5 Cara Cerdas Atur Keuangan Agar Liburan Tengah Tahun Bukan Sebatas Mimpi

Mengatur keuangan merupakan hal yang sangat penting dilakukan, terutama saat Anda ingin liburan.

oleh Fachri pada 26 Mei 2023, 13:45 WIB
Diperbarui 26 Mei 2023, 13:39 WIB
Liburan.
Ilustrasi dua wanita hendak pergi liburan. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki rencana untuk melakukan liburan tengah tahun? Jika iya, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, salah satunya adalah mengatur keuangan untuk membuat rencana tersebut menjadi kenyataan.

Pasalnya, mengatur keuangan merupakan hal yang sangat penting dilakukan, terutama saat Anda ingin liburan. Jika tidak cerdas sekaligus cermat dalam mengatur keuangan, uang yang Anda miliki akan cepat habis dan liburan pun menjadi bad trip semata.

Untuk itu, dilansir dari Clever Girl Finance, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin mewujudkan liburan tengah tahun!

1. Hemat dalam Berbelanja

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memangkas pengeluaran di pos-pos lainnya, terutama dalam berbelanja kebutuhan sekunder dan tersier. Dengan menghemat belanja, pendapatan bulanan yang Anda alokasikan untuk kebutuhan yang kurang penting seperti terlalu banyak belanja online atau menonton film di bioskop dapat dimasukkan ke pos liburan.

2. Cari Dana Tambahan di Luar Pendapatan Bulanan

Jika Anda ingin mengumpulkan dana liburan, dana tambahan di luar pendapatan bulanan merupakan salah satu cara paling menguntungkan. Anda bisa memulai dari sesuatu yang kecil, salah satunya dengan menjadi freelancer. Nah, dana tambahan yang Anda dapatkan tersebut, dapat langsung dimasukkan ke pos liburan yang sudah ditetapkan, ya!

3. Siapkan Pos Keuangan untuk Liburan

Mengatur Keuangan
Manajemen keuangan yang baik bagi anak kos sangat penting untuk selalu hemat dan tidak melebihi budget. (Credit: Freepik/wirestock)

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan liburan tengah tahun adalah dengan menyiapkan pos keuangan untuk liburan. Anda bisa mengalokasikan 10 hingga 15 persen pendapatan bulanan yang didapat untuk masuk ke pos tersebut. Pada saat liburan tiba, Anda tidak akan pusing mencari dana, karena sudah terkumpul, ya!

4. Menabung Secara Rutin

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menabung. Ya, menabung merupakan langkah penting dan krusial yang harus dilakukan agar liburan tengah tahun Anda dapat terwujud. Namun, ada kalanya menabung merupakan hal yang tidak rutin dilakukan, entah karena tidak disiplin mengatur keuangan atau lalai, meski pos keuangannya sudah disiapkan.

Guna menjadikan menabung sebagai hal yang rutin dilakukan, Anda bisa menggunakan aplikasi Jago. Pasalnya, Jago memiliki fitur Autosave yang memudahkan pengguna untuk menabung secara otomatis saat ingin liburan. 

Selain itu, Jago juga memiliki Kantong Jago yang dapat memisahkan berbagai kebutuhan Anda. Sederhananya, memiliki 40 Kantong Jago sama dengan memiliki 40 rekening di dalam 1 aplikasi. Tak hanya itu, ada pula Kantong Bayar sebagai sumber dana pembayaran QRIS. Pilih Kantong Bayar yang sesuai untuk kebutuhan liburan agar pengeluaran lebih teratur dan mencegah overspend.

Homepage Kantong Jago.
Homepage Kantong Jago.

Jago hadir tidak hanya memudahkan Anda merencanakan keuangan untuk liburan saja lho, tapi juga saat Anda sedang berlibur, transaksi keuangan pun dimudahkan. Bagaimana tidak? Jago memiliki Kartu Debit Jago Visa dalam bentuk fisik dan digital.

Jago.
Kartu Visa Jago.

Anda dapat menggunakan Kartu Debit Jago Visa Digital untuk transaksi online, sedangkan kartu fisik adalah salah satu metode pembayaran di Jago yang bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM serta Visa yang tersebar di seluruh dunia. Kartu fisik ini bisa kamu buat lebih dari satu kartu dan bisa dihubungkan ke salah satu Kantong Bayar, lho!

Menariknya lagi, Anda juga dapat mengatur limit Kartu Debit Jago Visa dan melihat riwayat transaksinya di dalam aplikasi. Tentunya, metode pembayaran ini dapat dilakukan di pembayaran internasional.

Kemudahan dan keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi pengguna Kartu Debit Jago Visa ternyata banyak, lho! Pertama, Anda dapat melakukan banyak transaksi online, mulai dari top up saldo dompet digital hingga belanja online di berbagai toko di seluruh belahan dunia.

Kedua, ketika Anda berada di luar negeri, transaksi pembayaran pun bisa menggunakan Visa payWave. Caranya pun mudah, Anda hanya cukup tap atau melambaikan kartu di depan mesin yang punya simbol Visa payWave dan tunggu hingga dapat konfirmasi pembayaran. 

Ketiga, Kartu Debit Jago Visa dapat dilakukan untuk metode pembayaran di seluruh dunia. Baik di dalam maupun di luar negeri, baik online maupun offline, semua transaksi bisa dibayar.

Keempat, ini merupakan keuntungan yang sangat membuat Anda aman. Pasalnya, dengan Jago, Anda tidak perlu membawa uang tunai yang teramat banyak untuk menghindari tindak kejahatan selama berlibur. Anda cukup menggunakan kartu ATM Jago di luar negeri yang bisa dijadikan opsi metode pembayaran. Jika sampai membutuhkan uang tunai, Anda dapat menariknya dari mesin ATM manapun di berbagai belahan dunia. 

Kelima, keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi pengguna Jago adalah bisa terhindar dari overspending saat liburan. Yup, Anda dapat mengatur limit transaksi harian Kartu Debit Jago Visa sesuai dengan kebutuhan!

Dengan Anda menggunakan aplikasi Jago, banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang bisa anda dapatkan. Contohnya untuk segala kebutuhan untuk liburan, bisa dipantau serta direncanakan hanya dalam satu aplikasi.

The point is, segala kemudahan ada di genggaman Anda, lho! Yuk langsung aja pakai Kantong Jago dan Kartu Debit Jago Visa agar liburan tengah tahun Anda terwujud. 

Sudah tertarik memiliki Kartu Debit Jago Visa? Anda bisa langsung membuatnya lewat aplikasi, tidak perlu mampir ke cabang Bank Jago. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kartu dengan praktis dan nyaman, karena Kartu Debit Jago Visa akan dikirim ke alamat rumah pengguna tanpa dipungut biaya apa pun (tergantung Level Akun Anda).

Dan buat yang belum punya aplikasi Jago, langsung saja unduh di sini! Anda tidak perlu khawatir karena PT Bank Jago TBk telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta penjaminan LPS.

 

(*)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya