Tips Membuat Korean Fried Chicken Gangjong ala Chef Korea, Pas untuk Nonton Drakor

Apakah Anda penggemar drama Korea dan ingin menikmati camilan lezat sambil menontonnya?

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 25 Jul 2024, 14:56 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 14:56 WIB
Membuat Korean Fried Chicken Gangjong ala Chef Korea. dok. Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation
Ciptakan Sensasi Korean Fried Chicken Gangjong ala Chef Korea yang Menggoda! dok. Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation

Liputan6.com, Jakarta Demam Korea atau yang dikenal dengan Korean Wave telah sukses membuat budaya Korea semakin populer di Indonesia, termasuk kulinernya. Salah satu hidangan Korea yang paling digemari di Indonesia adalah Chicken Gangjong, yang juga dikenal sebagai Korean Fried Chicken.

Hidangan ini sering muncul di berbagai drama dan variety show Korea, sehingga banyak orang menjadi penasaran dengan rasanya. Dalam acara Food and Hospitality Indonesia (FHI) 2024, Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation mengundang para pengunjung untuk menyaksikan langsung proses pembuatan Chicken Gangjong di booth Korea Pavilion, yang dipandu oleh Chef Choi Jun Hyuk, seorang koki asal Korea.

Chef Choi Jun Hyuk, yang ahli dalam masakan tradisional Korea, menunjukkan langkah-langkah dan tips untuk membuat Chicken Gangjong yang crispy dengan cita rasa otentik. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah penjelasan dari Choi Jun Hyuk, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com melalui laman fimela.com, Kamis (25/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Membuat Korean Fried Chicken Gangjong ala Chef Choi Jun Hyuk

Membuat Korean Fried Chicken Gangjong ala Chef Korea
Ciptakan Sensasi Korean Fried Chicken Gangjong ala Chef Korea. dok. Korea Agro-Fisheries & Food Trade

Untuk bahan utama, gunakan paha ayam fillet dan Twigim Garu, yaitu tepung bumbu premix khas Korea. Sementara itu, sausnya terdiri dari Gochujang (pasta cabai Korea), sirup jagung, bawang putih halus, gula, air, kecap asin, dan saus tomat.

"Jika ingin menambahkan saus sambal, tentu saja bisa," ujar Chef Choi Jun Hyuk di stan Korea Pavilion, FHI, JIEXPO, Kemayoran, Selasa (23/7/2024).

Chef Choi menjelaskan bahwa bahan saus sebaiknya dibuat terlebih dahulu dan didiamkan sejenak agar rasa dari pasta cabai Korea lebih keluar.

"Bahan sausnya bisa didiamkan dulu atau disimpan, sehingga rasanya semakin lezat dan lebih otentik Korea," jelas Chef Choi Jun Hyuk.


Pentingnya Proses Menggoreng Ayam

Resep Ayam Goreng ala Korea yang Menggoyang Lidah
Anda tergila-gila dengan semua hal yang berbau Korea? Intip resep ayam goreng ala Korea berikut ini.

Chef Choi juga menekankan pentingnya memperhatikan proses menggoreng ayam agar hasilnya lebih renyah.

"Proses menggoreng bisa dilakukan satu atau dua kali, tergantung selera. Namun, jika ingin hasil yang lebih crispy, sebaiknya digoreng dua kali," jelasnya.

Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation turut berpartisipasi dalam acara Food & Hospitality Indonesia (FHI) 2024 dengan membuka stan Korea Pavilion.

Sebanyak 12 perusahaan ekspor makanan dan minuman dari Korea dihadirkan langsung untuk memamerkan produk mereka di pameran makanan internasional terbesar di Indonesia ini.

"Kami sangat antusias mengikuti pameran makanan internasional terbesar di Indonesia ini. Melalui acara ini, kami telah memperkuat potensi perluasan ekspor produk K-Food di pasar Indonesia," ujar Lee Seung Hoon, Kepala Perwakilan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation di Indonesia.

Lee Seung Hoon juga menyatakan bahwa pihaknya akan mendengarkan ide-ide dan tantangan terkait prosedur sertifikasi halal dari para eksportir serta memberikan dukungan yang diperlukan.

"Kami yakin bahwa kami dapat terus memperluas distribusi produk agrikultur Korea melalui business matching atau pameran-pameran dengan importir dan vendor lokal untuk mencapai kinerja ekspor yang maksimal," tambah Lee Seung Hoon.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya