Puluhan Ribu Orang Bakal Hadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Ini Persiapan Panitia

Diperkirakan sebanyak 10 ribu peserta penggembira bakal hadir meramaikan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, di Bantul November mendatang

oleh Liputan6.com diperbarui 31 Agu 2022, 21:30 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2022, 21:30 WIB
Logo muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyiah, di Surakarta, Solo, 18-20 November 2022. (Foto: muhammadiyah.or.id/Liputan6.com)
Logo muktamar ke-48 Muhammadiyah dan 'Aisyiyiah, di Surakarta, Solo, 18-20 November 2022. (Foto: muhammadiyah.or.id/Liputan6.com)

Liputan6.com, Solo - Diperkirakan sebanyak 10 ribu peserta penggembira bakal hadir meramaikan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan  ‘Aisyiyah ke-48, di Bantul November mendatang. Saat ini Divisi penggembira tengah mempersiapkan segala keperluan pra-muktamar, Solo.

Tidak hanya melakukan pendataan peserta penggembira, namun juga mengumpulkan data mengenai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang akan digunakan sebagai tempat tinggal dan transportasi bagi penggembira Muktamar.

“Yang sudah kami lakukan adalah pendataan AUM di Solo raya yang bisa digunakan transit atau menginap,” kata Reinal Falah, Koordinator Penggembira dikutip dari Muhammadiyah.or.id, Selasa (30/8/2022).

Menurut penjelasan Reinal, bagi penggembira akan disediakan sekolah atau madrasah Muhammadiyah untuk tempat menginap, sedangkan tempat transit akan dialokasikan di masjid-masjid Muhammadiyiah.

“Selain itu kami juga menyiapkan tempat alternatif seandainya nanti di AUM tidak cukup menampung penggembira yaitu di asrama Haji Donohudan dan hotel. Nanti tempatnya berbayar untuk penggembira dalam artian berbayar, untuk biaya sewa,” kata Reinal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini


Sulawesi Libatkan 15 Ribu Orang

Bekerja sama dengan PDM Soloraya, Divisi Penggembira melakukan pendataan amal usaha Muhammadiyah yang ada serta bekerjasama pula dengan PDM luar Soloraya untuk pengumpulan data penggembira.

“Karena kami butuh data itu untuk melakukan pembagian tempat tempat menginap atau transit. Contoh PWM Papua Barat yang baru saja berkunjung ke UMS menginformasikan 200 penggembira yang akan kami tempatkan misalnya di SD Muhammadiyah I atau SD Muhammadiyah II,” jelas Reinal.

Reinal mengatakan saat ini sudah ada 16 qabilah dari PDM, PDA, PCA, dan PCM, termasuk majelis atau lembaga di tingkat cabang. Adapun jumlah penggembira yang tercatat hingga hari ini adalah 10.000 ribu orang.

“Namun yang lewat WA, ‘Kami siap datang’ kaya gitu’ mengabarkan siap datang jumlahnya lebih dari itu,” kata Reinal.

Ia menyampaikan, bahwa dari PWM Sulawesi Selatan akan melibatkan hingga 15.000 orang dengan 3 kapal dan 90 baru. Namun disebutnya, calon peserta penggembira Muktamar masih dalam proses pendaftaran.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya