Lafal Doa Pelunas Utang dan Anti Fakir, Dibaca di Waktu Mustajabah

Berikut ini doa pelunas utang dan anti fakir

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Jun 2024, 01:30 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2024, 01:30 WIB
[Bintang] Utang
Ilustrasi utang | Sumber Foto: kiplinger.com

Liputan6.com, Cilacap - Utang merupakan salah satu dari sekian banyak persoalan yang dialami oleh banyak orang. Bahkan masalah ini tak hanya dialami orang yang tak berduit saja, orang yang tergolong kaya (berduit) juga tak luput dari jerat utang.

Penyebab seseorang terjarat utang sangat beragam. Ada yang pendapatan atau penghasilannya memang tak mencukupi kebutuhannya hingga memang gaya hidup yang dilakoninya menyebabkan ia terjerat utang.

Lepas dari penyebabnya bermacam-macam, seseorang yang memiliki utang pasti merasakan hidup yang pahit serta dihantui ketakutan, kalau-kalau berjumpa dengan orang yang mengutanginya.

Menghadapi persoalan ini, selain usaha lahir tentu saja penting melakukan upaya batin seperti membaca wirid atau doa supaya utangnya cepat lunas. Berikut ini lafal doa pelunas utang dan anti fakir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Doa Pelunas Utang (1-2)

terbebas utang
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/rawpixel

Menukil Republika, berikut ini beberapa doa pelunas utang dan anti fakir yang mudah sekali dihafal.

Doa Pertama

اللَّهُمَّ إِنَّ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنَّ كَانَ فِي الأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنَّ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ، وَإِنَّ كَانَ قَرِيْبًا فَيَسِّرْهُ، وَإِنَّ كَانَ قَلِيْلًا فَكَثِّرْهُ، وَإِنَّ كَانَ كَثِيْرًا فَبَارِكْ لِي فِيهِ

Latin: Allahumma inna kaana rizqi fissamaa' fa anzilhu wa inna kaana fil ardhi fa akhrijhu wa inna kaana ba'iidan faqorribhu wa inna kaana qoriiban fayassirhu wa inna kaana qoliilan fakats tsirhu wa inna kaana katsiiron fa baariklii fiihi

Artinya: "Ya Allah, jika rezekiku di langit, maka turunkan, dan jika di bumi, maka keluarkan, dan jika jauh maka dekatkan, dan jika dekat, maka mudahkan, dan jika sedikit, maka perbanyaklah, dan jika banyak, maka berkatilah aku dengannya."

Doa Kedua

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ، وَرَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Latin: "Allahumma robbas samawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'adzhiim, iqdhii 'annad dayna wa aghninaa minal faqr."

Artinya: "Ya Allah, Rabb Tujuh Langit, dan Rab Arsy yang Agung, hapuslah utang kami, perkaya kami dan jauhkan dari kemiskinan."


Doa Pelunas Utang (3-4)

[Bintang] Utang
Ilustrasi utang | Sumber Foto: usnews.com

Doa Ketiga

 اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Latin: "Allahummak finii bi halaalika 'an haroomika wa aghninii bi fadhlika 'amman siwaaka."

Artinya: "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan barang yang halal dan jauhkan dari yang haram. Dan perkaya aku dengan keutamaan-Mu hingga aku tidak butuh kepada selain-Mu."

 Doa Keempat

يَا الله، يَا رَب، يَا حَيُّ يَا قَيُّوم، يَا ذَا الجَلاَلِ وَالإِكْرَام، أَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ العَظِيمِ الأَعْظَم أَن تَرْزُقَنِي رِزْقًا وَاسِعًا حَلَالًا طَيِّبًا، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرحَمَ الرَّاحِمِيْن

Latin: "Yallaah, ya robb, yaa hayyu yaa qoyyuum, yaa dzal jalaa li wal ikroom, as aluka bismikal 'adzhiimil a'dzhom an tarzuqoni rizqon waasi 'an halaalan thoyyiban, birohmatika yaa arhamarroohimiin."

Ya Tuhan, ya Tuhan, ya Yang Hidup, ya Pemelihara, ya Pemilik Keagungan dan Kehormatan, saya mohon kepada-Mu dengan Nama-Mu yang Agung dan Agung untuk menganugerahkan kepada saya rezeki yang banyak, halal dan baik, dengan rahmat-Mu, ya Yang Maha Penyayang dari yang penyayang.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya