7 Sunnah Nabi Muhammad Sebelum Salat Idul Fitri, Siap Menyambut Hari Kemenangan

Sunnah nabi Muhammad sebelum salat idul fitri hendaknya dilakukan agar melengkapi amalan di bulan Ramadan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 02 Jun 2019, 04:30 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2019, 04:30 WIB
Idul Fitri
Idul Fitri (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitri tentunya tidak sulit untuk dilakukan. Apalagi untuk hari besar umat Islam yang juga disebut dengan hari kemenangan ini. 

Setiap Hari raya idul fitri, seluruh umat Islam akan berbondong-bondong pergi ke masjid ataupun ke lapangan untuk melaksanakan salat idul fitri. Momen lebaran ini juga sangat identik dengan hari berkumpulnya seluruh keluarga dan saling bersilaturrahmi.

Sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitri hendaknya dilakukan agar melengkapi amalan di bulan Ramadan. Dengan begitu kamu sebagai umat Islam akan lebih siap dalam menyambut hari raya idul fitri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/6/2019) tentang sunnah nabi Muhammad sebelum salat idul fitri

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Takbir dan Mandi

Mandi
Mandi / Sumber: iStockphoto

1. Mengumandangkan takbir

Mengumandangkan takbir merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitri dan biasanya sudah dilakukan sejak malam hari sebelum salat idul fitri. Karena itulah dinamakan malam tersebut sebagai malam takbiran.

Masjid masjid akan selalu memperdengarkan kumandang takbir di setiap waktu sampai hari raya idul fitri. Dalam kitab Raudlatut Thalibin dianjurkan untuk memperdengarkan kumandang takbir pada malam hari raya, sejak terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada hari raya Idul Fitri. Jadi kamu bisa berpartisipasi dalam melaksanakan sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitrin ini.

2. Mandi sebelum salat Idul Fitri

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Nabi Muhammad SAW bersabda: " Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."

Mandi juga merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitri. Dalam hadits di atas, Nabi Muhammad memang selalu mandi baik sebelum berangkat salat idul fitri, maupun sebelum berangkat salat idul adha.


Memakai Pakaian Terbaik dan Makan

Makan
Makan / Sumber: iStockphoto

3. Memakai pakaian terbaik dan wewangian

"Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

Dari hadits tersebut, telah jelaslah bahwa salah satu sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitri adalah memakai pakaian terbaik dan wewangian. Dengan begitu kamu akan lebih siap menyambut hari kemenangan ini.

4. Makan sebelum salat Idul Fitri

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia shalat dulu." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

Nabi Muhammad selalu makan sebelum melaksanakan salat Idul Fitri walaupun hanya sedikit. Jadi dari hadits tersebut bisa dibilang bahwa salah satu sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitri adalah makan terlebih dahulu. Ada juga hadits lain yang mengatakan bahwa:

"Pada saat Idul Fitri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidaklah berangkat untuk shalat sebelum makan beberapa kurma.” Murajja bin Raja berkata kepadaku ‘Ubaidullah, katanya: berkata kepadaku Anas, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: "Beliau memakannya berjumlah ganjil.” (HR. Bukhari)


Berjalan Kaki Bersama Keluarga

Masjid Agung Sheikh Zayed
Masjid Agung Sheikh Zayed. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)

5. Melaksanakan salat Idul fitri di lapangan

Imam Abu Hamid Al Ghazali dalam kitab Ihya' Ulumuddin berkata, "Disukai melaksanakan salat Id di tanah yang luas, kecuali di Mekah dan Bautul Maqdis. Sekiranya hari itu hujan, tidak mengapa melaksanakannya di masjid.

Dan dibolehkan pada hari yang sangat panas berdebu, imam menyuruh seorang laki-laki untuk salat Id bersama orang-orang lemah di masjid, sementara ia keluar ke tanah lapang bersama orang-orang yang kuat seraya bertakbir."

Nabi menganjurkan salat Idul fitri di tanah lapang karena saat itu jumlah kaum Muslim yang ingin ikut salat Id sangat banyak. Sehingga hanya hanya tanah lapang saja yang dapat menampung jamaah.

6. Mengajak semua keluarga ke tempat salat Idul Fitri

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah dan Al Baihaqi Nabi bersabda: "Bahwasannya Rasulullah Salallahu Alaihi wa Sallam menyuruh istri-istri dan anak-anaknya keluar pada dua hari raya."

Idul Fitri maupu Idul Adha merupakan hari kemenangan untuk umat Muslim. Pada kedua hari raya itu, Nabi mengajak semua keluarganya ke tanah lapang tempat pelaksanaan salat Id. Jadi mengajak semua keluarga ke tempat salat merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitri.

7. Jalan kaki menuju tempat salat Idul Fitri

Selain itu, sunnah Nabi Muhammad sebelum salat idul fitri lainnya adalah jalan kaki menuju tempat salat. Sebagaimana kebiasaan Nabi Muhammad yang juga berjalan menuju tempat salat idul fitri.

Dalam sebuah hadis riwayat At Tirmidzi disebutkan, "Dan dari Ali Abi Thalib Radhiyallahu Anhu, ia berkata, 'Termasuk dari sunnah adalah keluar pada hari raya dengan berjalan kaki."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya