5 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan, Baik Bagi Kolesterol dan Jantung

Ketahui manfaat kacang panjang yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dan kesehatan jantung Anda.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 14 Agu 2024, 17:17 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2024, 17:17 WIB
Manfaat Kacang Panjang
Manfaat Kacang Panjang (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang menyangka, makanan yang sering ditemui di pasar tradisional ini ternyata menyimpan khasiat luar biasa untuk kesehatan. Kacang panjang, yang kerap menjadi bahan utama dalam berbagai hidangan nusantara, ternyata memiliki manfaat mengejutkan dalam menurunkan kolesterol. Jika Anda sedang mencari cara alami untuk menjaga kesehatan jantung, maka artikel ini wajib Anda baca sampai tuntas.

Kolesterol tinggi sering kali menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Penyakit jantung, stroke, dan berbagai masalah kesehatan lainnya sering kali dikaitkan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Namun, jangan khawatir! Ada cara sederhana dan alami untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kacang panjang.

Kandungan dalam kacang panjang dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Mulai dari kandungan serat yang tinggi hingga antioksidan alami yang baik untuk tubuh. Simak terus untuk mengetahui lebih lanjut manfaat kesehatan dari kacang panjang, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (7/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Kacang Panjang untuk Kolesterol dan Jantung

kacang panjang
Ilustrasi kacang panjang.

1. Kaya Akan Serat yang Membantu Menurunkan Kolesterol

Kacang panjang merupakan sumber serat yang melimpah, sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam kacang panjang bekerja dengan mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan membuangnya keluar dari tubuh. Selain itu, serat juga berperan penting dalam memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Mengandung Antioksidan yang Melindungi Jantung

Kacang panjang sarat dengan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Antioksidan memainkan peran penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel di pembuluh darah. Selain itu, antioksidan juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang sering kali menjadi penyebab utama berbagai penyakit jantung.

3. Menurunkan Tekanan Darah yang Berhubungan dengan Kolesterol

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi sering kali saling berkaitan. Kacang panjang mengandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang terkontrol, risiko penumpukan plak kolesterol di arteri juga dapat diminimalkan.


Manfaat Kacang Panjang untuk Kolesterol dan Jantung

kacang panjang
kacang panjang (sumber: pixabay)

4. Sumber Protein Nabati yang Menyehatkan

Kacang panjang adalah salah satu sumber protein nabati unggulan. Protein nabati dari kacang panjang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, protein nabati lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Oleh karena itu, selain efektif dalam menurunkan kolesterol, protein nabati dari kacang panjang juga berperan dalam menjaga kesehatan pembuluh darah.

5. Membantu Mengontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan merupakan strategi efektif untuk menurunkan kolesterol. Kacang panjang, yang rendah kalori namun kaya akan nutrisi, sangat ideal untuk diet. Berat badan yang terkontrol dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya