Konsep Ketuhanan dalam Islam dan Dalilnya yang Perlu Diketahui Kaum Muslim

Ketuhanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sifat keadaan Tuhan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 08 Sep 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2023, 20:00 WIB
Konsep Ketuhanan dalam Islam dan Dalilnya yang Perlu Diketahui Kaum Muslim
Ilustrasi mesjid dengan tulisan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Foto: Abdullah Oguk/Unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta Konsep ketuhanan dalam Islam adalah salah satu konsep sentral dalam ajaran agama Islam. Hal ini lebih mengacu kepada keyakinan dasar umat Muslim tentang Allah SWT beserta dengan sifat-sifat-Nya.

Dalam ajaran Islam, umat Muslim hanya menyembah dan mempertuhankan Allah SWT, tiada lain selain Dia. Untuk itu, umat Muslim perlu mempunyai kesadaran tauhid dalam dirinya. Tauhid adalah keyakinan akan keesaan Allah SWT sebagai Tuhan yang telah menciptakan, memelihara, dan menentukan segala sesuatu yang ada di alam ini. 

Dengan mempelajari dan memahami konsep ketuhanan dalam Islam, maka kaum Muslimin akan semakin meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT dengan cara mengerjakan ibadah fardhu dan sunnah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai konsep ketuhanan dalam Islam dan dalilnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/9/2023).


Konsep Ketuhanan dalam Islam

Konsep Ketuhanan dalam Islam dan Dalilnya yang Perlu Diketahui Kaum Muslim
Ilustrasi Islam (Istimewa)

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Ketuhanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sifat keadaan Tuhan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan. Sedangkan Tuhan dalam bahasa arab disebut ilaah yang berarti dalam "Ma'bud" (yang disembah). Perkataan ilah, yang selalu diterjemahkan "Tuhan", dalam Al-Qur'an dipakai untuk menyatakan berbagai objek yang dibesarkan atau dipentingkan manusia.

Dalam konsep Islam, Ketuhanan disebut dengan menyembah Allah SWT dan meyakini bahwa Allah sebagai Maha Tinggi Yang Nyata dan Esa, Pencipta Yang Maha Kuat dan Maha Tahu, Yang Abadi, Penentu Takdir, dan Hakim bagi semesta alam. Islam menitikberatkan konseptualisasi Tuhan sebagai Yang Tunggal dan Maha Kuasa.

Agama Islam yang diturunkan Allah ta'ala kepada manusia melalui rasul-rasul-Nya, berisi hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Allah ta'ala, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta.

Konsep ketuhanan dalam Islam artinya adalah meyakini. menyembah, dan mempertuhankan Allah SWT, tiada lain selain Dia. Selain itu, Ketuhanan berarti tunduk kepadaNya, merendahkan diri di hadapanNya, takut dan mengharapkanNya, kepadaNya tempat berpasrah ketika berada dalam kesulitan, berdo'a dan bertawakkal kepadaNya untuk kemaslahatan diri, meminta perlindungan dari padaNya, dan menimbulkan ketenangan di saat mengingatNya dan terpaut cinta kepadaNya.


Dalil tentan Ketuhanan dalam Islam

Konsep Ketuhanan dalam Islam dan Dalilnya yang Perlu Diketahui Kaum Muslim
Ilustrasi Al-Qur’an Credit: freepik.com

Ada beberapa surat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang Ketuhanan dalam Islam, adalah sebagai berikut:

1. Surat Al-Ikhlas ayat 1-4

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.” (QS. Al-Ikhlas:1-4)

2. Surat Al-An’am ayat 1

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمٰتِ وَالنُّوْرَ ەۗ ثُمَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُوْنَ

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi, dan menjadikan gelap dan terang, namun demikian orang-orang kafir masih mempersekutukan Tuhan mereka dengan sesuatu."

3. Surat Ash-Shad ayat 65

قُلْ اِنَّمَآ اَنَا۠ مُنْذِرٌ ۖوَّمَا مِنْ اِلٰهٍ اِلَّا اللّٰهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya aku hanya seorang pemberi peringatan, tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, Maha Perkasa,"

4. Surat al-Insan ayat 30

وَمَا تَشَاۤءُوْنَ اِلَّآ اَنْ يَّشَاۤءَ اللّٰهُ ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيْمًا حَكِيْمًاۖ

Artinya: "Tetapi kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali apabila Allah kehendaki Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana."


Elemen Konsep Ketuhanan dalam Islam

Konsep Ketuhanan dalam Islam dan Dalilnya yang Perlu Diketahui Kaum Muslim
Ilustrasi Sholat Tasbih Credit: shutterstock.com

Berikut ini terdapat beberapa elemen konsep Ketuhanan dalam Islam yang perlu anda ketahui, yakni:

1. Kepercayaan kepada Allah yang Satu

Ajaran Islam menganut monoteisme ketat (Tauhid). Umat Islam meyakini bahwa hanya ada satu Allah yang Maha Kuasa, Maha Bijaksana, dan Maha Pengasih. Tidak ada yang setara dengan-Nya, dan tidak ada Tuhan selain-Nya. Ini dikenal sebagai Tauhid Rububiyyah (kepercayaan kepada Allah sebagai Pencipta dan Penguasa semesta).

2. Ketuhanan dalam Ibadah (Tauhid Uluhiyyah)

Konsep ini mengajarkan bahwa semua bentuk ibadah dan penghambaan harus hanya ditujukan kepada Allah. Umat Islam dilarang menyembah atau mengabdi pada sesuatu selain Allah, termasuk berhala, patung, atau makhluk lainnya. Ini mencakup shalat, puasa, zakat, dan ibadah-ibadah lainnya.

3. Sifat-sifat Allah

Islam mengajarkan berbagai sifat dan atribut Allah yang dinyatakan dalam Al-Quran dan Hadis. Beberapa sifat-sifat tersebut mencakup Rahman (Maha Pengasih), Rahim (Maha Penyayang), Al-Quddus (Maha Suci), Al-Hakim (Maha Bijaksana), dan sifat-sifat lain yang menunjukkan kekuasaan, kasih sayang, dan kebijaksanaan Allah.

4. Allah sebagai Pencipta

Islam mengajarkan bahwa Allah adalah Pencipta segala sesuatu di alam semesta. Tidak ada yang ada kecuali karena kehendak-Nya, dan Dia mengatur segala sesuatu dengan sempurna.

5. Pengabadian diri kepada Allah

Konsep ini mencakup pengabdian diri secara penuh kepada Allah dalam segala aspek kehidupan. Muslim diharapkan untuk hidup sesuai dengan ajaran agama, menjalankan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya.

6. Kepercayaan pada Hari Kiamat

Umat Islam meyakini bahwa ada Hari Kiamat di mana semua manusia akan dihidupkan kembali dan akan diadili oleh Allah atas perbuatan mereka di dunia. Orang-orang yang beriman akan mendapatkan pahala, sedangkan yang berdosa akan mendapatkan hukuman.

Konsep ketuhanan dalam Islam sangat penting karena menjadi dasar bagi seluruh ajaran dan praktik keagamaan. Keimanan kepada Allah, pengabdian kepada-Nya, dan mengikuti ajaran-Nya adalah prinsip-prinsip utama dalam hidup seorang Muslim. Selain itu, konsep ketuhanan dalam Islam juga mencerminkan hubungan yang mendalam antara manusia dan Allah, di mana manusia mencari petunjuk, pengampunan, dan rahmat-Nya dalam hidup mereka.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya