6 Alasan Susah Move On Bisa Persulit Kebahagiaanmu di Masa Depan

Pengalaman-pengalaman pahit seperti kegagalan, kehilangan, atau kekecewaan, mampu mengukir luka-luka emosional yang begitu dalam, hingga tak terlupakan.

oleh Miranti diperbarui 29 Jul 2024, 10:53 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 10:53 WIB
Ilustrasi galau, kecewa
Gambaran sedih, hati hancur. /hak cipta pixabay.com/Chuotanhls

Liputan6.com, Jakarta Di kehidupan ini tak jarang ditemui ada seseorang yang masih terjebak dengan masa lalunya. Pengalaman hidup yang didapati setiap individu memang berbeda dan terkadang masa lalu meninggalkan bekas yang susah untuk dilupakan entah hal manis atau buruk sekalipun.

Mengingat yang sudah berlalu memanglah wajar, namun membiarkan masa lalu mengendalikan masa kini dan masa depan, justru dapat menjadi penghalang untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap inidividu untuk memahami bahwa mereka tidak seharusnya terjebak dalam masa lalu.

Ada beberapa alasan mengapa terjebak dalam masa lalu dapat menghambat kebahagiaan di masa depan. Berikut selengkapnya dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (29/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Emosi yang Tak Terselesaikan

Ilustrasi diri sendiri, galau, menunggu
Gambaran tentang diriku yang penuh kegalauan oleh Nguyen Hung dari Pexels.

Pengalaman-pengalaman pahit dalam hidup, seperti kegagalan yang menghancurkan, kehilangan yang memilukan, atau kekecewaan yang menusuk hati, mampu melukai jiwa kita hingga ke dasarnya. Jika tidak ditangani dengan bijak, luka emosional ini dapat mengendalikan keputusan dan perilakumu saat ini, menciptakan keraguan yang menghalangi kita untuk mengambil risiko atau mencoba hal-hal baru.

Bagimu yang masih terperangkap dalam belenggu masa lalu, hatimu rentan terhadap gelombang emosi yang tidak stabil. Dan tentu saja, hal ini akan berdampak pada banyak aspek kehidupanmu saat ini, masa dimana kamu seharusnya sedang berproses menuju masa depan yang cerah.


2. Menyebabkan Trauma

Galau
Gambar/gambar ini adalah karya seni yang menakjubkan, dan hak ciptanya dimiliki oleh pexels.com/Wesner Rodigues.

Pengalaman masa lalu sering kali membentuk keyakinan kita tentang diri sendiri dan dunia di sekitarmu. Jika pengalaman tersebut negatif, kamu mungkin mengembangkan keyakinan yang menghambat, seperti merasa tidak cukup baik atau takut akan kegagalan.

Orang-orang yang terjebak pada masa lalu, sangat rentan mengalami trauma. Sementara itu, trauma memiliki dampak yang negatif bagi mental seseorang. 


3. Sulit Percaya

Merasa Kurang Percaya Diri
Ilustrasi Merasa Kurang Percaya Diri Credit: pexels.com/Marcelo

Kenangan masa lalu yang meninggalkan trauma , terutama yang berkaitan dengan hubungan, bisa membuatmu sulit untuk mempercayai orang lain. Hal ini dapat menghambat kemampuanmu untuk membangun hubungan yang sehat dan berarti di masa depan.

Kamu yang terjebak pada masa lalu, rentan sulit percaya ke siapa saja. Bahkan ke dirimu sendiri. Jika hal ini sudah terjadi, ini akan membentukmu jadi pribadi yang rentan bisa untuk dihargai. 


4. Merasa Rendah Diri

Galau
Gambar yang menarik ini adalah karya dari pexels.com yang diambil oleh fotografer berbakat bernama Lucas Dutra.

Terperangkap dalam belenggu masa lalu cenderung menghantui siapa pun dengan perasaan merendahkan diri. Fenomena ini mengakibatkan mereka menjadi rentan merasa tidak nyaman dengan keberadaan mereka di saat ini.

Selain itu, mereka juga akan kesulitan menerima perubahan yang terjadi di sekitar mereka. Betapa tidak menguntungkannya jika kamu terus-menerus merasa rendah diri. Rasa rendah diri ini akan menjadi penghalang bagimu untuk mencapai kebahagiaan, baik di masa kini maupun di masa depan.


5. Gagal Tumbuh dan Berkembang

Galau
Gambar ini adalah milik Tess Emily Seymour yang diunggah di pexels.com.

Kamu yang terjebak pada masa lalu, akan cenderung gagal tumbuh dan berkembang. Pikiranmu hanya akan fokus di masa lalu. Padahal, hidup terus berjalan dan kamupun menyambut masa depan. Saat kamu gagal tumbuh dan berkembang karena masa lalumu, ini akan menghambat dirimu merasakan kebahagiaan terbaik di masa depan. 


6. Terjebak pada Situasi Terus Membandingkan Masa Kini dengan Masa Lalu

Ilustrasi nostalgia, kenangan, masa lalu
Ilustrasi nostalgia, kenangan, masa lalu. (Photo by Octavio J. García N. : https://www.pexels.com/photo/woman-holding-two-photos-1538077/)

Jika seseorang memandang masa lalu sebagai masa yang ideal atau lebih baik, mereka mungkin kesulitan menerima perubahan dan menyesuaikan diri dengan situasi yang berbeda di masa kini. Hal ini bisa menghambat proses adaptasi dan pencarian kebahagiaan yang baru.

Masa lalu memiliki kekuatan untuk membentuk siapa kita saat ini, tetapi tidak harus menentukan masa depanmu. Dengan mengakui dan mengatasi masa lalu, kamu bisa membuka jalan untuk masa depan yang lebih cerah dan penuh harapan. Jangan biarkan bayang-bayang masa lalu menghalangi cahaya masa depan. Ambil langkah-langkah untuk melepaskan beban masa lalu. Percayalah bahwa kamu merasakan hidup yang lebih bebas, bahagia, dan penuh makna. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya