Panti Asuhan Terbakar, Puluhan Anak Yatim Dititipkan ke Warga

Dugaan sementara kebakaran diakibatkan korsleting listrik.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 18 Des 2015, 20:04 WIB
Diterbitkan 18 Des 2015, 20:04 WIB
Kebakaran panti asuhan
Kebakaran panti asuhan di Bogor (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Sebuah Asrama Yatim Mizan Amanah di Jalan Sukasari I, RT 6 RW 02, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat terbakar. Diduga, penyebab kebakaran yang terjadi pada sekitar pukul 15.30 WIB itu akibat korsleting listrik atau arus pendek listrik.

Penghuni asrama Yatim Mizan Amanah berhamburan ketika api melalap bangunan pada Jumat (18/12/2015). Haris (11), salah seorang penghuni asrama Yatim Mizan Amanah menuturkan, kejadian bermula saat dia bersama penghuni lainnya saat akan salat asar. Tak lama anak-anak putri berteriak kebakaran.

"Baru saja takbir, yang lain (anak-anak perempuan) berteriak ada api. Semua langsung pada keluar kamar," kata Haris.

Ia dan teman-temannya serta pengurus panti asuhan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Karena api semakin membesar, ia bersama yang lainnya lari untuk menyelamatkan diri dari jilatan si jago merah. "Disiram pakai ember apinya enggak padam, malah makin besar," kata Haris.

Yadi, warga setempat menuturkan, saat kebakaran para penghuni yang didominasi anak kecil itu berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. "Tadi saya lihat ada 1 anak kecil jatuh saat berusaha keluar rumah, lalu saya tolong," kata dia.

Kobaran api berhasil dijinakkan 1 jam kemudian setelah 6 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. "Dugaan sementara kebakaran diakibatkan korsleting listrik," kata Koordinator Pemadam Kebakaran Sektor Sukasari, Endang Sutardi.

Sementara itu, pengurus panti Hengki Firmansyah (34) menyebutkan di dalam asrama ada sebanyak 20 anak yatim dan 6 pengurus asrama Yatim Mizan Amanah. "Mereka memang tinggal di asrama ini. Alhamdulillah anak anak terselamatkan," tutur dia.

Akibat peristiwa tersebut, 20 anak yang terdiri 12 orang laki-laki dan 8 perempuan terpaksa tinggal sementara di tetangga sebelah karena sebagian besar bangunan ludes terbakar.

"Untuk sementara dititipkan ke tetangga sebelah," ujar Hengki.

Saksikan pula informasi muncikari RA yang akan membongkar pelanggan prostitusi artis, berikut ini.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya