10 Nama-Nama Malaikat dalam Islam dan Tugasnya, Wajib Diimani oleh Muslim

Malaikat merupakan ciptaan Allah SWT dari cahaya yang selalu mengerjakan segala yang diperintahkan-Nya.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 14 Okt 2024, 18:15 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 18:15 WIB
10 Nama-Nama Malaikat dalam Islam dan Tugasnya, Wajib Diimani oleh Umat Muslim
Dijuluki Sayap Malaikat, sistem VV-689 menampilkan galaksi-galaksi yang bergabung yang dipotret oleh Teleskop Hubble di saat tabrakan. (NASA)

Liputan6.com, Jakarta Dalam Islam, umat muslim diajarkan untuk mengetahui nama malaikat dan tugasnya. Hal ini sesuai dalam rukun iman yang kedua, yaitu iman kepada malaikat. Malaikat merupakan ciptaan Allah SWT dari cahaya yang selalu mengerjakan segala yang diperintahkan-Nya.

Meskipun keberadaan malaikat tak dapat dilihat dan dirasakan dengan panca indra, tetapi sebagai muslim yang taat harus mempercayainya. Keyakinan terhadap keberadaan malaikat merupakan bagian penting dari keimanan seorang muslim. Meskipun tidak dapat dideteksi oleh indera manusia, malaikat memainkan peran penting dalam kehidupan spiritual umat Islam.

Sebagaimana manusia, para malaikat memiliki tugas. Bedanya, tugas yang diberikan Allah SWT kepada manusia seringkali diabaikan bahkan dipertentangkan untuk dilaksanakan. Hal ini menunjukkan perbedaan mendasar antara malaikat dan manusia dalam hal ketaatan kepada Allah SWT.

Namun para malaikat, yang diberikan tugas oleh Allah SWT kepadanya, tidak pernah menunda apalagi melalaikan dan membangkang untuk mengerjakannya. Ketaatan malaikat dalam menjalankan perintah Allah SWT menjadi teladan bagi umat muslim. Sikap patuh dan disiplin malaikat dalam melaksanakan tugas-tugas mereka merupakan contoh yang seharusnya diikuti oleh manusia dalam menjalankan kewajiban mereka kepada Allah SWT.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai nama-nama Malaikat dalam Islam dan tugasnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/10/2024).

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

10 Nama-Nama Malaikat dalam Islam dan Tugasnya, Wajib Diimani oleh Umat Muslim
Ilustrasi Malaikat (SS: YT Riski Nur Hidayah)

Sebenarnya dalam Al-Qur'an sendiri tidak menyebutkan ada berapa banyak jumlah malaikat secara pasti. Namun, hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bertemu dengan Ibrahim yang bersandar di Baitul Ma'mur.

Di sana, terdapat 70 ribu malaikat. Artinya, jumlah malaikat sejatinya sangatlah banyak. Namun, setidaknya ada 10 malaikat dan tugasnya yang tercatat di Al-Qur'an serta wajib diimani oleh seluruh umat Islam. Berikut ini nama-nama malaikat dan tugasnya, yakni:

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan firman Allah kepada para nabi dan rasul. Dikenal juga sebagai Ruh Al-Quds, Ar-Ruh-Al-Amin, dan Namus, Jibril memiliki peran penting dalam menyampaikan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, malaikat Jibril juga bertugas mengatur angin, memenuhi atau menahan hajat manusia, dan membawa rahmat bagi orang yang menjaga kesucian saat sakaratul maut.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertanggung jawab atas kesejahteraan makhluk hidup. Ia mengatur fenomena alam seperti awan, hujan, dan angin, serta mendistribusikan rezeki. Perannya yang paling dikenal adalah sebagai pembawa berkah dan kemakmuran bagi ciptaan Allah SWT. Selain itu, dalam tradisi Islam juga mengatakan bahwa malaikat Jibril dan Mikail akan menimbang kebaikan dan kejahatan manusia pada Hari Penghakiman. Allah telah menyebutkan Mikail dalam Quran yang dijelaskan di bawah ini. Surat Al-Baqarah Ayat 98, yang berbunyi:

مَن كَانَ عَدُوًّا لِّلَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَىٰلَ فَإِنَّ ٱللَّهَ عَدُوٌّ لِّلْكَٰفِرِينَ

Artinya: "Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir."

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil ditugaskan untuk meniup sangkakala, menandai dimulainya hari kiamat. Tiupan sangkakala ini akan berlanjut hingga hari kebangkitan di Padang Mahsyar, menggambarkan peran pentingnya dalam peristiwa akhir zaman. Dia akan meniup terompet untuk pertama kalinya (di ujung dunia) dan mengangkatnya untuk diadili di hadapan Allah untuk kedua kalinya. Hal ini terungkap dalam ayat-ayat Al -Qur'an di bawah ini. Surat Az-Zumar Ayat 68, yang berbunyi:

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Artinya: "Dan tiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)."

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail, juga dikenal sebagai malaikat maut, bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup. Perannya meliputi pengambilan ruh manusia, jin, iblis, setan, bahkan malaikat lain ketika waktunya tiba.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar, bersama Malaikat Nakir, bertanggung jawab menginterogasi arwah di alam kubur. Mereka menguji keyakinan dan amal perbuatan orang yang telah meninggal mengenai tuhan, agama, nabi, kitab suci, kiblat dalam beribadah, saudara, pedoman hidup, pedoman hidup, dan perilaku sehari-hari dengan bahasa yang digunakan para ahli kubur selama hidup di dunia.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir bekerja sama dengan Malaikat Munkar dalam menanyai dan menguji ruh di alam kubur. Keduanya memiliki peran penting dalam proses pertanggungjawaban setelah kematian makhluk ciptaan Allah SWT.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib mencatat seluruh amal baik manusia sejak mencapai usia akil balig hingga akhir hayat. Ia selalu hadir di sisi kanan manusia, mencatat setiap perbuatan baik. Allah SWT sangat baik kepada makhluk-Nya. Saat seorang muslim ingin berbuat baik, maka perbuatan itu akan dicatat dalam Kitab, dan bila dia berbuat baik, maka kebaikan itu akan bertambah.

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid bertugas mencatat semua amal buruk manusia. Ia berada di sisi kiri manusia, mencatat setiap perbuatan negatif sejak seseorang mencapai usia akil balig hingga meninggal.

9. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan ditugaskan untuk menjaga pintu Surga dan mengelola kesejahteraan penghuni surga. Ia bertanggung jawab atas kenyamanan dan kebahagiaan para penghuni surga. Malaikat Ridwan juga bertugas untuk menyambut semua hamba Allah yang akan memasukinya. Sikapnya lembut dan sangat ramah saat mengizinkan orang masuk surga.

10. Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas mengawasi dan mengatur hukuman bagi para penghuni neraka. Ia memimpin malaikat-malaikat lain yang bertanggung jawab atas penyiksaan di neraka. Malaikat ini mengatur api neraka dan diketahui dibantu oleh 19 penjaga misterius yang dikenal sebagai Zabaniyya. Surat Az-Zukhruf Ayat 77, yang berbunyi:

وَنَادَوْا۟ يَٰمَٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ ۖ قَالَ إِنَّكُم مَّٰكِثُونَ

Artinya: "Mereka berseru: 'Hai Malik biarlah Tuhanmu membunuh kami saja.' Dia menjawab: 'Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini).'"

Dalil tentang Iman Kepada Malaikat

10 Nama-Nama Malaikat dalam Islam dan Tugasnya, Wajib Diimani oleh Umat Muslim
Ilustrasi muslim membaca Al-Qur'an. (Photo Copyright by Freepik)

Berikut ini terdapat beberapa dalil tentang iman kepada Malaikatnya Allah SWT, yakni:

1. Surah Al-Baqarah Ayat 285

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ ٢٨٥

Artinya: “Rasul [Muhammad] beriman pada apa [Al-Qur’an] yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. [Mereka berkata], ‘Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.’ Mereka juga berkata, ‘Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya kepada-Mu tempat [kami] kembali,’”(QS. Al-Baqarah [2]: 285).

2. Surah Al-Anbiya Ayat 27

لَا يَسْبِقُوْنَهٗ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِاَمْرِهٖ يَعْمَلُوْنَ ٢٧

Artinya: “Mereka tidak berbicara mendahului-Nya dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya,”(QS. Al-Anbiya [21]: 27).

3. Surah Az-Zukhruf Ayat 19

وَجَعَلُوا الْمَلٰۤىِٕكَةَ الَّذِيْنَ هُمْ عِبٰدُ الرَّحْمٰنِ اِنَاثًا ۗ اَشَهِدُوْا خَلْقَهُمْ ۗسَتُكْتَبُ شَهَادَتُهُمْ وَيُسْـَٔلُوْنَ ١٩

Artinya: “Mereka menganggap para malaikat, hamba-hamba [Allah] Yang Maha Pengasih itu, berjenis perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaannya? Kelak kesaksian [yang mereka karang sendiri itu] akan dituliskan dan akan dimintakan pertanggungjawaban,”(QS. Az-Zukhruf [43]: 19).

4. Surah An-Najm Ayat 13

وَلَقَدْ رَاٰهُ نَزْلَةً اُخْرٰىۙ ١٣

Artinya: “Sungguh, dia [Nabi Muhammad] benar-benar telah melihatnya [dalam rupa yang asli] pada waktu yang lain,”(QS. An-Najm [53]: 13).

5. Surah At-Takwir Ayat 23

وَلَقَدْ رَاٰهُ بِالْاُفُقِ الْمُبِيْنِۚ ٢٣

Artinya: “Sungguh, dia [Nabi Muhammad] benar-benar telah melihatnya [Jibril] di ufuk yang terang,”(QS. Al-Takwir [81]: 23).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya