Gempa 5 SR, 60 Relawan Pantau Pesisir Pantai Malang

Ada sekitar 60 relawan yang berasal dari kelompok nelayan setempat, memantau kawasan pesisir di Malang.

oleh Zainul Arifin diperbarui 16 Mar 2015, 11:31 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2015, 11:31 WIB
gempa malang

Liputan6.com, Malang - Gempa bumi berkekuatan 5 Skala Richter mengguncang perairan dekat Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekitar pukul 04.19 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memastikan tidak ada kerusakan yang disebabkan gempat tersebut.

"Tidak ada kerusakan apapun, tim relawan kami yang ada di wilayah pesisir pantai sudah memastikannya," kata Kepala BPBD Kabupaten Malang Hafi Lutfi saat dikonfirmasi, Senin (16/3/2015).

Ada beberapa kecamatan di Kabupaten Malang yang berada di pesisir selatan. Antara lain Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudho, Ampelgading, Donomulyo, dan Pagak.

Hafi mengatakan, ada sekitar 60 relawan yang berasal dari kelompok nelayan setempat memantau kawasan pesisir. "Relawan itulah yang memantau kawasan pesisir jika ada bencana," tutur Hafi.

Berdasarkan informasi yang dilansir laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, pada dini hari tadi terjadi gempa berkuatan 5 SR. Lokasi gempa berada pada koordinat 9,78 Lintang Selatan - 112,82 Bujur Timur.

Gempa berjarak sekitar 174 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Malang. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer. Kendati demikian, lindu tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (Mvi/Sun)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya