Atlet Senam Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo 2020 Cari Keluarga Kandungnya di Korea Selatan

Pesenam Olimpiade Tokyo 2020, Yul Moldauer, lahir di Seoul, Korea Selatan, dan diadopsi pasangan Amerika Serikat.

oleh Asnida Riani diperbarui 07 Agu 2021, 03:03 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2021, 03:03 WIB
Olimpiade Tokyo 2020
Atlet senam Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo 2020, Yul Moldauer. (dok. Instagram @yul_moldauer/https://www.instagram.com/p/CR0Uv6crgOg/)

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Olimpiade Tokyo 2020 resmi terselenggara pada 23 Juli 2021, di samping laga-laga mendebarkan, Anda telah melihat bagaimana tempat tidur kardus jadi sensasi daring, jurnalis asing jatuh hati pada makanan minimarket Jepang, bahkan isu kesehatan mental. Menambah panjang daftarnya, kini giliran pengakuan atlet senam Amerika Serikat, Yul Moldauer, yang mencari keluarga kandungnya.

Melansir Koreaboo, Jumat, 6 Agustus 2021, Moldauer lahir di Seoul, Korea Selatan, dan diadopsi pasangan Amerika. Saat diwawancara penyiar KBS di laga final senam artistik putra, ia mengungkap bahwa nama Koreanya adalah Kyung Tae.

Ia mengaku rindu pada Korea, dan sedang mencari kakak kandungnya yang mungkin masih tinggal di Negeri Ginseng. KBS juga melaporkan bahwa Moldauer ditinggalkan ibu kandungnya saat berusia satu tahun, dan ia dibesarkan di Colorado oleh orangtua angkatnya.

Kisah atlet 26 tahun itu menyentuh hati warganet Korea. Banyak dari mereka yang menawarkan dukungan untuk mencari keluarga kandung Moldauer. "Semoga ia bisa bertemu keluarga kandungnya setelah Olimpiade," tulis seorang pengguna Twitter.

Moldauer sendiri belum pernah kembali ke Seoul, tempat kelahirannya. Namun, ia mengatakan pada Voice of America bahwa dirinya berencana mengunjungi kota itu tahun depan.

"Saya selalu berkata pada diri sendiri, 'Jika saya punya tato, itu akan jadi bendera setengah Amerika, setengah Korea Selatan.' Saya dari Korea Selatan. Itu ada dalam darah saya, jadi itu akan selalu jadi tempat khusus bagi saya. Dan semoga suatu hari dalam tahun depan, saya bisa mengunjungi kota asal saya di Korea Selatan dan melihat seperti apa budayanya," kata atlet Olimpiade itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Menempati Posisi ke-6

Olimpiade Tokyo 2020
Atlet senam Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo 2020, Yul Moldauer. (dok. Instagram @yul_moldauer/https://www.instagram.com/p/CRM8Tl-LWRJ/)

Dalam laga final di Olimpiade Tokyo 2020, Moldauer menempati posisi ke-6 dengan skor 13.533, lapor Norman Transcript. Ini tentu bukan prestasi pertamanya.

Moldeaur juga tampil memukau di nomor individu lain, menempati urutan ke-19 di Men's Individual All-Around, ke-17 di Men’s Pommel Horse, dan ke-22 di Men’s Rings. Moldeaur dan tim Olimpiade Amerika Serikat menempati posisi ke-5 di Tim Artistik Pria All-Around.

Ini adalah pencapaian luar biasa bagi Moldauer setelah meraih tempat di pertandingan Olimpiade dengan penampilan luar biasa di babak seleksi Olimpiade AS. Moldauer juga merupakan anggota tim Senam Pria University of Oklahoma yang memenangkan kejuaraan nasional 2018.


Akhir Olimpiade Tokyo 2020

logo olimpiade
Logo Olimpiade. (AFP/Raphael Alves)

Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 hampir berakhir. Acara olahraga empat tahunan ini akan ditutup pada Minggu, 8 Agustus 2021. Laga-laga terakhirnya terdiri dari bola voli, tinju, dan maraton putra, lapor Time.

Acara terakhir Olimpiade Tokyo 2020 adalah final polo air putra pukul 16.30 waktu Tokyo. Setelah gol terakhir dicetak dan pemenang diumumkan, upacara penutupan akan diadakan di Stadion Olimpiade Tokyo pukul 20.00 waktu Tokyo.

Seperti saat upacara pembukaan, para penggemar tidak diperbolehkan menghadiri upacara penutupan karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Namun, pejabat dari berbagai negara, serta para atlet yang tersisa di Tokyo akan hadir di kesempatan itu.


Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020
Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya