7 Cara Efektif untuk Mengatasi Iri Hati dan Membandingkan dengan Orang Lain

Berikut adalah cara untuk tidak perlu merasa cemburu dengan kesuksesan orang lain.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 01 Okt 2024, 21:54 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 21:54 WIB
karakter zodiak
Foto oleh alexandra lammerink di Unsplash menggambarkan kepribadian perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Iri hati dan kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain adalah fenomena yang umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Terutama di era digital saat ini, di mana media sosial sering kali menampilkan momen-momen terbaik dari kehidupan orang lain, perasaan iri dan perbandingan dapat dengan mudah muncul.

Kondisi ini tidak hanya mengganggu ketenangan pikiran, tetapi juga dapat merusak kesehatan mental dan hubungan sosial. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan cara-cara yang efektif untuk mengatasi perasaan ini agar dapat menjalani hidup dengan lebih bahagia dan penuh rasa syukur. Mengubah kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengelola rasa iri.

Dengan fokus pada diri sendiri dan menghargai pencapaian pribadi, seseorang dapat mulai melihat kehidupan dari perspektif yang lebih positif. Dalam artikel ini, akan dibahas tujuh cara efektif untuk mengatasi iri hati dan perbandingan, yang dapat membantu menjalani hidup dengan lebih bahagia dan memuaskan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pahami Penyebab Perasaan Iri

ekspresi santai bahagia kalem tenang
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by DO CIN

Cara pertama untuk mengelola rasa iri adalah dengan mengidentifikasi asal-usul rasa iri tersebut. Cari tahu apa yang menyebabkan rasa iri dan akar masalahnya. Apakah itu disebabkan oleh kegagalan yang pernah dialami? Apakah rasa iri muncul karena merasa tidak adil karena perbedaan nasib? Atau apakah karena kebiasaan suka membandingkan diri dengan orang lain?

Atau mungkin ada alasan lainnya. Mengenali sumber rasa iri akan membantu anda menemukan solusinya. Cobalah untuk tidak memiliki harapan yang terlalu tinggi atau menilai diri sendiri terlalu keras. Tetaplah berjalan di jalurmu sendiri.


2. Meningkatkan Rasa Syukur

karakter zodiak
Foto oleh Hải Nguyễn dari Pexels menampilkan seorang wanita yang senang.

Lebih baik fokus pada rasa syukur dan menghargai apa yang dimiliki saat ini daripada mengharapkan memiliki apa yang dimiliki orang lain. Meskipun sulit untuk melatih rasa syukur ketika pikiran negatif menguasai, langkah awal bisa dimulai dengan mengakui kekurangan diri sendiri dan melihat apa yang sudah dilalui selama ini. Seringkali sudah memiliki lebih dari cukup untuk diri sendiri saat ini, hanya saja nafsu dan rasa serakah yang mendorong untuk menginginkan lebih.


3. Meningkatkan Pemahaman Tentang Diri Sendiri

karakter zodiak
Gambaran kepribadian perempuan dalam ilustrasi/Photo by Conner Ching on Unsplash.

Diperlukan kesadaran diri agar hidup tidak selalu menginginkan lebih dan menuruti nafsu yang tak ada habisnya, meskipun orang lain mungkin telah mencapai kesuksesan dan memiliki berbagai keterampilan serta kelebihan karena usaha keras yang telah mereka lakukan sejak lama. Terdapat perjalanan yang mungkin harus dihadapi, yang tidak kamu ketahui, atau mungkin memang takdirmu untuk mendapatkan lebih. Kondisi ini tidak berarti bahwa kamu kurang atau tertinggal, tetapi kesadaran ini yang perlu dikembangkan.


4. Menginspirasi Diri untuk Menjadi Lebih Baik

zodiak perempuan bahagia
Gambar ini dibuat oleh katemangostar di www.freepik.com, menampilkan seorang wanita yang sedang bahagia.

Ubahlah rasa iri menjadi inspirasi. Ini akan sangat membantu untuk membangun semangat positif di dalam dirimu. Rasa iri yang kamu rasakan mungkin bisa menjadi doronganmu untuk mencoba lagi, berusaha lebih baik, atau menguatkan tekadmu untuk mencapai impian. Rasa cemburu atau iri ini bisa menjadi motivasimu untuk tidak menyerah pada keinginanmu. Jika mereka bisa, mengapa kamu tidak bisa? Kamu perlu berjuang sekeras mereka agar bisa sukses seperti mereka.


5. Berpusatlah pada Keunggulan Pribadi

karakter
Gambarkanlah seorang perempuan yang sedang bahagia dalam ilustrasi ini.

Untuk meredam rasa iri, fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki dan jangan terlalu memperhatikan kekuranganmu. Temukan kekuatan dan kelebihan unikmu, perkuatlah sikap tersebut agar orang lain tidak melihat kekuranganmu. Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Catatlah kelebihan dan kemampuanmu yang menakjubkan dan ingatkan dirimu setiap hari.


6. Ungkapkanlah Apa yang Kamu Rasakan

perempuan membawa ponsel tersenyum naik taksi
Ilustrasi sederhana mengenai sikap tidak menunjukkan sikap pamer.

Kadang-kadang perlu untuk mengeluarkan perasaan negatif dengan berbicara kepada orang-orang terdekat atau berkonsultasi dengan ahli yang sesuai. Kamu bisa bertemu dengan teman untuk mengungkapkan perasaan yang tidak menyenangkan itu, atau mengunjungi seorang psikolog untuk mencari kedamaian dalam diri. Belajarlah untuk mengelola rasa iri dengan tidak menyimpannya di dalam hati. Ketika kamu merasa kurang, saat itulah kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk membuatmu merasa lebih baik.


7. Temukan Aktivitas yang Membangun

tips bahagia
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Nursultan Bakyt on Unsplash

Manfaatkanlah waktu yang ada untuk mencari dan menjalani aktivitas-aktivitas yang positif. Alihkanlah pikiran dan perasaan iri ke dalam kegiatan yang lebih produktif dan positif. Buatlah dirimu bangga dengan menjalani hobi yang menyenangkan atau mencoba kegiatan baru yang membuatmu bahagia. Janganlah terlalu fokus pada kehidupan orang lain, tetapi fokuslah pada kehidupanmu sendiri.

Ciptakan kebahagiaan dalam dirimu dengan cara yang baik, tanpa perlu menularkan energi negatif kepada orang lain. Inilah beberapa tips untuk mengelola rasa iri agar tidak terjebak dalam kenegatifan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya