Cara Melakukan Passing Atas dan Passing Bawah pada Bola Voli, Kuasai Tekniknya

Passing merupakan upaya yang dilakukan pemain untuk mengoper bola ke teman tim.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 07 Okt 2023, 11:50 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2023, 11:50 WIB
Cara Melakukan Passing Atas dan Passing Bawah pada Bola Voli, Kuasai Tekniknya
Ilustrasi Bola Voli/Pixabay.com

Liputan6.com, Jakarta Cara melakukan passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli sangatlah penting untuk dikuasai. Hal ini karena passing atas dan passing bawah digunakan untuk mengatur serangan serta menghubungkan pemain depan dengan pemain belakang dalam permainan bola voli.

Teknik passing atas dan bawah pada bola voli harus dilakukan melalui beberapa tahap. Dengan melakukan teknik passing, maka kamu bisa mengoper bola voli ke anggota tim lainnya. Pada dasarnya, passing merupakan upaya yang dilakukan pemain untuk mengoper bola ke teman tim.

Selain itu, passing dalam olahraga voli digunakan untuk menahan, menerima, dan mengendalikan serangan. Untuk itu, anda sebagai pemain perlu menguasai cara melakukan passing atas dan passing bawah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara melakukan passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Passing dalam Permainan Bola Voli

Cara Melakukan Passing Atas dan Passing Bawah pada Bola Voli, Kuasai Tekniknya
Ilustrasi Bola Voli (en.ria.ru)

Melansir dari Cambridge Dictionary, passing adalah dalam olahraga menggambarkan tindakan menendang, melempar, atau memukul bola kepada seseorang di tim sendiri. Dalam permainan bola voli, arti passing adalah mengumpan bola kepada lawan dan kepada rekan setim. Melansir dari modul berjudul Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2016) yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada dua teknik passing dalam permainan bola voli.

Ada teknik passing atas (bola yang dioper dengan teknik passing cenderung mudah diterima dan sulit direbut lawan) dan ada teknik passing bawah (mengoper bola kepada rekan setim atau menerima servis untuk memberi umpan dan menahan serangan dari lawan).

Teknik passing atas dan bawah pada bola voli harus dilakukan melalui beberapa tahap. Dengan melakukan teknik passing, maka kamu bisa mengoper bola voli ke anggota tim lainnya. Pada dasarnya, passing merupakan upaya yang dilakukan pemain untuk mengoper bola ke teman tim. Selain itu, passing dalam olahraga voli digunakan untuk menahan, menerima, dan mengendalikan serangan.

Teknik passing akan memberikan kontribusi kepada tim dengan maksimal, apabila penerapannya dilakukan secara benar. Untuk melakukan kedua passing tersebut, kamu harus memahaminya dengan baik. Selain itu, pemain juga harus sering mengasahnya dengan berlatih secara rutin agar lebih menguasainya.


Teknik Passing Atas dalam Permainan Bola Voli

Cara Melakukan Passing Atas dan Passing Bawah pada Bola Voli, Kuasai Tekniknya
Ilustrasi bermain bola voli. (Photo by Pavel Danilyuk from Pexels)

Dikutip dari buku Modul Ajar PJOK oleh Frendi Adi Pratama, menjelaskan Teknik passing atas voli merupakan gerakan memberi bola dengan mendorongnya lewat kedua tangan saat bola berada di atas kepala. Umumnya, teknik passing ini digunakan untuk memberikan umpan kepada spiker untuk melakukan serangan. Teknik passing atas juga bisa digunakan untuk mengarahkan bola ke area lawan. Berikut ini adalah cara melakukan teknik passing atas dalam permainan bola voli, yakni:

  1. Berdiri dengan sikap tubuh siap untuk meregangkan kedua kaki hingga selebar bahu.
  2. Tekuk sedikit kedua lutut, sehingga badan merendah hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.
  3. Saat bola datang, secepatnya tempatkan tubuh di bawah bola.
  4. Ketika bola sudah sampai ke atas badan, tekuk bagian siku atau pergelangan tangan. Kemudian, posisi tangan sedikit berada di atas dahi. Jari-jari kedua tangan diregangkan.
  5. Saat perkenaan, dorong bola hingga melambung.
  6. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras atau lemahnya bola.
  7. Akhir gerakan, tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong.

Teknik dasar passing atas bola voli tersebut memang akan terasa sulit untuk pemain yang masih berstatus pemula. Butuh penyesuaian serta latihan secara rutin agar kita bisa menguasai setiap gerakan dan terhindar dari kegagalan.


Teknik Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli

Cara Melakukan Passing Atas dan Passing Bawah pada Bola Voli, Kuasai Tekniknya
Ilustrasi permainan bola voli (Photo by Pavel Danilyuk: https://www.pexels.com/photo/a-woman-in-sports-wear-serving-the-ball-6203523/)

Passing bawah merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli. Teknik ini digunakan untuk menerima servis, menerima spike, memukul bola setinggi pinggang ke bawah dan memukul bola yang memantul dari net.

Passing bawah merupakan awal dari sebuah penyerangan dalam bola voli. Keberhasilan penyerangan tergantung dari baik buruknya passing bawah. Apabila bola yang dioperkan jelek, maka pengumpan akan mengalami kesulitan untuk menempatkan bola yang baik untuk para penyerang. Berikut tahap-tahap dalam melaksanakan passing bawah, yaitu:

1. Persiapan

  1. Bergerak ke arah bola dan atur posisi tubuh.
  2. Genggam jari tangan.
  3. Kedua tungkai merenggang santai, bahu terbuka lebar.
  4. Tekuk lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah.
  5. Bentuk landasan dengan lengan.
  6. Ibu jari sejajar, siku terkunci.
  7. Lengan sejajar paha, punggung lurus.
  8. Pandangan ke arah bola.

2. Pelaksanaan

  1. Terima bola di depan badan.
  2. Kaki sedikit diulurkan, lengan jangan diayunkan.
  3. Alihkan berat badan ke depan.
  4. Pukul bola jauh dari badan, gerakkan landasan ke sasaran.
  5. Pinggul bergerak ke depan.
  6. Perhatikan saat bola menyentuh lengan.

3. Gerakan Lanjutan

  1. Jari tangan tetap digenggam, siku tetap terkunci.
  2. Landasan mengikuti bola ke sasaran.
  3. Lengan sejajar di bawah bahu.
  4. Pindahkan berat badan ke arah sasaran.
  5. Perhatikan bola bergerak ke sasaran.

Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat melakukan passing bawah dalam permainan bola voli antara lain:

  1. Ketika menerima bola lengan terlalu tinggi, kemudian lanjutan lengan berada di atas bahu.
  2. Tubuh terlalu rendah karena pinggang ditekuk sehingga operan terlalu rendah dan kencang. Seharusnya yang ditekuk adalah lutut.
  3. Lengan terpisah sesaat, sebelum, pada saat, atau sesaat sesudah menerima bola.
  4. Bola mendarat di lengan daerah siku.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya