Kapten Tim Voli Putri Indonesia di SEA Games 2023 Wilda Siti Nurfadhilah, Mendesain dan Punya Brand Hijab Sendiri

Wilda Siti Nurfadhilah merupakan salah satu atlet voli putri pertama yang mengenakan hijab di ajang SEA Games.

oleh Henry diperbarui 12 Mei 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 20:30 WIB
Kapten Tim Voli Putri Indonesia di SEA Games 2023 Wilda Siti Nurfadhilah
Salah satu koleksi hijab kreasi Kapten Tim Voli Putri Indonesia di SEA Games 2023 Wilda Siti Nurfadhilah.  foto: Instagram @wildanurfadhilahh

Liputan6.com, Jakarta - Kapten timnas voli putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi, jadi pusat perhatian dunia Internasional. Tak hanya karena memimpin skuat Indonesia berlaga di SEA Games 2023 Kamboja, melainkan juga karena profilnya dimuat oleh situs Volleyball World berkat keputusannya mengenakan hijab saat berlaga.

Ia merupakan salah satu atlet voli putri pertama yang mengenakan hijab di ajang pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu. Wawancara eksklusif Wilda pun dipublikasi Volleyball World pada Selasa, 9 Mei 2023, yaitu pada hari ketika tim Indonesia berhadapan dengan Thailand dalam laga pertama babak penyisihan bola voli putri SEA Games 2023.

Sayangnya, dalam laga ini, Indonesia kalah 0-3 dengan skor 16-25, 16-25, 16-25. Namun dalam beberapa pertandngan selanjutnya tim Indonesia berhasil meraih kemenangan dan melaju ke babak semifinal. Wlda cs akan menghadapi tim Vietnam dalam babak semifinal yang akan berlangsung pada Sabtu, 13 Mei besok.

Sedangkan dalam wawancaranya tersebut, Wilda membicarakan mengenai keputusannya untuk mengenakan hijab saat bertanding, dan tekadnya untuk menormalisasi penggunaan hijab di antara para pevoli putri yang beragama Islam. Ia pun mengaku senang mendapatkan dukungan dari para pencinta voli

"Tidak selalu mudah mengenakan hijab di lapangan voli. Pada awalnya, ada beberapa respons negatif, tetapi saya bertekad mengenakannya karena ini adalah bagian penting dari identitas saya, dan sesuatu yang membuat saya paling nyaman dalam bermain voli," terang wanita kelahiran Bandung pada 7 Februari 1995 ini.

"Orang-orang kini sudah sangat terbiasa, saya tidak lagi mengalami kebencian apa pun, hanya cinta dari para penggemar kami yang menakjubkan!" lanjut pemain yang sudah menggemari voli sejak usia sembilan tahun ini.

Penampilan Wilda Siti Nurfadhilah pada akun Instagram @.Volleyballworld, membuat banyak pihak yang memberikan apresiasinya. Tak hanya memuat potret Wilda, unggahan ini juga disertakan link berita yang memuat profil lengkap dan latar belakang seorang Wilda Siti Nurfadilah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terjun di Dunia Fesyen Hijab

Kapten Tim Voli Putri Indonesia di SEA Games 2023 Wilda Siti Nurfadhilah
Kapten Tim Voli Putri Indonesia di SEA Games 2023 Wilda Siti Nurfadhilah. foto: Instagram @wildanurfadhilahh

Hal ini cukup menarik perhatian para pevoli dunia yang terlihat memberikan like atau komentar dalam unggahan ini.  Salah satunya akun milik pevoli Bruno Rezende, yang merupakan pemain timnas Brasil yang berhasil menjadi juara dunia juga memberi komentar pada unggahan ini. Akun bernama @.bruninho1 memberi komentar  "Amazing (luar biasa),” pada unggahan tersebut.

Kesuksesan Wilda membantu Bandung BJB Tandamata menjuarai Proliga 2023 juga membuktikan hijab sama sekali bukan halangan bagi para pevoli putri untuk tampil apik dan meraih prestasi mentereng. Pemilik tinggi badan 178 cm ini juga menjadi brand ambassador beberapa produk yang berkaitan dengan olahraga.

Hal ini bahkan menginspirasi Wilda untuk terjun di dunia fesyen untuk dunia olahraga  Wilda diketahui memiliki jenama busana bernama Fadhilahijab 17 Sport yang bisa dilihat di akun Instagram @fadhilahhijab17.

Tak hanya menjual, ia juga mendesain sendiri hjjab-hijab yang dijualnya. Ia mengkreasi berbagai jenis hijab yang mendukung aktivitas olahraga atlet-atlet putri agar performa mereka tetap prima dan maksimal. Wilda pun punya alasan tersendiri untuk melakukannya.


Hijab untuk Olahraga

Wilda Siti Nurfadhilah - HUT ke-75 RI
Pemain bola voli putri Timnas Indonesia Wilda Siti Nurfadhilah mengucapkan HUT ke-75 RI. (foto: instagram.com/wildanurfadhilahh)

"Rasanya tak banyak toko yang menjual hijab untuk olahraga. Jadi, saya memutuskan untuk mendesain dan membuat jenama hijab saya sendiri untuk tujuan ini, dan ternyata banyak orang menyukainya dan ingin membelinya," ungkap Wild, melansir laman bola.net.

Kini Wilda pun sangat fokus membantu timnas voli putri Indonesia untuk berjaya di SEA Games 2023 Kamboja. Sebagai kapten, ia pun bertugas untuk membuat skuatnya tetap kompak dan berlaga dengan performa sebaik mungkin demi meraih medali emas.

"Saya sangat bersyukur bisa memiliki karier baik di kancah voli Indonesia. Pengalaman ini luar biasa karena menjadi kapten tim tidaklah mudah," ungkap pevoli bernomor punggung 17 yang sudah tujuh kali membela Indonesia di SEA Games ini.

"Sebagai tim, kami punya sisi emosional dan sensitif pada cara kami tampil di lapangan. Sebagai kapten, saya harus bisa berintervensi dan bermediasi. Ini tak mudah, tetapi merupakan sebuah kehormatan bisa memimpin tim ini," sambungnya.


Voli Putri Melaju ke Semifinal SEA Games 2023

Kapten Tim Voli Putri Indonesia di SEA Games 2023 Wilda Siti Nurfadhilah
Kapten Tim Voli Putri Indonesia di SEA Games 2023 Wilda Siti Nurfadhilah. foto: Instagram @wildanurfadhilahh

Timnas voli putri Indonesia berhasil raih dua kemenangan berturut-turut usai taklukan Myanmar dalam pertandingan terakhir di fase grup cabang olahraga voli putri SEA Games 2023, Kamis (11/5/2023). Mereka mengalahkan Myanmar dengan skor 25-9. 25-9, 25-15. Dengan begitu, Indonesia telah mengunci posisi runner up Grup A cabor voli putri dengan perolehan enam poin, dua kemenangan serta satu kali kalah.

Satu-satunya kekalahan tersebut datang dari sang pemuncak grup Thailand pada laga pembuka Thailand sendiri berhasil finis sebagai juara Grup A dengan perolehan poin sempurna yaitu sembilan usai menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan.

Sebagai runner up Grup A, Indonesia akan melaju ke babak semifinal dan berhadapan dengan juara Grup B yaitu Vietnam yang sama seperti Thailand, berhasil memenangkan semua pertandingan di fase grup.

Sementara itu, Thailand akan berjumpa dengan runner up Grup B Filipina pada putaran semifinal. Pertandingan semifinal voli putri SEA Games 2023 sendiri akan digelar pada Sabtu (13/5/2023) pukul 17.00 dan 19.30 WIB. Dilanjutkan dengan perebutan juara tiga serta babak final di hari Minggu (14/5/2023).

 

Infografis Kiprah Indonesia di SEA Games
Kiprah Indonesia di SEA Games (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya