Membanggakan, Indonesia Juara Destinasi Menyelam Terbaik Dunia 2021 Versi Dive Magazine

Dive Magazine menobatkan Indonesia sebagai destinasi menyelam terbaik dunia di 2021 mengungguli sembilan negara lainnya.

oleh Putu Elmira diperbarui 27 Des 2021, 09:18 WIB
Diterbitkan 27 Des 2021, 09:01 WIB
Mios Kun Raja Ampat
Mios Kun Raja Ampat. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan alam Nusantara telah sejak lama jadi sorotan dunia. Termasuk ketika Indonesia dinobatkan sebagai pemenang Best Scuba Diving Destination atau destinasi menyelam terbaik dunia pada ajang DIVE Travel Awards 2021 oleh Dive Magazine.

Dilansir dari laman Dive Magazine, Senin (27/12/2021), ajang penghargaan ini terdiri dari 108 destinasi berbeda, 245 liveabroards, dan lebih dari 750 pusat menyelam dan resor berbeda serta total hampir 17 ribu nominasi individu. Pembaca majalah ini telah memilih destinasi menyelam terkeren.

Penyelam dari seluruh dunia telah memilih destinasi favorit dari nominasi yang ada di ajang ini. Mereka mengungkapkan pilihan kedalaman dan penyebaran keunggulan dalam industri perjalanan terkhusus untuk menyelam.

Pengambilan suara menunjukkan loyalitas yang dimiliki banyak penyelam terhadap operator favorit mereka, baik di darat maupun di kapal. Hal tersebut juga menunjukkan skala industri selam di Indonesia dengan begitu banyak penyelaman yang sangat baik.

Mereka juga berharap ada sederet operator hebat yang tersebar di Indonesia. Dive Magazine memilih sebanyak 10 pemenang dari setiap kategori, ada nama baru dan ada pula yang juara bertahan.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemilih kami yang telah mendukung industri perjalanan selam, terutama di masa sulit Covid-19 ini. Dan kami semua berharap dapat kembali ke destinasi dan operator favorit kami tahun depan!" tulis majalah tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sederet Destinasi

Mios Kun Raja Ampat
Mios Kun Raja Ampat Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Indonesia berada di posisi teratas untuk tahun kelima secara berturut-turut. Majalah ini menuliskan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan merupakan jantung dari Coral Triangle atau Segitiga Terumbu Karang dengan kekayaan keanekaragaman hayati.

Selama ajang ini berlangsung, banyak orang yang menominasikan lokasi sebagai tujuan favorit mereka, daripada negara secara keseluruhan. Pihaknya pun mengumpulkan suara dari pemilih dan mendapat rincian regional.

"Raja Ampat sejauh ini merupakan wilayah paling populer di Indonesia, diikuti oleh Komodo, Bali (termasuk Kepulauan Nusa) dan Sulawesi Utara (termasuk Taman Nasional Lembeh dan Bunaken), dengan Kepulauan Gili di tempat kelima," jelas keterangan tersebut.


Kategori Lain

Pulau Padar
Spot terbaik untuk foto di Pulau Padar (Amal/Liputan6.com)

Indonesia berada di posisi puncak untuk kategori destinasi menyelam terbaik dunia. Tanah Air mengungguli sembilan destinasi lainnya, yakni Mesir, Malaysia. Maladewa, Meksiko, Filipina, Fiji, Solomon Islands, Galapagos, dan Thailand.

Tidak hanya kategori itu, Indonesia juga menyabet kemenangan untuk Best Scuba Diving Liveaboard. Coralia kembali ke posisi teratas dalam DIVE Travel Awards 2021 setelah dinobatkan sebagai pemenang pada 2019.

Meski peringkat Coralia turun (tetapi tetap berada di 10 Teratas) di 2020, tahun ini ia menempati posisi pertama setelah bulan pertama pemungutan suara, dan berduel dengan Bilikiki selama enam bulan berikutnya. Keduanya bertukar posisi sebelum menempati posisi pertama dan bertahan.

Coralia memiliki kapal Phinisi berdesain klasik dengan delapan kabin yang luas. Coralia menjalankan serangkaian rencana perjalanan dari markasnya di Raja Ampat, meliputi Komodo, Laut Banda, Alor, Halmahera, dan Teluk Cenderawasih.


Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya