Apa Air Desa MPLS? Cek Juga Daftar Jawaban Teka-teki MPLS Lainnya

Apa arti air desa untuk MPLS?

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 09 Jul 2024, 12:55 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 10:45 WIB
Ilustrasi anak sekolah (freepik)
Ilustrasi anak sekolah (freepik)

Liputan6.com, Jakarta Saat memasuki tahun ajaran baru, para peserta didik baru akan menghadapi serangkaian kegiatan pengenalan sekolah yang dikenal sebagai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS. Salah satu hal menarik dalam kegiatan ini adalah adanya petunjuk yang mengharuskan peserta didik membawa barang tertentu, seperti air desa. Bagi yang baru pertama kali mendengar istilah ini, tentu akan timbul pertanyaan, apa sebenarnya yang dimaksud dengan air desa MPLS?

Petunjuk tersebut tidak sesederhana yang terlihat. Air desa MPLS bukanlah air yang secara harfiah berasal dari desa. Petunjuk ini mengandung makna tersirat yang harus dipecahkan oleh para peserta didik. Oleh karena itu, memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan air desa MPLS menjadi kunci untuk membawa barang yang tepat sesuai dengan arahan kegiatan.

Kegiatan MPLS memang dirancang untuk menguji kreativitas dan kemampuan berpikir peserta didik baru. Menguraikan jawaban dari teka-teki seperti air desa MPLS adalah bagian dari tantangan yang harus mereka selesaikan. Jadi, bagi kalian yang penasaran dengan apa sebenarnya air desa MPLS, bersiaplah untuk mengungkap jawabannya dan memahami barang apa yang harus dibawa saat MPLS nanti.

Berikut penjelasannya, yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (9/7).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Arti Air Desa dalam Teka-Teki MPLS

Ilustrasi anak sekolah, SD
Ilustrasi anak sekolah, SD. (Photo by Syahrul Alamsyah Wahid on Unsplash)  

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. Selain itu, tujuan MPLS juga sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut.

Salah satu tradisi dalam MPLS adalah memberikan petunjuk atau teka-teki kepada peserta didik baru untuk membawa barang tertentu. Salah satu teka-teki yang sering muncul adalah 'air desa'. Istilah ini mungkin terdengar aneh dan membingungkan bagi sebagian besar peserta didik baru. Namun, petunjuk ini sebenarnya memiliki makna yang cukup sederhana dan kreatif.

Dalam konteks MPLS, 'air desa' bukanlah air yang secara harfiah berasal dari desa. Petunjuk ini mengandung permainan kata yang harus dipecahkan oleh peserta didik. Menurut buku Lia Mulyati, 'air desa' merujuk pada air mineral botol dengan merek Ades. Dengan kata lain, peserta didik baru diharapkan membawa air mineral dengan merek Ades saat mengikuti kegiatan MPLS. Teka-teki ini bertujuan untuk menguji kreativitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, serta menambah unsur kesenangan dan tantangan dalam proses pengenalan lingkungan sekolah.

Melalui kegiatan seperti ini, MPLS bukan hanya sekadar perkenalan dengan lingkungan sekolah, tetapi juga melatih kemampuan problem solving dan adaptasi siswa. Mereka belajar untuk memperhatikan petunjuk dengan cermat, berpikir di luar kotak, dan menemukan solusi yang kreatif. 

Hal ini sejalan dengan tujuan MPLS yang ingin mengembangkan ketahanan mental dan kedisiplinan, serta mempererat hubungan sosial di antara siswa baru. Jadi, teka-teki 'air desa' adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara yang menarik dan mendidik.


Daftar Teka-Teki MPLS Beserta Jawabannya

Dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), siswa baru sering kali dihadapkan pada berbagai teka-teki yang kreatif dan menantang. Selain petunjuk 'air desa' yang merujuk pada air mineral merek Ades, terdapat banyak petunjuk lain yang harus dipecahkan oleh siswa. Berikut adalah beberapa contoh teka-teki MPLS beserta jawabannya:

  1. Makanan Pelancong: Snack Tourist
  2. Telur Garuda: Snack Pilus
  3. Ayam Selimut: Ayam Goreng Tepung
  4. Bakal Ayam: Telur
  5. Bantal Sobek Isinya Tanah Liat: Roti Sobek Isi Coklat
  6. Roti Sundel Bolong: Donat
  7. Penyihir Pasir: Sandwich
  8. Sayur Besi: Bayam
  9. Batu Banda Belanda: Oncom
  10. Batu Bata Italy: Tango
  11. Roti Ngomong: Breadtalk
  12. Minuman Spiritus: Pepsi Blue
  13. Bantal Tepung Terigu: Roti Bantal
  14. Nasi Lapangan Hijau: Nasi Pakai Sayur
  15. Gelas Isi Rambut: Mie Gelas
  16. Batu Manis Nigeria: Gula Jawa
  17. Sayur Stempel: Capcay
  18. Stik Cenat Cenut: Sosis So Nice
  19. Snack 3 Saudara: Tini Wini Biti
  20. Cahaya Matahari yang Mencair: Sabun Sunlight
  21. Minuman Mrs. Universe: UC 1000
  22. Pelicin Kucing: Kitkat
  23. Minuman Wilayahku: Mizone
  24. Biskuit 3 Cara: Oreo
  25. Kecap Kebangsaan: Kecap Nasional
  26. Buah Cium Matahari: Jeruk Sunkist
  27. Triplek Isi Pasir: Cracker
  28. Pulpen Terbang: Pulpen Pilot
  29. Susu Macan: Milkuat
  30. Pisang 1 Sisir: Pisang sama Sisir

Dengan memahami dan memecahkan teka-teki ini, peserta didik dapat lebih siap dan merasa lebih nyaman dalam menjalani MPLS serta beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya