Kejagung Pindahkan Terpidana Mati ke Nusakambangan Pekan Ini

Jaksa Agung HM Prasetyo mengungkapkan, ia tak mau terburu-buru menentukan hari eksekusi tahap 2 ini.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 03 Mar 2015, 13:51 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2015, 13:51 WIB
Ilustrasi Liputan Khusus Eksekusi Mati
Ilustrasi Liputan Khusus Eksekusi Mati

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung HM Prasetyo mengungkapkan, persiapan eksekusi terhadap terpidana mati tahap 2 sudah mencapai 95 persen. Segala persiapan, baik evaluasi hasil pelaksanaan maupun hal-hal lainnya telah selesai dilakukan.

Prasetyo berharap, para terpidana mati tahap 2 dapat segera dipindahkan dari masing-masing lembaga pemasyarakatan ke tempat eksekusi yakni di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada pekan ini.

"Insya Allah, mudah-mudahan, bukan pelaksanaannya ya, paling tidak evakuasinya. Yaitu pemindahaan (terpidana mati) karena kan mencar-mencar, ada di Kerobokan, Bali, ada di Madiun dan ada di Jogja. Kita kumpulkan di Nusakambangan," kata Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (3/3/2015).

Prasetyo mengungkapkan, ia tak mau terburu-buru menentukan hari eksekusi tahap 2 ini. Sebab, segala persiapan dan penanganannya harus dapat dipastikan rampung 100 persen.

"Baru setelah itu eksekusi akan kita tentukan harinya. Ya kita berhati-hati lebih baik daripada sembrono kan," ucap dia.

Dia menyerahkan sepenuhnya kepada petugas di lapangan mengenai pemindahan mereka ke Lapas Nusakambangan. Prasetyo tak dapat memastikan siapa saja para terpidana mati yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke Lapas Nusakambangan.

"Kita serahkan pada petugas di lapangan, mana yang mereka dulu kan. Memang tentunya ketika mendekati hari H pelaksanaan semuanya harus sudah terkumpul di Nusakambangan," tutur Prasetyo. (Mvi/Ans)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya