Pahami Siklus Menstruasi dengan 7 Gejala Awal Ini, Jangan Sampai Salah

Mengenal tanda-tanda menstruasi bertujuan agar kamu bisa mempersiapkan diri secara fisik dan emosional.

oleh Miranti diperbarui 24 Jul 2024, 13:48 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 13:48 WIB
Ilustrasi siklus menstruasi
Ilustrasi siklus menstruasi. (Image by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Menstruasi adalah fenomena alami dalam siklus reproduksi wanita. Setiap bulan, tubuh wanita mengalami perubahan hormonal yang mempersiapkan dirinya untuk potensi kehamilan. Namun, jika kehamilan tak terjadi, lapisan rahim akan luruh dan keluar dari tubuh sebagai darah menstruasi.

Seiring dengan mendekatnya masa haid, banyak wanita mengalami perubahan fisik yang menjadi petunjuk awal datangnya menstruasi. Beberapa gejala umumnya adalah payudara yang lebih lembut atau bengkak, kram perut yang tak terelakkan, serta munculnya jerawat yang mengganggu.

Mengetahui tanda-tanda mendekatnya haid dapat membantu kita lebih siap secara fisik dan emosional menghadapinya. Berikut adalah beberapa tanda umum yang sering dirasakan oleh wanita menjelang periode menstruasi yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Perubahan Mood

galau bingung kesal marah mood swing
Gambaran seorang wanita yang tampak murung dan penuh kesedihan, diilustrasikan oleh Treerat Wongvorapat melalui karya seninya yang memukau.

Salah satu indikasi yang paling umum menandakan kedatangan haid adalah perubahan suasana hati. Mungkin saja kamu merasa lebih sensitif secara emosional, mudah tersinggung, atau merasa sedih tanpa alasan yang jelas. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi hormon, terutama estrogen dan progesteron, yang mempengaruhi zat pengirim pesan di otak seperti serotonin. 


2. Kram Perut atau Dismenore

nyeri haid
Gambaran Rasa Tidak Nyaman Saat Menstruasi/copyright shutterstock.com/Kmpzzz

Ketika menstruasi menghampiri, banyak wanita yang mengalami kram perut atau disebut juga dengan dismenore. Kram ini adalah gejala umum yang dirasakan sebelum dan selama menstruasi. Penyebabnya adalah kontraksi rahim yang membantu meluruhkan lapisan rahim. Rasa sakit ini bisa bervariasi, mulai dari yang ringan hingga yang sangat parah, dan biasanya terasa di bagian bawah perut.

 


3. Kelelahan

perempuan bekerja
Gambaran seorang perempuan yang telah kelelahan akibat bekerja tanpa henti/copyright oleh fizkes (Shutterstock).

Kelelahan seringkali datang menjelang haid, menjadi tanda yang tidak bisa diabaikan. Perubahan hormon dalam tubuh dapat membuat energi kita terpengaruh dan membuat kita merasa sangat lelah. Selain itu, saat menstruasi, kita kehilangan darah yang dapat menyebabkan penurunan kadar zat besi dalam tubuh, yang pada akhirnya juga berdampak pada kelelahan yang dirasakan.

 


4. Nyeri pada Payudara

Nyeri Payudara saat Menstruasi
Nyeri Payudara saat Menstruasi

Nyeri pada payudara juga merupakan tanda lain yang sering muncul sebelum haid. Payudara akan terasa lebih sensitif atau bahkan nyeri. Hormon estrogen membuat saluran susu di dalam payudara membesar, sedangkan progesteron menyebabkan kelenjar susu membengkak. Kombinasi dari kedua hormon ini dapat menyebabkan perasaan penuh dan nyeri pada payudara.


5. Perubahan Nafsu Makan

Kenali Ragam Gangguan Nafsu Makan Pada Remaja
Gangguan makan yang dialami remaja berasal dari beberapa akibat

Selain itu, ada juga perubahan nafsu makan yang dialami oleh banyak wanita menjelang haid. Beberapa mungkin merasa lebih lapar dari biasanya, sementara yang lain mungkin memiliki keinginan khusus untuk makan makanan tertentu, terutama yang manis atau asin.

Perubahan ini terkait dengan perubahan hormon yang mempengaruhi pusat nafsu makan di otak. Jadi, saat menjelang menstruasi, perubahan nafsu makan yang bisa membuat kita ingin makan lebih banyak atau memiliki keinginan khusus terhadap makanan tertentu.


7. Munculnya Jerawat

Membantu Mengatasi Masalah Jerawat
Ilustrasi Kulit Wajah Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Ketika wajahmu muncul lebih jerawat yang lebih banyak dari biasanya, bisa saja hal ini disebabkan karena tubuhmu mengalami tanda-tanda haid akan segera datang. Karena saat haid, hormon di dalam tubuh akan berubah dan memicu munculnya jerawat.


7. Sering Mengantuk

Efek Samping Obat
Inilah 5 Penyebab Mudah Merasa Ngantuk/copyright shutterstock/Blue Titan

Sering mengantuk dan muncul rasa malas, bisa disebabkan karena perempuan mengalami tanda awal haid. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon dan rasa nyeri, yang menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah. 

Mengetahui tanda-tanda bahwa haid akan segera datang dapat membantu kita untuk lebih siap dan mengelola gejala dengan lebih baik. Jika gejala yang kita alami sangat mengganggu atau tidak biasa, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya