3 Jenis Jaket Gunung yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut 3 jenis jaket gunung yang wajib kamu ketahui.

oleh Reza diperbarui 23 Mar 2021, 19:23 WIB
Diterbitkan 23 Mar 2021, 19:23 WIB
Mendaki dan Pendaki
Ilustrasi Foto Pendaki dan Mendaki Gunung (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Mendaki gunung menjadi kegiatan yang banyak disukai saat ini. Selain bisa berolahraga, mendaki gunung bisa melihat keindahan alamnya. Nah, bagi kamu pemula mendaki gunung tentu perlu melakukan persiapan yang baik. Jangan sampai, saat mendaki kamu tidak menyiapkan peralatan naik gunung denganbaik.

Salah satu peralatan yang wajib dibawa saat naik gunung adalah jaket. Namun, bukan jaket biasa yang harus kamu bawa ya. Ada beberapa jenis jaket yang memang khusus untuk mendaki gunung. Biar lebih jelas, berikut 3 jenis jaket gunung yang wajib kamu ketahui.

Jaket waterproof

Jenis jaket satu ini memiliki keunggulan untuk menahan air masuk ke bagian badan. Jadi, jika saat kamu mendaki gunung dan mengalami cuaca hujan, jaket ini mampu melindungi tubuh kamu dari basah.

Biasanya, jenis jaket ini berbahan gore-tex, yaitu bahan jaket yang mampu menahan air masuk ke dalam tubuh.

Jaket windproof

Kalau sekilas melihat, dari segi bentuk jaket windproof hampir sama dengan jaket waterpoof. Namun, jaket windproof berfungsi untuk menahan angin agar tidak masuk ke dalam tubuh. Jaket ini lebih hangat dipakai ketimbang jaket waterproof.

Jaket warmup

Terakhir adalah jaket warmup. Jaket jenis ini sangat cocok digunakan ketika mendaki gunung saat cuaca kemarau. Pasalnya, ketika cuaca kemarau udara di gunung cenderung lebih dingin. Nah, jaket ini sangat cocok untuk menahan dinginnya suasana gunung ketika musim kemarau.

Nah, kalau sudah begitu kamu tinggal pilih jaket mana yang bakal kamu bawa ketika mendaki gunung. Kini, jenis jaket itu tersedia di berbagai e-commerce di Indonesia. Dengan beragam merek, kamu bisa membeli melalui e-commerce pilihan.

Selama mendaki!

 

(*)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya