bisa dilakukan karena bahasa Java termasuk Platform Independence. Selain itu, variable yang dimiliki Java mempunyai ukuran yang sama dalam semua platform.

Oleh karena itu, variable yang bertipe integer berukuran sama. Ketika dibuat sebuah file, maka file tersebut bisa dijalankan pada perangkat manapun.

Penggunaan Bahasanya Sederhana

Dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, Java bisa dibilang lebih sederhana. Hal ini bisa terjadi karena Java menggunakan sintaks yang bisa dibilang mirip dengan C++. Akan tetapi, sintaks yang ada pada Java lebih banyak yang diperbaiki.

Khususnya pada penggunaan pointer yang rumit serta bagian multiple inheritance. Selain itu, Java juga menggunakan fitur automatic memory allocation serta memory garbage collecion untuk lebih mempermudah pengerjaan.

Hanya Berfokus pada Objek

Bahasa pemrograman Java hanya fokus pada objek, sehingga ampuh dalam mengorganisasi serta pengembangan perangkat lunak. Ketika hanya fokus pada objek, program komputer dapat saling berkomunikasi dalam satu kelompok objek. Bahasa Java termasuk ke dalam contoh pemrograman berorientasi objek.

Menggunakan Sistem Exception-handling

Java juga memiliki mekanisme exception-handling yang bisa diandalkan. Exception-handling ini menyediakan cara untuk memisahkan anatar bagian penganan kesalahan dan bagian kode normal.

Dengan begitu kode tersebut dituntun ke strukstur kode program yang jauh lebih bersih. Apabila kesalahan ditemukan, maka Java akan membuat exception. Exception ini bisa ditangkap serta dikelola oleh program tanpa memberikan dampak yang lebih buruk.


Mengenal Fungsi Java di PC

Mendukung Native Method

Java juga mendukung native mehod atau sebuah fungsi yang ditulis di bahasa lain, khususnya C atau C++. Dengan adanya dukungan secara native method ini dapat memungkinkan programer menulis berbagai fungsi yang bisa dilakukan dengan cepat jika dibandingkan fungsi yang lain.

Ada Garbage Collector

Fungsi dari garbage collector mampu mengumpulkan “sampah” secara otomatis. Hal ini akan membuat programmer tidak perlu dibebani dengan adanya memori yang rusak. Java ini dapat menghilangkan keperluan aritmatika pointer yang bisa jadi membahayakan dan peluang terjadinya kesalahan juga tinggi.

Ada Fitur GUI

Grafical User Interface (GUI) merupakan salah satu fitur yang ada di dalam Java. Elemen dasar pada Java untuk terciptanya tampilan berbasis grafis ada dua macam yakni AWT dan juga Swing.

Abstract Windowing Toolkit (AWT) merupakan sebuah pustaka windowing yang bertujuan secara umum dan juga multiplatform. Sedangkan Swing adalah perbaikan dari kelemahan yang dimiliki AWT.

Punya Daftar Perpustakaan Lengkap

Bahasa Java mempunyai daftar perpustakaan yang cukup lengkap. Programmer dapat membuat suatu aplikasi sesuai dengan apa yang diinginkan. Perlu diperhatikan jika tidak semua bahasa pemrograman memiliki database yang diinginkan oleh programmer. Java menjadi populer juga karena ini.

Penyempurna dari C++

Bagi kamu yang terbiasa dengan bahasa pemrograman C++, kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan dengan bahasa pemrograman java. Sebab, pada Java gayanya sudah disesuaikan dengan C++. Bahkan dengan Java, kamu dapat memperluas kode-kode yang kamu inginkan dibandingkan melalui C++.


Kelebihan Java

Fungsi Java di PC
Ilustrasi (iStock)

Mudah Dikembangkan

Setelah mengenal fungsi Java di PC, kamu juga perlu mengenal kelebihan dan kekurangan Java. Salah satu kelebihan Java  adalah kemudahannya dalam hal pengembangan aplikasi. Hal ini tentu saja sangat membantu para programmer dan developer untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan aplikasi yang berbasis Java.

Bersifat Multiplatform

Kelebihan Java lainnya selain banyak diminati oleh para developer dan programmer, yaitu salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, atau dengan kata lain universal dan bisa digunakan dalam platform apapun.

Hal ini tentunya membuat  banyak sekali para pengembang aplikasi yang menggunakan basis bahasa pemrograman Java untuk membuat aplikasi yang diinginkannya.

Kemudahan Menyusun Script

Pemrograman Java bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Programmer dan developer ketika menyusun sebuah program harus menggunakan sebuah script agar program tersebut dapat berjalan.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, script tersebut akan lebih mudah untuk dibuat dan dipelajari, sehingga beberapa programmer pemula pun sudah bisa mengembangkan sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java.


Kekurangan Java

Penggunaan Memory yang Cukup Tinggi

Bahasa pemrograman Java menawarkan banyak sekali fitur yang luar biasa, mulai dari kemudahan dalam menyusun script, hingga fitur object oriented yang menjadi salah satu ciri khas dari bahasa pemrograman Java. Akan tetapi sayangnya, semua kelebihan tersebut harus dikompensasi dengan kebutuhan memory yang cukup besar.

Mudah Didekompilasi

Dekompilasi ini adalah pengambilan source code. Jadi, Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah megnalami dekompilasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya