Wujudkan Pelayanan Publik Optimal, Jokowi Dorong Transformasi Digital di Sektor Birokrasi

Presiden Jokowi terus mendorong pelayanan publik yang optimal, salah satunya lewat transformasi digital.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Jan 2023, 20:43 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2023, 06:00 WIB
Presiden Jokowi Menuntut UMKM untuk Lebih Kreatif Agar Dapat Meningkatkan Ekspor di Tengah Pandemi
Dalam kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020, Presiden Jokowi menuntut UMKM agar lebih kreatif dan menyesuaikan diri dengan dunia digital (Foto: BRI)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus berupaya mewujudkan pelayanan publik yang optimal. Salah satunya dengannya mendorong transformasi digital pada seluruh sektor birokrasi.

Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Carwinda menyatakan dukungan penuh terhadap kebijakan transformasi digital yang digalakkan Jokowi.

Carwinda menuturkan, Pemkab Bekasi siap melaksanakan kebijakan tersebut demi pelayanan publik yang optimal.

“Kami menerjemahkan kebijakan Pak Jokowi dalam langkah operasional kaitan dengan beberapa perizinan kita di Kabupaten Bekasi semua sudah menggunakan online,” ujar Carwinda seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (7/1/2023).

Carwinda menuturkan, Pemkab Bekasi juga sudah mengimplementasikan arahan Jokowi melalui pelayanan administrasi kependudukan yang sudah serba online.

Hal itu merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah sesuai instruksi dan arahan presiden.

“Kemudian dalam pelayanan adminduk juga sekarang sudah menggunakan online. Jadi artinya pemerintah daerah mendukung penuh dan mengimplementasikan instruksi pemerintah pusat (Jokowi),” ungkap Carwinda.

Lebih lanjut, Pemkab Bekasi juga mendorong UMKM beralih ke digital sesuai arahan Presiden Jokowi. Termasuk juga melibatkan produk-produk lokal dalam setiap pembangunan.

“Sesuai ketentuan yang disampaikan intruksi Pak Jokowi bahwa dalam kegiatan pembangunan juga harus betul-betul menggunakan produk dalam negeri,” kata Carwinda memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya