Amien Rais Berharap Hatta Rajasa Tak Pimpin PAN Lagi

Amien menegaskan hal tersebut cuma nasihat. Dijalankan atau tidak, itu tergantung para kader.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 12 Jan 2015, 13:18 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2015, 13:18 WIB
Rakernas PAN Bahas Kongres Pemilihan Ketum
Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan (kiri) bersama Ketum PAN, Hatta Rajasa dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Amien Rais sebelum mengelar Rakernas PAN, Jakarta, Rabu (7/1/2015). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar kongres di Bali pada Februari mendatang. Salah satu agenda adalah memilih ketua umum baru. Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan dikabarkan akan bersaing.

Terkait hal ini, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional Amien Rais angkat bicara. Menurut Amien, keduanya memiliki banyak pengalaman.

"Jadi dua-duanya itu seperti kakak beradik. Pengalaman mereka hampir sama. Pernah menjadi eksekutif, pernah juga di DPR. Yang membedakan itu hanya usianya. Pak Zulkifli lebih muda 6 sampai 7 tahun. Mudah-mudahan tidak retak, so far so good," ujar Amien di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Senin (12/1/2015).

Meski menilai keduanya mumpuni menjadi ketua Partai, Amien Rais mengisyaratkan agar Hatta mundur dari pencalonan.

"Saya memberikan nasihat bahwa sudah ditradisikan lima tahun diganti. Kalau mereka dengarkan saya, diganti dengan Pak Zul saja. Tapi kalau ada delegasi lain yang dicalonkan, juga tidak apa-apa," jelasnya.

Dirinya menegaskan hal tersebut cuma nasihat. Dijalankan atau tidak, itu tergantung para kader. Amien hanya berpesan bahwa jangan sampai pemilihan ketua umum ini membuat partainya retak seperti partai-partai lain.

"Saya hanya sampaikan apa yang bagus bagi PAN. Ini semua tergantung yang lain. Saya hanya berharap PAN tidak retak," tandasnya.

Beberapa waktu lalu, Wasekjen PAN Yandri Susanto menegaskan, kongres PAN berlangsung pada 28 Februari hingga 2 Maret 2015 mendatang.

"Jadi sudah sepakat Kongres PAN dari 28 Februari sampai 2 Maret 2015. Kongres dilakukan di Bali," kata Yandi usai Rapar Kerja Nasional (Rakernas) di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu 7 Januari 2015.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya