Doa Bersama Hingga Makan Tumpeng, Cara Relawan Rejo Semut Sambut Pemimpin Baru

Para relawan datang dari berbagai latar belakang mulai nelayan, petani, sopir truk dan masyarakat umum menggelar doa hingga makan tumpeng bersama di 16 daerah

oleh Panji Prayitno diperbarui 20 Okt 2024, 09:23 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 09:17 WIB
Doa Bersama Hingga Makan Tumpeng, Cara Relawan Rejo Semut Sambut Pemimpin Baru
Relawan Rejo Semut Ireng menggelar doa bersama hingga makan tumpeng mengapresiasi 10 tahun kepemimpinan Jokowi dan menyambut pemimpin baru. (ist)

Liputan6.com, Jakarta Beragam cara dilakukan sebagian masyarakat dalam memberi apresiasi kepemimpinan Jokowi selama dua periode menjadi Presiden. Salah satunya syukuran menyambut pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo-Gibran.

Ragam rangkaian kegiatan digelar mulai dari tasyakuran, kenduri rakyat hingga seni tradisi di berbagai kota dan kabupaten. Setidaknya ada 16 Kota dan Kabupaten yang menggelar serentak acara tersebut.

Waketum DPP Rejo Semut Ireng, Hendry Juliant menyebutkan, 16 tempat yang menggelar acara syukuran tersebut yakni di Jawa Tengah meliputi Solo, Purworejo, Banjarnegara, Wonosobo, Demak, Kudus, Purwodadi, Blora, Pati, Rembang.

Kemudian di Jawa Timur meliputi Bojonegoro, Banyuwangi, Tuban dan Lumajang serta di Daerah Istimewa Yogyakarta di Sleman dan Kulonprogo. Di Banyuwangi, perayaan dipusatkan di RTH Tampo, Cluring, Banyuwangi dengan makan ancak bersama serta hiburan musik.

Tasyakuran dengan makan bersama 1000 an ancak atau nasi tumpeng kecil yang alasnya terbuat dari pelepah pisang. Relawan datang dari berbagai latar belakang mulai nelayan, petani, sopir truk dan masyarakat umum.

Hendry mengatakan, tasyakuran kali ini sebagai bentuk syukur atas capaian 10 tahun kepemimpinan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia.

“Acara ini kami gelar sebagai bentuk rasa syukur atas kesuksesan Pak Jokowi memimpin negara ini selama 10 tahun. Selain itu, kami juga bersyukur telah berhasil memenangkan Pak Prabowo dan mas Gibran, “ ucap Hendry Sabtu 19 Oktober 2024.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Jokowi dalam membangun bangsa dapat dilanjutkan oleh presiden dan wakil terpilih, Prabowo-Gibran. “Semua program-program dari Nawacita untuk mencapai Indonesia emas di tahun 2045 dijalankan oleh Pak Prabowo,” harapnya.

Makan Tumpeng

Doa Bersama Hingga Makan Tumpeng, Cara Relawan Rejo Semut Sambut Pemimpin Baru
Relawan Rejo Semut Ireng makan bersama tumpeng kecil. (ist)

Sementara di Pati Jawa Tengah, warga dihibur dengan seni tradisi ketoprak. Kegiatan Rejo Semut Ireng memang selalu dekat dengan kehidupan dan suara rakyat kecil dengan menggelar berbagai kegiatan seni tradisi; mulai kerhoprak, jatilan hingga hiburan kesenian rakyat lainnya.

Di Rembang, Jawa Tengah Relawan Rejo Semut Ireng, menggelar Tasyakuran Manaqiban Syech Abdul Qodir Al Jaelani di Rembang, Jawa Tengah, tepatnya di Nganten, Gambiran, Pamotan, Kabupaten Rembang, Sabtu (19/10/2024).

Menurut Koordinator Rejo Semut Ireng Rembang, Amroni, kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat dalam mengucapkan rasa syukur kepada Alloh SWT yang dilakukan dengan Tasyakuran, dengan Munajad kepada Alloh SWT meminta ridho dan karunia-Nya.

Ia menjelaskan Acara tasyaquran Manaqiban Syech Abdul Qodir Al Jaelani telah diawali dengan memotong kambing, kemudian makan bersama warga dan seluruh relawan.

"Ya kita berdoa bersama-sama, doa untuk pahlawan bangsa, leluhur, dan untuk pak Jokowi, mas Gibran serta pak Prabowo. Acara juga dilakukan spontan dari para relawan sebagai bentuk rasa syukur para relawan pendukung Prabowo-Gibran, sekaligus 10 tahun kepemimpinan Jokowi," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya