Kalender 2023A Jadi Rebutan, Orang-Orang Hindari Angka 4 yang Dipercaya Bawa Sial

Alih-alih 2024, sebuah kopitiam di Malaysia justru berbagi kalender 2023A yang langsung jadi rebutan pelanggan.

oleh Asnida Riani diperbarui 05 Jan 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2024, 21:00 WIB
Kalender 2024
Kalender 2023A jadi rebutan karena orang-orang menghindari angka 4 yang dipercaya bawa sial. (dok. Facebook Jia Kopitiam/https://www.facebook.com/photo/?fbid=882942786706975&set=a.739913487676573)

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru berarti kalender baru, tapi alih-alih 2024, kalender 2023A justru jadi rebutan. Setidaknya itulah yang terjadi di sebuah kopitiam di Malaysia yang berbagi kalender gratis bagi para pelanggan.

Melansir Says, Kamis, 4 Januari 2024, bukan membagikan kalender 2024, kopitiam itu menyertakan "2023A," karena angka "4" dianggap membawa nasib buruk dan kesialan. Menurut Zolima City Mag, bukan masyarakat China saja yang tidak menyukai angka 4, warga Asia Timur, termasuk Korea dan Jepang, juga beranggapan demikian.

Bagi mereka, angka 4 sebaiknya dihindari karena diyakini membawa "suwey" alias sial. Ketakutan ini disebut dengan tetraphobia, yaitu perasaan takut atau berusaha menjauhi angka 4 yang dikaitkan dengan kematian.

Namun, hal ini terjadi karena di sebagian besar bahasa Asia Timur, angka 4 terdengar sangat mirip dengan kata "kematian." Misalnya, angka 4 dalam bahasa Kanton diucapkan  dan menyerupai pengucapan . Bahkan, ada kepercayaan bahwa angka 14 lebih sial karena terdengar seperti "harus meninggal."

Kepercayaan ini diterapkan sangat serus, karena China tidak melanjutkan penawaran jadi tuan rumah Olimpiade 2004 setelah gagal mendapatkannya pada 2000. Negara itu menunggu hingga Olimpiade 2008, apalagi dengan nomor 8 yang mereka yakini membawa "ong" alias keberuntungan.

Sedangkan di Hong Kong, beberapa bangunan tidak memiliki lantai dengan angka 4. Tidak hanya lantai 4, 14, 24, dan seterusnya, seluruh lantai 40 hingga 49 juga dilewati. Masyarakat Hong Kong juga akan berusaha semaksimal mungkin menghindari angka 4, termasuk pada nomor telepon, alamat, dan pelat nomor kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Selalu Bawa Sial

Ilustrasi angka (Pixabay)
Ilustrasi angka 4. (Pixabay)

Sementara itu, dari kacamata zodiak, angka 4 justru terkait dengan ekspresi diri, kesetiaan, stabilitas mental, kepercayaan, kesabaran, pengorganisasian, dan tekad, catat Your Tango. Angka 4 juga memiliki energi Malaikat Agung. Secara keseluruhan, 4 adalah angka fokus, kepraktisan, landasan, kelengkapan, dan kejujuran.

Angka 4 terlihat pada banyak rangkaian angka, namun dipercaya memiliki kekuatan yang luar biasa jika berada pada angka 44, 444, dan 4444. Angka 44 berkaitan dengan kerja keras, landasan, dan prestasi, serta mendapat kepastian dan dorongan untuk terus maju.

Angka 444 adalah angka dorongan dan perlindungan yang melambangkan perlunya mendengarkan intuisi dan memercayai suara dan kebijaksanaan hati. Angka 4444 memang melambangkan kesulitan, ketidakpastian, dan keengganan, namun dipandang sebagai sumber inspirasi untuk menyelesaikan masalah Anda dengan solusi tidak biasa.

Dalam numerologi, angka 4 merupakan angka keempat berturut-turut, setelah angka 1, angka 2, dan angka 3. Karena 4 dikaitkan dengan fokus, pengorganisasian, kesejahteraan, dan tekad, angka ini menekankan pentingnya menggunakan energi positif untuk membangun landasan bagi masa depan.


Ragam Arti Angka 4

Ilustrasi angka 4
Ilustrasi angka empat/Copyright pexels/Miguel Á. Padriñán

Mereka yang mengasosiasikan angka 4 dan energinya dikenal lugas, stabil, praktis, dan percaya diri, meski sering kali kesulitan menyesuaikan diri dengan perubahan. Fakta angka 4 berkaitan dengan matematika, agama, politik, filsafat, sains, musik, dan olahraga.

Misalnya, ada 4 musim, 4 Kebenaran Mulia dalam agama Buddha, 4 Injil dalam agama Kristen, 4 keadaan dasar materi dalam kimia, dan The Beatles dikenal sebagai Fab Four dalam musik.

Dalam agama Hindu, angka 4 dianggap suci dan simbolis, serta mengandung energi positif. Ini mewakili 4 tahap kehidupan, yaitu Brahmacharya (siswa), Grihastha (perumah tangga), Vanaprastha (pensiun), dan Sannyasa (pelepasan keduniawian).

Angka itu juga mewakili 4 arah, 4 Weda, dan 4 tujuan hidup manusia: Dharma (kebenaran), Artha (kekayaan), Kama (kesenangan), dan Moksha (pembebasan). Dalam kepercayaan budaya penduduk asli Amerika, arti 4 berubah dari satu suku ke suku lainnya.

Kepercayaan umum mengasosiasikan angka 4 dengan 4 arah mata angin (utara, selatan, timur, dan barat), 4 elemen (bumi, udara, api, dan air), atau 4 musim (musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim gugur). musim dingin) dan, secara keseluruhan, mewakili keseimbangan, harmoni dan keutuhan, terutama di alam.


Malaikat Nomor 4

Ilustrasi tahun baru 2024
Ilustrasi tahun baru 2024. (Image by dashu83 on Freepik)

Kemudian, ada Malaikat Nomor 4 yang melambangkan penerimaan cinta dan dukungan dari malaikat pelindung Anda, serta dorongan atas ketahanan dan kemampuan Anda mencapai tujuan. Malaikat Anda akan membimbing Anda melewati masa-masa sulit dalam hidup dan membantu Anda jadi orang yang lebih baik, produktif, dan meraih bintang.

Angka 4 adalah pesan dari para malaikat bahwa Semesta bekerja untuk kebaikan Anda, menawarkan cinta yang Anda butuhkan. Tidak hanya untuk sukses dengan mencapai tujuan Anda, tapi dengan bersiap dan terbuka terhadap perubahan setelah memupuk pencerahan spiritual dan kesehatan mental.

Dengan Malaikat Nomor 4, mimpi dipercaya akan kenyataan. Namun hal ini bukan semata-mata karena malaikat membimbing Anda, namun karena Anda meluangkan waktu dan energi untuk mengekspresikan diri dan kreativitas Anda, mengembangkan rasa percaya diri, dan menghadapi tantangan hidup dengan tegar.

Malaikat Nomor 4 dapat membantu Anda mewujudkan keinginan dan tujuan Anda dengan menggunakan energinya untuk mengatasi rintangan dan mencapai kesuksesan. Mulailah dengan melatih disiplin untuk mencapai tujuan Anda. Berfokuslah untuk menciptakan landasan yang stabil dan aman dalam hidup Anda dengan bersikap terorganisir.

Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat
Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya