Kolaborasi Dukung Program Pertanian untuk Mendorong Desa Mandiri Berkelanjutan

Pemberian bantuan ini dilaksanakan dengan bertajuk tema Kolaborasi Ekowisata Durian Nusantara PT Indra Karya (Persero) Bersama Pokdarwis Bumi Katineung Desa Seda, yang dilaksanakan secara simbolis dengan penyerahan 200 bibit durian berbagai jenis.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 31 Agu 2024, 06:05 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2024, 01:54 WIB
Kolaborasi Dukung Program Pertanian untuk Mendorong Desa Mandiri Berkelanjutan.
Kolaborasi Dukung Program Pertanian untuk Mendorong Desa Mandiri Berkelanjutan. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - PT Indra Karya (Persero) melaksanakan serah terima bantuan penanaman Durian Nusantara di Desa Seda, Kecamatan Mandirancan, Kuningan Jawa Barat. Indra Karya memercayakan bantuan penanaman bibit durian ini untuk dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata di lahan seluas 1,5 hektare.

Lahan tanam milik desa ini diharapkan dapat dikelola dan dikembangkan sebagai area yang dapat mendorong wisata buah durian yang dikelola oleh Pokdarwis Bumi Katineung dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Seda. Pemberian bantuan ini dilaksanakan dengan bertajuk tema Kolaborasi Ekowisata Durian Nusantara PT Indra Karya (Persero) Bersama Pokdarwis Bumi Katineung Desa Seda, yang dilaksanakan secara simbolis dengan penyerahan 200 bibit durian berbagai jenis yang dimanfaatkan bagi kemajuan warga Desa Seda.

Hal ini jadi bentuk nyata dari komitmen perseroan untuk mendukung pertanian desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan potensi ekonomi dan wisata di sektor pertanian.Kondisi lahan yang baik berpotensi untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan bibit durian, sehingga dapat mendorong desa menjadi sentra durian dan destinasi wisata agropolitan organik.

Kegiatan serah terima ini juga mencakup aspek sosial masyarkaat, meliputi adanya perencanaan penanaman pohon durian sebanyak 200 pohon dengan perawatan usia pohon 6 tahun, penjualan bibit tanaman durian dan kelapa hibrida, peningkatan skill petani melalui pelatihan pembuatan kompos dan komunikasi, pengelolaan kantin/tempat makan, dan penambahan jumlah personel keamanan dan kebersihan.

Turut hadir VP Corporate Secretary PT Indra Karya (Persero) Okky Suryono pada seremonial ini selaku perwakilan manajemen menyampaikan apresiasi dan mengajak partisipasi antusias kepada seluruh pihak agar program dapat terlaksana dengan baiik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mendorong Ekowisata

Kolaborasi Dukung Program Pertanian untuk Mendorong Desa Mandiri Berkelanjutan.
Kolaborasi Dukung Program Pertanian untuk Mendorong Desa Mandiri Berkelanjutan. foto: istimewa

"Program bantuan 200 bibit buah durian Ini merupakan bentuk nyata dari komitmen kami untuk mendukung pertanian di desa ini, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan potensi ekonomi dan wisata di sektor pertanian,” terang Okky. Hasil dari bibit diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para petani dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat desa serta mendorong ekowisata di Desa Seda ini.

"Harapan kami, hasil dari bibit ini kelak dapat meningkatkan perekonomian para petani dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat desa serta mendorong eko wisata di Desa Seda yang mampu mendorong Desa Seda menjadi Desa mandiri dan maju,” tutur Okky.

Pada kesempatan tersebut, Sriwaluya Suparman selaku Camat Mandirancan menyampaikan apresiasinya kepada PT Indra Karya (Persero) atas program bantuan bibit durian tersebut untuk mendorong kemandirian desa di bidang pertanian dan wisata.


Program Bantuan

Kolaborasi Dukung Program Pertanian untuk Mendorong Desa Mandiri Berkelanjutan
Kolaborasi Dukung Program Pertanian untuk Mendorong Desa Mandiri Berkelanjutan.  foto: istimewa

"Kami ucapkan terimakasih atas peran kepedulian PT Indra Karya (Persero) selaku BUMN yang telah menyalurkan Program bantuan berupa bibit buah durian sebanyak 200 bibit yang ditanam di lahan desa, kami dan perangkat Desa akan menjaga agar pohon ini dapat dimanfaatkan dengan baik bagi ekonomi desa di bidang pertanian serta mendorong ekowisata di Desa Seda yang akan di kelola oleh Pokdarwis sehingga Desa Seda di Kecamatan Mandirancan ini dapat berkembang dan semakin maju kedepannya,” ucap Waluya.

Kepala Desa Seda Suharsa Hendrawan dan Ketua Pokdarwis Bumi Katineung H. Dasuki Sudiana juga menyampaikan apresiasi pada Indra Karya dan berharap pohon durian dapat menjadi ikon Desa Seda, serta menambah semarak warga lokal untuk menghidupkan desa seda menjadi desa mandiri.

Turut hadir pada kegiatan ini Devi Julirawati selaku Manager TJSL PT Indra Karya (Persero), Sriwaluya Suparman selaku Camat Mandirancan, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Seda, perangkat desa, dan warga Desa Seda.

 

Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit
Infografis Tanaman Sayuran yang Cocok Ditanam di Lahan Sempit. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya