Sosok Nabila Abdul, Juri Hafiz Indonesia Penghafal Al-Quran di Usia 17 Tahun

Selain menjadi juri Hafiz Indonesia, Nabila juga pernah mengajar putri seorang Imam Masjidil Haram

oleh Laudia Tysara diperbarui 08 Mei 2020, 17:00 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2020, 17:00 WIB
Nabila Abdul Rahim Bayan (Sumber: Youtube de Hakims)
Nabila Abdul Rahim Bayan (Sumber: Youtube de Hakims)

Liputan6.com, Jakarta Mengenal sosok cantik nan anggun penghafal Al Quran, Nabila Abdul Rahim Bayan. Muslimah ini lahir di Makkah pada 15 April 1992. Nabila menghafal Al Quran sejak usia 5 tahun. Ia diajarkan menghafal Al Quran oleh kedua orang tuanya melalui Juz Amma.

Hingga pada usia 17 tahun, Nabila sudah hafal 30 juz Al Quran. Namun, sebaik-baik penghafal Al Quran adalah mereka yang mau turut mengajarkannya. Tak terkecuali Nabila, tiga tahun lalu sosok muslimah yang tumbuh besar di Arab Saudi ini juga turut aktif menjadi pembimbing program intensif menghafal Al Quran di Arab Saudi.

Ia bahkan menjadi satu-satunya pengajar dari Indonesia. Tak hanya itu saja, ia juga memiliki kisah cinta unik dengan sang suami Ustaz Slamet Ibnu Syam. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas sosok Nabila Abdul, Jumat (8/5/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penghafal Al Quran di Usia 17 Tahun

Nabila Abdul Rahim Bayan
Nabila Abdul Rahim Bayan (Sumber: Youtube de Hakims)

Sejak kecil, wanita kelahiran 15 April 1992 ini memang sudah dibimbing oleh kedua orang tuanya untuk menghafal Al Quran. Meski Nabila sudah fasih berbahasa Arab, tidak membuat ia langsung mahir menghafal Al-Quran.

Orang tua Nabila pun tetap harus mengajarkannya kedisiplinan dan kesabaran untuk menghafal Al-Quran kepada wanita cantik ini. Semangat serta tekad kuat orang tua muslimah kelahiran Mekkah ini membuat Nabila berhasil hafal 30 Juz Al-Quran saat masih remaja, tepatnya usia 17 tahun. 

Selain kerja keras dan tekad yang kuat, Nabila menerapkan metode menghafal yang yang seimbang antara waktu sekolah dan menghafal. Ia sekolah di pagi hari, kemudian menghafal Al-Quran saat waktu Asar sampai Magrib.

 

 

 


Pengajar Putri Seorang Imam Masjidil Haram

Nabila Abdul Rahim Bayan saat Tampil di Acara Hafiz Indonesia 2018 (Sumber: Vidio.com)
Nabila Abdul Rahim Bayan (Sumber: Dream)

Usai menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Umm Alqura Makkah, wanita yang akrab disapa Nabila ini mulai berdakwah dengan mengajar Al Quran di sebuah lembaga tahfidz Quran di Arab Saudi pada tahun 2013 lalu. Bahkan di lembaga tersebut, ia menjadi satu-satunya pengajar dari Indonesia.

Tak hanya itu saja, Nabilah ternyata menjadi pengajar putri seorang Imam Masjidil Haram Syekh Mahir al-Muaqly. Pada awalnya ia tidak menyadari bahwa salah satu anak didiknya adalah seorang anak Imam Masjidil Haram. Hal inilah yang membuat kebanggaan tersendiri bagi wanita kelahiran 1992 ini. 

 


Menikah dengan Ustadz Slamet Ibnu Syam

Nabila Abdul Rahim Bayan saat Tampil di Acara Hafiz Indonesia (Sumber: hafizrcti/Instagram.com)
Nabila Abdul Rahim Bayan (Sumber: Youtube de Hakims)

Nabila sudah menikah dengan Ustaz Slamet Ibnu Syam, Pimpinan Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang. Nabila dan suami menikah lewat taaruf singkat.

Keduanya dipertemukan di Mekkah. Menariknya, Nabila dan suami sama-sama penghafal 30 juz Al Quran. Menjadi seorang istri pengasuh pondok pesantren, Nabila turut menjadi pengajar di pondok pesantren sang suami. 

 

 

 

 


Menjadi Juri Hafiz Indonesia

Nabila Abdul Rahim Bayan
Nabila Abdul Rahim Bayan (Sumber: Youtube/Fath TV)

Kemampuan dalam membaca ayat suci Al Quran tak perlu diragukan lagi, wanita kelahiran 1992 ini didapuk menjadi salah satu juri Hafiz Indonesia di salah satu acara televisi swasta sejak tahun 2016 lalu. 

Hafiz sebuah program religi yang menampilkan kemampuan anak-anak dalam melafalkan dan menghafal rangkaian ayat-ayat Al Quran. Keanggunan serta kepiawaiannya sukses mencuri perhatian publik. 


Berbagi Tips Menghafal Al Quran di YouTube

Nabila Abdul Rahim Bayan
Nabila Abdul Rahim Bayan (Sumber: Youtube/Nabilah Abdul Rahim Bayan)

Pemilik nama lengkap Nabilah Abdul Rahim Bayan juga berdakwah melalui kanal YouTube pribadinya bernama Nabilah Abdul Rahim Bayan. Wanita kelahiran Mekkah ini kerap memberi kajian serta tips menghafal ayat Al Quran. 

Tak hanya itu saja, ia juga mengunggah video murotal ayat suci Al Quran. Saat ini jumlah subscriber istri dari Ustaz Slamet sudah mencapai 11 ribu lebih. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya