4 Panduan Praktis untuk Menerapkan Skincare Minimalis, Kenali Jenis Kulit Dahulu

Ingin mencoba gaya hidup skincare yang minimalis? Yuk, ikuti 4 tips sederhana berikut ini!

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 05 Agu 2024, 17:53 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 17:53 WIB
Contoh ilustrasi kulit bersih
Anda dapat mengikuti tips ini untuk menerapkan skincare minimalism. (Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Liputan6.com, Jakarta Merawat kulit merupakan bagian yang sangat penting dalam rutinitas harian kita. Setelah seharian beraktivitas, tentu kamu akan menyadari adanya noda dan kotoran yang menempel pada kulit, belum lagi keringat dan paparan debu yang tak terhindarkan. Oleh karena itu, penggunaan skincare yang kini sudah banyak tersedia di Indonesia dengan berbagai harga dan penawaran menarik, menjadi solusi yang tepat. Mulailah menerapkan perawatan kulit secara rutin dengan menggunakan produk skincare yang sesuai.

Penting bagi kita untuk menemukan rutinitas skincare yang cocok. Dengan konsistensi dalam mengikuti rutinitas tersebut dan memilih produk yang tepat, kamu tidak hanya akan mendapatkan kulit yang sehat dan terawat, tetapi juga akan mempermudah kehidupan sehari-hari. Memang, akan ada proses trial dan error dalam menentukan rutinitas skincare yang paling sesuai, terutama jika kamu memilih pendekatan skincare minimalism.

Namun, percayalah, skincare minimalism sangatlah layak untuk dicoba. Pendekatan ini menawarkan berbagai manfaat, salah satunya adalah kulit yang semakin kenyal dan sehat. Berikut adalah cara menerapkan skincare minimalis yang bisa kamu ikuti, seperti dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Jenis Kulit

Contoh ilustrasi skincare minimalism
Dalam melakukan skincare minimalism, seringkali diperlukan untuk membersihkan kulit. (Foto: Pexels.com/Ron Lach)

Menentukan jenis kulit mungkin terasa membingungkan pada awalnya. Namun, untuk memilih produk yang tepat dan menerapkan skincare minimalis, penting bagi kamu untuk memahami kebutuhan kulitmu. Berikut ini adalah berbagai jenis kulit beserta permasalahannya:

Kulit Berminyak: Jika kulitmu cenderung berminyak dan lebih aktif, kamu mungkin sering mengalami breakout. Jerawat juga kerap muncul, menjadikan ini masalah umum bagi mereka yang memiliki kulit berminyak.

Kulit Sensitif: Kulit sensitif biasanya mudah mengalami iritasi, sering kali disertai kemerahan dan rasa perih pada kulit.

Kulit Kering: Kulit kering sering terasa kasar dan mudah terkelupas. Permukaannya pun terasa kering saat disentuh.

Kulit Kombinasi: Kulit kombinasi memiliki lebih dari satu jenis masalah. Beberapa area mungkin berminyak, sementara area lainnya kering.


2. Pilih Produk Multi-Purpose

Untuk mengurangi jumlah produk yang kamu gunakan, cobalah mencari produk dengan berbagai fungsi sekaligus. Misalnya, kamu bisa memilih pelembap yang juga mengandung SPF untuk perlindungan dari sinar matahari, atau memilih cleansing balm yang tidak hanya melembapkan tetapi juga membantu eksfoliasi.

Selain itu, carilah produk yang mengandung vitamin C atau antioksidan untuk memastikan kulitmu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.


3. Menyusun Rutinitas Skincare yang Sederhana namun Konsisten

Contoh ilustrasi step membersihkan kulit dengan skincare
Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana namun teratur dalam melakukan perawatan kulit. (Foto: Pexels.com/Ron Lach)

Untuk mencapai rutinitas skincare yang esensial dan minimalis, kamu perlu memahami langkah-langkah penting yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa langkah yang harus ada dalam rutinitas skincare minimalism:

Cleanser: Mulailah dengan membersihkan kulit menggunakan air bersih. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa menambahkan toner setelahnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi secara berkala dan menambahkan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.

Pelembab: Setelah membersihkan wajah, aplikasikan pelembab. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap lembab dan mencegah kekeringan.

Pelindung Matahari atau Sunscreen: Menggunakan sunscreen setiap hari adalah langkah krusial untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Sunscreen membantu mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.


4. Menyesuaikan dengan Rutinitas Perawatan Kulit Minimalis yang Konsisten

Setelah kamu menemukan rutinitas skincare yang sempurna, penting untuk tetap konsisten melakukannya. Menggunakan hanya 1-2 produk saja tentu tidak akan cukup untuk membersihkan dan menutrisi kulitmu secara optimal. Kamu dapat menjalankan rutinitas ini setiap pagi atau malam hari, namun tetap fleksibel untuk menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki kulit kering, penggunaan pelembab ekstra setiap hari adalah langkah yang bijak. Sementara itu, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, toner bisa menjadi solusi efektif untuk mengurangi kelebihan minyak yang menempel pada kulit.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya