Ronny Sompie Dimutasi, Karangan Bunga Berdatangan ke Mabes Polri

Inspektur Jenderal Ronny Sompie kini tidak lagi menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 06 Mar 2015, 13:08 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2015, 13:08 WIB
Karangan Bunga Ucapan Selamat Ronny Terpampang di Mabes Polri
Karangan bungan untuk Inspektur Jenderal Ronny Sompie kini tidak lagi menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia. (Liputan6.com/Putu Merta)

Liputan6.com, Jakarta - Inspektur Jenderal Ronny Sompie kini tidak lagi menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia. Sebab Ronny ditunjuk menjadi Kapolda Bali menggantikan Irjen Albertus Julius Benny Mokalu, yang kini ditarik menjadi staf ahli Kapolri.

Berita tersebut disebutkan sesuai dengan telegram rahasia no ST 493/III/2015 dan ST 494/IV/2015 yang ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Haka Astana tertanggal 5 Maret 2015. Kabag Penum Humas Mabes Polri Kombes Pol Rikwanto pun membenarkan mutasi tersebut.

Pantauan Liputan6.com, karangan bunga ucapan selamat terpampang di depan kantor Humas Mabes Polri.

"Di dalam telegram kapolri ini ada mutasi beberapa pejabat Polri. Total ada 62. Yang paling menonjol adalah pergantian tugas Ronny dari Kadiv Humas Polri menjadi Kapolda Bali," ujar Rikwanto di kantornya, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Menurut Rikwanto, posisi Ronny digantikan oleh Brigadir Jenderal Anton Carliyan, yang sebelumnya menjabat sebagai Karobindiklat Polri. Posisi Anton pun diisi Brigjen Racmad Fudail yang selama ini menjabat sebagai Widya Iswara Madya Polri.

Selain itu, nama Kapolda DIY Yogyakarta Brigjen Pol. Urin Subagyo menjadi wakil Ketua PTIK STIK Lemdikpol di mana penggantinya adalah Kombes Pol. Erwin Triwanto.

"Ada juga Brijen Pol Kamil Razak menjabat sebagai Dirtipedksus diangkat menjadi Karorenmin Baharkam Mabes Polri, dimana penggantinya Kombes Pol. Victor Simanjuntak (dari Sespim Lemdikpol)," jelas dia.

Saat ditanya mutasi tersebut terkesan terburu-buru dan dipaksakan. Pasalnya sejumlah nama erat kaitannya dan dekat dengan Komjen Pol. Budi Gunawan, Rikwanto pun membantahnya.

"Mutasi ini biasa-biasa saja. Yang luar biasa itu kan Kadiv Humas jadi Kapolda saja," tukas Rikwanto. (Tnt/Ein)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya