Ketahui 9 Tanda Pria Setia dan Bisa Diandalkan, Biar Nggak Salah Pilih Pasangan!

Perhatikan dengan baik tanda-tanda pria setia dan bisa diandalkan, biar kamu gak salah pilih pasangan.

oleh Arninda Oktaviani diperbarui 02 Sep 2024, 14:44 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 14:44 WIB
Ketahui 9 Tanda Pria Setia dan Bisa Diandalkan, Jangan Sampai Kamu Lepaskan!
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Tanda-tanda pria setia dan bisa diandalkan itu bisa dilihat dan dirasakan secara langsung. Mengetahui tanda pria setia akan membantu kamu menemukan pasangan yang baik untuk membina rumah tangga.

Punya pasangan setia dan bisa diandalkan merupakan dambaan setiap wanita untuk mewujudkan hubungan yang bahagia. Kesetiaan menjadi pondasi untuk membangun kepercayaan dan keharmonisan. Saat seorang wanita memiliki pasangan yang setia, ia akan merasa aman dan tenang, terlindungi dari rasa khawatir dan curiga. 

Di sisi lain, pasangan yang bisa diandalkan itu memberikan dukungan emosional dan praktis untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Mereka selalu ada di saat dibutuhkan, baik dalam situasi bahagia maupun sulit. Dukungan pasangan membantu setiap wanita bisa lebih tenang dan fokus pada tujuannya.

Kepribadian pasangan setia dan bisa diandalkan tidak selalu mudah dikenali langsung. Namun, penelitian psikologi telah mengidentifikasi beberapa tanda umum yang dapat membantu setiap wanita mengenali pria setia dan bisa diandalkan.

Untuk bisa mengetahui tanda pria setia dan bisa diandalkan, kamu bisa melihatnya dari beberapa tanda berikut ini seperti dikutip dari hackspirit.com.

1. Percaya Diri

Tanda pria setia biasanya punya rasa percaya diri yang tinggi. Mereka tidak mudah insecure atau rendah diri. Pria yang percaya diri tahu bahwa mereka tidak perlu mencari validasi dari orang lain, termasuk dari wanita lain. Mereka nyaman dengan diri sendiri dan tidak butuh pengakuan orang lain untuk merasa berharga. Jadi, kalau pasanganmu percaya diri, besar kemungkinan dia tidak akan tergoda untuk mencari perhatian dari wanita lain.

2. Tidak Pasif-Agresif

Sikap pasif-agresif bisa menjadi tanda kalau seseorang menyimpan banyak rasa tidak puas atau dendam dalam hubungan. Pria yang setia lebih memilih untuk berbicara secara langsung jika ada masalah. Mereka lebih suka menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat daripada memendamnya dan kemudian meledak dalam bentuk perilaku negatif, seperti berselingkuh. Komunikasi yang jujur dan terbuka adalah kunci bagi pria yang setia.

3. Menghormati Orang Lain

Pria yang setia adalah mereka yang tahu cara menghormati orang lain, bukan hanya dengan pasangannya, tetapi juga kepada teman, keluarga, dan bahkan orang asing. Mereka tidak akan dengan sengaja menyakiti atau mengecewakan orang lain. Rasa hormat ini membuat mereka sulit untuk berbuat curang karena mereka tidak ingin melukai perasaan pasangannya. Jika pasanganmu selalu bersikap sopan dan penuh hormat, itu tanda baik bahwa dia setia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Menepati Janji

Ilustrasi pasangan setia
Ilustrasi pasangan setia. (Image by freepik)

Mereka menganggap serius setiap janji yang mereka buat dan berusaha untuk tidak mengecewakan orang lain. Pria seperti ini akan selalu berusaha untuk mempertahankan integritasnya dan tidak ingin kehilangan kepercayaan dari orang-orang yang mereka sayangi. Jika pasanganmu selalu menepati janjinya, dia adalah seseorang yang bisa diandalkan dan setia.

5. Tidak Bisa Menyimpan Rahasia Dari Kamu

Tanda pria setia selanjutnya, biasanya merasa tidak nyaman jika harus menyembunyikan sesuatu dari pasangannya. Mereka lebih suka jujur dan terbuka, meskipun itu mungkin berarti harus mengakui kesalahan atau kebiasaan kecil yang tidak disukai. Ketidakmampuan untuk menyimpan rahasia ini justru menjadi tanda bahwa dia tidak akan mudah berselingkuh, karena dia tidak bisa menahan diri untuk tidak memberitahumu hal-hal yang terjadi dalam hidupnya.

6. Mengkomunikasikan Kebutuhannya

Pria yang setia tidak takut untuk mengungkapkan kebutuhannya dalam hubungan. Apakah itu butuh lebih banyak waktu bersama, lebih banyak dukungan, atau bantuan di sekitar rumah, mereka akan mengatakannya. Mereka tidak ingin merasa diabaikan atau tidak dipedulikan, jadi mereka akan berbicara jika ada yang kurang. Pria yang bisa berkomunikasi dengan baik cenderung lebih setia karena mereka berusaha untuk menjaga keseimbangan dalam hubungan.

7. Konsisten

Konsistensi adalah kunci dalam menilai kesetiaan seseorang. Tanda pria setia akan menunjukkan perilaku yang sama baik ketika kamu ada di dekatnya maupun saat tidak. Mereka tidak berubah-ubah dan selalu menunjukkan cinta dan perhatian yang sama. Konsistensi ini menunjukkan bahwa dia tulus dan tidak bermain-main dengan perasaanmu.

 


8. Memprioritaskan Hubungan

pasangan cinta
Ilustrasi pasangan cinta setia. | copyright freepik.com/master1305

Tanda-tanda pria setia adalah akan selalu memprioritaskan hubungan mereka. Mereka akan berusaha untuk menjaga hubungan tetap sehat dan harmonis. Mereka akan selalu ada untuk pasangannya, baik dalam situasi sulit maupun saat-saat bahagia. Memprioritaskan hubungan menunjukkan bahwa dia menghargai dan serius dengan komitmennya.

9. Tidak Mudah Tergoda

Pria yang setia biasanya tidak mudah tergoda oleh godaan dari luar. Mereka bisa menahan diri dan tetap fokus pada hubungan mereka. Mereka tahu apa yang penting dan tidak akan mempertaruhkan hubungan mereka untuk kesenangan sesaat. Ketahanan terhadap godaan adalah tanda kuat bahwa dia setia dan bisa diandalkan.

Itulah 9 tanda pria setia dan bisa diandalkan. Kalau pasanganmu menunjukkan sikap-sikap ini, kamu bisa merasa lebih tenang dan yakin bahwa dia adalah seseorang yang bisa menjadi pelabuhan terakhir hatimu. Tetaplah menjaga komunikasi dan saling menghargai agar hubungan kalian selalu harmonis.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya