Waspada Detergen yang Bisa Jadi Sebab Timbulnya Jerawat di Dada

Tak hanya bisa ditemukan di bagian wajah, jerawat juga bisa timbul di dada dan bahan-bahan di dalam detergen ini sebabnya.

oleh Asnida Riani diperbarui 08 Jan 2019, 14:45 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2019, 14:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi pakaian yang dijemur. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Walau umumnya ditemukan di bagian wajah, bukan tak mungkin jerawat timbul di bagian tubuh lain. Selain muka, jerawat juga bisa timbul di punggung dan dada. Penyebabnya tidak berbeda dengan jerawat pada wajah. 

Biasanya, jerawat timbul, lantaran pori-pori kulit tertutup bakteri atau minyak yang diproduksi tubuh secara alami. Sebagian perempuan mengalami jerawat pada bagian dada karena tidak melakukan eksfoliasi kulit.

Hal itu membuat sel-sel kulit mati menumpuk dan membuat jerawat mudah timbul. Di samping itu, terdapat satu penyebab lain dari timbulnya jerawat yang jarang disadari, yaitu penggunaan sabun pencuci baju atau detergen

Dilansir dari Women's Health Magazine, Selasa (8/1/2019), meski sudah dibilas dengan bersih dan kering, ternyata bahan-bahan yang terdapat dalam sabun pencuci baju tidak hilang begitu saja dari kain. 

Bahan tersebut sebenarnya tidak begitu berbahaya. Namun, sebagian orang memiliki kulit lebih sensitif sehingga menimbulkan breakout. Biasanya, bahan di dalam detergen yang menimbulkan reaksi alergi adalah pewangi dan zat pewarna.

Jadi, sebelum membeli dan menggunakannya, cobalah untuk memeriksa kembali bahan-bahan yang terkandung di dalam detergen. Hindari kedua bahan ini untuk meredakan jerawat yang muncul di bagian dada. (Karla Farhana/Fimela.com)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya