60 Kata-Kata Al-Qur’an Menyentuh Hati dan Inspiratif, Bisa Jadi Penuntun Hidup

Al-Qur'an adalah kitab suci utama dalam agama Islam yang berisi firman-firman Allah SWT dan menjadi pedoman hidup bagi umat Muslim.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 11 Jan 2024, 17:40 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2024, 17:40 WIB
60 Kata-Kata Al-Qur’an Menyentuh Hati dan Inspiratif, Bisa Jadi Penuntun Hidup
Ilustrasi Al-Qur'an. (Photo by GR Stocks on Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata Al-Qur’an menyentuh hati bisa menjadi penuntun umat Muslim dalam menjalani kehidupan. Al-Qur'an adalah kitab suci utama dalam agama Islam yang berisi firman-firman Allah SWT dan menjadi pedoman hidup bagi umat Muslim.

Pada setiap ayat dari kitab suci Al-Qur’an terkandung banyak pelajaran hidup serta hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari aqidah, ibadah, akhlak, hingga hubungan antar sesama semua.

Ada banyak kata-kata Al-Qur’an menyentuh hati yang bisa kamu jadikan inspirasi dan motivasi untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik. Bahkan kata-kata Al-Qur’an menyentuh hati juga dapat menenangkan hati dan memberikan ketenangan pada jiwa.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai kata-kata Al-Qur’an menyentuh hati dan inspiratif yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kata-kata Al-Qur’an yang Menyentuh Hati

60 Kata-Kata Al-Qur’an Menyentuh Hati dan Inspiratif, Bisa Jadi Penuntun Hidup
Ilustrasi membaca Al-Qur'an. (Foto oleh Alena Darmel: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-gadis-duduk-dalam-ruangan-8164742/)
  1. “Maka jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu.” – (QS. Fatir: 5)
  2. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – (QS. Al-Insyirah: 5-6)
  3. “Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar.” – (QS. Ar-Rum: 60)
  4. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)
  5. “Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya.” - (QS. Al-Ahzab: 41)
  6. “Sesungguhnya Tuhanku amat dekat lagi memperkenankan (doa hamba-Nya).” – (QS. Hud: 61)
  7. “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” – (QS. Huud: 114)
  8. “Dan bertawakallah kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pemelihara.” – (QS. Al-Ahzab: 3)
  9. “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.” – (QS. Ali Imran: 173)
  10. “Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.” – (QS. Al-Baqarah: 83) 
  11. “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” –(QS. An-Nahl: 128)
  12. “Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” – (QS Asy-Syuura: 43)
  13. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” – (Al-Baqarah: 286)
  14. “Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” – (QS. Al-Alaq: 14)
  15. “Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku.” – (QS. Asy-Syu’ara: 80)
  16. “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” – (QS. Ali Imran: 159)
  17. “Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” – (QS. Hud: 90)
  18. “Dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” – (QS. Al-Baqarah: 195)
  19. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)
  20. “Allah berfirman: “Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat”. – (QS. Thaha: 46)

Kata-kata Menyentuh Hati dari Al-Qur’an

60 Kata-Kata Al-Qur’an Menyentuh Hati dan Inspiratif, Bisa Jadi Penuntun Hidup
Ilustrasi kitab suci, Islam, Al-Qur'an. (Photo Copyright by Freepik)
  1. “Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” – (QS. Al-Mulk: 3)
  2. “Dan barangsiapa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian dia tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memikul suatu kebohongan dan dosa yang nyata.” – (QS. An-Nisa’: 112)
  3. “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” – (QS. Al-Qashash: 77)
  4. “Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.” – (QS. Fushshilat: 34)
  5. “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” – (QS. Az-Zumar: 10)
  6. “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” – (QS. Al-Zalzalah: 7)
  7. “Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah”. – (QS. Al-Kahfi: 23-24)
  8. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” – (QS. Luqman ayat 14) 
  9. “Wahai orang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik agar kamu selalu ingat.” – (QS. An-Nur: 27)
  10. “Siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.” – (QS. An-Nur: 52)
  11. “Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka.” – (QS. An-Nazi’at: 40-41)
  12. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.” – (QS. Al-Hujurat: 13)
  13. “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Dia mengira bahwa hartanya dapat menyelamatkannya.” – (QS. Al-Humazah: 1-3)
  14. “Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” – (QS. At-Talaq: 4)
  15. “Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” – (QS. Al-Alaq: 14)
  16. “dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezeki.” – (QS. Al-Jumu’ah: 11)
  17. “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” – (QS. Al-Ankabut: 45)
  18. “Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.” – (QS. Al-Baqarah: 45)
  19. "Allahlah pelindung orang-orang yang beriman, Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya." (Q.S. Al-Baqarah: 257)
  20. "Allah bermaksud memberikan kemudahan bagi kamu, dan tidak bermaksud memberikan kesukaran bagimu." (Q.S. Al-Baqarah: 185)

Kata-Kata Al-Qur’an yang Menginspirasi

60 Kata-Kata Al-Qur’an Menyentuh Hati dan Inspiratif, Bisa Jadi Penuntun Hidup
Ilustrasi kitab suci, Islam, Al-Qur'an. (Photo Copyright by Freepik)
  1. “Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikit pun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri.” (Q.S Yunus: 44)
  2. “Tetapi kalian lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat lebih baik dan lebih kekal.” (Q.S Al-A'la: 16-17)
  3. "Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tidak ada yang berputus asa dari rahmat Allah, kecuali orang-orang yang kafir." (QS. Yusuf: 87)
  4. “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S Al-Insyirah: 5-6)
  5. “Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (Q.S At-Talaq: 4)
  6. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Al-Baqarah: 286)
  7. “Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?.” (Q.S Al-Alaq: 14)
  8. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih.” (QS. Ibrahim: 7)
  9. “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” (Q.S Al-Ankabut: 45)
  10. “Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Q.S Al-Hadid: 4)
  11. “Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.” (Q.S Ibrahim: 39)
  12. “Dan tidak ada kesuksesan bagiku melainkan atas (pertolongan) Allah.” (Q.S Huud: 88)
  13. “Sesungguhnya kami milik Allah, dan kepada-Nya lah kita semua kembali.” (Q.S Al-Baqarah: 156)
  14. “Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk.” (Q.S Ad-Duha: 7)
  15. “Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: ‘Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi. kecuali (dengan menyebut): Insya Allah’.” (Q.S Al-Kahfi: 23-24)
  16. "Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap berdiri di tempatnya, padahal dia berjalan seperti awan berjalan." (Q.S An-Naml: 88)
  17. "Mudah-mudahan Allah menimbulkan kasih sayang antaramu dengan orang-orang yang kamu musuhi di antara mereka. Dan Allah adalah Maha Kuasa. Dan Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang." (Q.S Al-Mumtahanah: 7)
  18. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Q.S Ar-Ra’d: 11)
  19. "Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah adalah benar." (Q.S. Ibrahim: 10)
  20. "Dan barang siapa yang mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan, sedangkan ia beriman, maka mereka itu akan masuk surga dan mereka tidak akan dianiaya sedikit pun." (QS. An-Nisa: 124)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya