Sedang Bosan? Coba 5 Perawatan Rumahan ala Salon Ini Bersama Teman-Temanmu!

Selain merawat kulit tangan, yuk ajak teman terbaikmu untuk merawat kulit wajah bersama-sama di rumah!

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 05 Agu 2024, 14:07 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 14:07 WIB
perempuan memakai skincare
ilustrasi perempuan memakai skincare//copyright freepik

Fimela.com, Jakarta Saat merasa bosan dan tidak ada kegiatan di rumah, sering kali kita merasa bingung harus melakukan apa. Terlebih jika hari tersebut adalah hari libur, meskipun awalnya ingin bersantai dan tidur-tiduran, tetapi beberapa orang mungkin akan merasa lelah jika hanya berbaring sepanjang hari. Oleh karena itu, daripada hanya menghabiskan waktu tanpa tujuan, kamu bisa memanfaatkan waktu luang tersebut dengan melakukan perawatan rumahan.

Agar lebih menyenangkan, kamu bahkan bisa mengundang sahabat terbaikmu untuk datang. Terutama jika sahabatmu juga sedang tidak memiliki rencana apa-apa. Dengan begitu, kalian bisa menikmati waktu berkualitas bersama sambil melakukan perawatan rumahan.

Selain itu, ada banyak keuntungan dari melakukan perawatan rumahan, seperti biaya yang lebih terjangkau, kenyamanan karena tidak perlu bergantian dengan pelanggan salon lainnya, dan kamu juga tidak perlu keluar rumah.

Lalu, jenis perawatan rumahan apa saja yang bisa dicoba untuk mengisi waktu luang saat sedang bosan? Yuk, intip jenis-jenisnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perawatan Rumahan yang Bisa Dicoba di Rumah

Lagi Gabut? Coba Perawatan Rumahan Ini Bareng Bestie Yuk!
Dikreditkan melalui Pexels.com/cottonbro studio.

1. Merawat Kulit Tangan

Daripada bosan di rumah, ajak sahabatmu untuk mencoba perawatan kulit tangan. Kamu bisa coba scrub garam untuk mencerahkan dan melembutkan kulit tangan. Campurkan seperempat sendok teh kunyit dengan minyak zaitun hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan ke tangan dan bilas setelah 10 menit. Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil optimal.

Berbicara tentang garam, kamu bisa melarutkan garam mandi ke dalam bathtub untuk berendam. Garam mandi atau bath salt bermanfaat untuk perawatan kulit dan tubuh. Kamu juga bisa mencoba perawatan aromaterapi di rumah untuk merawat tubuh dan pikiran, karena ini bisa memberikan manfaat kesehatan dan relaksasi.

2. Merawat Kulit Wajah

Selain kulit tangan, ajak juga sahabatmu untuk melakukan perawatan kulit wajah bersama di rumah. Bersihkan wajah dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lakukan eksfoliasi secara teratur untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru.

Setelah itu, kamu bisa menggunakan masker wajah alami dari bahan-bahan seperti madu, yoghurt, atau pepaya untuk memberikan nutrisi dan kelembapan ekstra pada kulit wajah. Masker wajah merupakan salah satu jenis perawatan yang sering dilakukan. Gunakan masker wajah secara rutin untuk mengurangi kerutan, meremajakan, serta mencerahkan kulit.

3. Merawat Tubuh

Siapa bilang spa harus selalu di luar rumah? Kamu juga bisa melakukan perawatan spa di rumah sendiri. Bagaimana caranya? Cobalah perawatan spa di rumah dengan bahan alami seperti madu, yoghurt, atau minyak kelapa. Misalnya, buat masker peel off alami dengan putih telur atau lemon untuk membersihkan dan merawat kulit wajah.

Kamu juga bisa melakukan lulur sendiri di rumah. Lulur dan spa memberikan banyak manfaat seperti melancarkan peredaran darah, meremajakan, serta melembapkan kulit. Lakukan pemijatan secara perlahan pada titik-titik tubuh tertentu untuk membuat tubuh lebih rileks, ringan, dan menyegarkan pikiran. Pemijatan di rumah bisa menjadi cara yang efektif untuk merawat tubuh dan pikiran.


Perawatan Rumahan yang Bisa Dicoba di Rumah

ilustrasi keramas
mengeramasi rambut saat musim panas dengan waktu yang sesuai bisa mengurangi rambut lepek//copyright unsplash/lindsay cash

4. Perawatan Rambut

Sebelum keramas, aplikasikan minyak rambut sebagai masker. Minyak rambut berfungsi menjaga kelembapan, memperkuat akar, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat pertumbuhan rambut. Kamu bisa mencoba masker rambut dari bahan alami seperti teh hitam, buah-buahan, atau minyak kelapa untuk merawat rambut yang kering, kusam, dan rusak.

Setelah itu, gunakan hair mist untuk memberikan kesegaran dan keharuman pada rambut sepanjang hari. Beberapa produk hair mist juga diformulasikan dengan nutrisi yang baik untuk rambut, sehingga rambut tetap harum dan mudah diatur.

Kamu juga bisa mengajak sahabat melakukan perawatan spa rambut di rumah untuk hasil yang lebih optimal. Melakukan perawatan spa rambut di rumah dapat membantu merawat rambut yang kering, rapuh, dan rusak. Perawatan ini bisa mencakup penggunaan masker rambut dan kondisioner yang tepat.

Gunakan masker rambut alami dari bahan-bahan seperti alpukat, pisang, madu, dan pepaya untuk memberikan nutrisi dan kelembapan ekstra pada rambut. Aplikasikan pula masker rambut setelah keramas ketika rambut sudah setengah kering, karena ini bermanfaat untuk memberi nutrisi pada rambut sambil menguatkan akar, sehingga meminimalisir rambut rontok.

5. Pedikur

Rendam kakimu dalam air hangat selama 10-15 menit untuk mengendurkan kulit dan merendam kuku. Gunakan sabun atau produk perendam kaki untuk membersihkan kaki secara menyeluruh. Keringkan kaki dengan lembut menggunakan handuk.

Setelah itu, gunakan pemotong kuku yang bersih dan tajam untuk memotong kuku secara rata. Gunakan kikir kuku untuk merapikan ujung kuku dan menghaluskan tepi kuku. Hindari memotong sudut kuku terlalu pendek untuk mencegah kuku tumbuh ke dalam.

Jika tersedia, gunakan batu apung atau pengikis kulit kaki untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit kaki. Aplikasikan pelembap kaki atau minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun untuk melembapkan kulit kaki.

Bersihkan bagian bawah kuku dengan menggunakan sikat kuku untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk. Pastikan kukumu bersih dan bebas dari sisa-sisa produk perawatan sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika kamu ingin memberi warna pada kuku, aplikasikan base coat terlebih dahulu untuk melindungi kuku dari pewarnaan langsung. Setelah itu, aplikasikan warna favoritmu menggunakan cat kuku dan biarkan kering. Akhiri dengan mengaplikasikan top coat untuk memberikan kilau dan melindungi cat kukumu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya